Berusaha Menjadi Wali Allah

Oleh: Tamam
Jumat, 31 Agu 2018 17:17
Dibaca: 209 kali
BAGIKAN:
" Setiap kita seharusnya selalu berusaha dan berharap menjadi bagian dari barisan kekasih Allah. Wali-wali Allah atau auliya'. Karena, jika tidak termasuk golongan mereka yang dicintai Allah karena keimanan dan ketaatannya, maka hanya satu tempat lagi, yaitu wali syaithan. 

▶ Kriteria Wali Allah: 

1.Periman dan bertakwa pada Allah.

Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.(Qs Yunus 62-63).

- Keimanan dan ketakwaan para Wali Allah dalam kondisi terbaik. Bukan seperti iman dan takwa tak murni, sebagaimana keimanan orang-orang musyik. Keimanan dan ketakwaan para Wali Allah juga kokoh. Tanpa keraguan, sebagaimana orang munafik. 

2. Mengamalkan setiap syariat Allah dengan cara mengikuti Jalan Rosulullah.
- Keimanan dan ketatan terbaik inilah pendorong para Wali Allah senantiasa dalam kondisi mentaati Allah. Beribadah secera itiba'.
- Amal para wali pasti memenuhi enam syarar. Yaitu sebab, jenis, kadar, kafiat, waktu dan tempat.
a. Setiap ibadah harus ada sebab dilakukan. Seperti sholat 5 waktu sebab diperintahkan Allah.
b. Jenis ibadah juga sudah ditentukan Allah. Seperti ibadah kurban. Jenis hewannya sudah ditetapkan Allah. Unta, sapi atau kambing.
c. Kadar ibadah juga sudah pasti dari Allah. Sholat Subuh hanya dua rakaat. Tidak boleh kurang ataupun lebih.
d. Seluruh ibadah kafiatnya atau tata-caranya sudah dicontohkan Rosulullah.
e. Waktu masing-masing ibadah sudah ditetapkan.
f. Tempat setiap ibadah juga sudah ada ketentuannya dari Allah dan Rosul.
3. Ridho dengan apapun ketetapan Allah.
- Tidak ada ketetapan apapun dari Allah yang membuat para Wali Allah khawatir dan bersedih. Mereka iklas dan selalu ridho menerimanya.
4. Selalu bersiap menuju kematian.
- Para Wali Allah teramat menyadari hakikat hidup di dunia teramat singkat. Sekedar kesempatan untuk mengumpulkan bekal menuju kehidupan tiada akhir. Karenanya, kapan dan di manapun wali-wali Allah senantiasa dalam keadaan mempersiapkan diri menghadapi kematian. Fase pembuka menuju pertanggung-jawaban seluruh sikap dan amal selama di dunia.

🚫 Meskipun keimanan dan ketaatannya telah mengantarkannya menjadi kekasih Allah, namun harus diyakini bahwa para Wali Allah tetap manusia biasa. Bukan nabi. Karena itu tidak terlindungi dari kesalahan. Tidak maksum.
- Contohnya ada pada Umar bin Khatab. Seluruh ulama sepakat khulafaurasyidin kedua tersebut merupakan wali utama, namun ada beberapa kisah kesalahannya. Terutama saat wafatnya Rosulullah. Umar marah dan menghunus pedang. Mengancam menebas kakinya pada siapa saja yang berani mengatakan Nabi Muhammad telah mati.
" Ciri lain para Wali Allah, tapi tidak niscaya adalah karomah. Allah memberikan kelebihan pada para kekasihnya. Tapi tidak semua wali memiliki karomah.
" Karomah bukan sihir. Karomah tidak bisa dipelajari, sementara sihir bisa. Karomah tidak bisa didatangkan dengan ucapan atau perbiatan tertentu. Murni kehendak Alalh.

▶ 10 Amalan Wali Allah
1. Membaca Al Qur'an dengan tadabur
2. Memperbanyak ibadah sunnah setelah yang wajib.
3. Taqorub pada Allah.
4. Mendahulukan yang dicintai Allah.
5. Merenungkan sifat dan Nama Allah.
6. Memikirkan nikmat-nikmat Allah.
7. Kepatuhan total dan merasa hina pada Allah.
8. Selalu berusaha menyendiri di penghujung malam.
9. Berkumpul dengan orang sholeh.
10. Menjauji segala sebab lalai dari mengingat Allah.*

Taklim Ust Afifi Abdul Wadud di Masjid RJ, Ahad 21 Dzulhijah 1439/ 2 September 2018.
  BacaJuga
  • 21 Kata-kata Mutiara Hikmah

    Jumat, 05 Okt 2018 22:23

    Mutiara Hikmah 1 : Kita Butuh Keinsyafan ” Saat kita mengingatkan orang lain yang melakukan kesalahan lalu ia tidak segera faham dan saat itupun kita berkata kalau : “ Ia dungu &ldquo

  • Berusaha Menjadi Wali Allah

    Jumat, 31 Agu 2018 17:17

    " Setiap kita seharusnya selalu berusaha dan berharap menjadi bagian dari barisan kekasih Allah. Wali-wali Allah atau auliya'. Karena, jika tidak termasuk golongan mereka yang dicintai Allah kare

  • Bank Riau Kepri Santuni 1.379 Anak Yatim Pada Bulan Ramadhan 1439H

    Selasa, 29 Mei 2018 21:31

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Bank Riau Kepri selenggarakan buka puasa bersama di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri Lantai 4 pada Senin (28/5/2018). Acara ini dihadiri oleh Plt. Gubernur Riau yang

  • Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 17 Mei 2018

    Sabtu, 12 Mei 2018 20:28

    Liputanriau.com, Jakarta - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah melakukan perhitungan awal Ramadan, Syawal dan Zulhijah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dijadikan pedoman oleh Majeli

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.