Pendalaman Makna Surah Al Fatihah (3)

Oleh: Tamam
Selasa, 10 Okt 2017 18:02
Dibaca: 1.335 kali
BAGIKAN:
👉 
. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ 

- Ayat ini terdiri dari kosa kata صِرَاطَ berarti jalan, kemudian الَّذِينَ artinya orang-orang yang (jamak laki-laki dan perempuan). 
- Lalu kata أَنْعَمْتَ terdiri dari dua kata أَنْعَمْ artinya pemberi nikma dan تَ adalah kata ganti atau dhomir Kamu (اللَّهِ) sebagai subyek. Jika digabung أَنْعَمْتَ berarti Engkau (اللَّهِ) memberi nikmat. 
- Demikian juga dengan عَلَيْهِمْ terdiri dari dua kosa kata: عَلَ artinya atas bisa juga berarti kepada dan ْهِمْ kata ganti atau dhomir mereka.
- Artinya: Yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat atas mereka.

✔ Dengan  ayat ini اللَّهِ menunjukan bahwa jalan yang lurus atau صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا adalah jalan yang di dalamnya penuh dengan nikmat. Jalan tanpa kesulitan di dalamnya. Kenikmatan pasti dirasakan orang-orang beriman dan beramal sholeh. Nikmat dunia dan terutama nikmat di akhirat, meskipun secara lahir terlihat susah payah. Seperti harus menahan lapar dan haus saat puasa atau harus mempercepat bangun untuk sholat.

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.(Annisa 69) 

✔ Ayat mulia ini menegaskan syarat untuk mendapatkan nikmat اللَّهِ adalah mengikuti jalan yang lurus الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ dalam arti mentaati اللَّهِ dan Rosul.
✔Ayat ini juga menjadi tafsir atau penjelasan kata الَّذِينَ di awal ayat 7 Al Fatihah. Menjelaskan siapa orang-orang yang mendapat nikmat اللَّهِ. Mereka adalah para nabi, orang jujur, syuhada dan sholihin. Bukan mereka yang kaya raya. Bukan juga para penguasa atau raja.

❎ Makna kebalikannya adalah siapa yang tidak menempuh صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا,  pasti jauh dari nikmat dari اللَّهِ. Seperti orang-orang kafir atau orang mukmin yang meninggalkan sholat dan suka bermaksiat. Mereka pasti hidup nestapa karena jauh dari nikmat اللَّهِ, meskipun secara lahir mereka tertawa seolah bahagia. Kesusahan mereka lengkap di dunia dan semakin berat kelak di akhirat.

👉
  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ  

- Telaah ayat ini dimulai dengan غَيْرِ yang artinya bukan. Kemudian الْمَغْضُوبِ artinya orang-orang yang dimurkai. Kata selanjutnya عَلَيْهِمْ sudah dijelaskan di atas. Lalu وَلا artinya dan tidak. Terakhir الضَّالِّينَ artinya orang-orang yang sesat.
- Artinya: Bukan jalan orang-orang yang simurkai atas mereka dan bukan juga orang-orang yang sesat.

✔ Dalam ayat ini ada dua golongan orang yang tidak boleh diikuti: 
1. Kelompok  الْمَغْضُوبِ . Yang dimurkai اللَّهِ adalah kaum Yahudi. Mereka dimurkai karena diberi اللَّهِ  ilmu tapi tidak mau mengamalkan.
2. Kelompok الضَّالِّينَ. Mereka yang dinyatakan اللَّهِ adalah kaum Nasrani. Mereka sesat karena beramal tapi tak berilmu.

Sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad:

إن الْمَغْضُوبُ عَلَيْهِمُ الْيَهُودُ وَإِنَّ الضَّالِّينَ النَّصَارَى»

'Sesungguhnya orang-orang yang dimurkai itu adalah orang-orang Yahudi, dan sesungguhnya orang-orang yang sesat itu adalah orang-orang Nasrani'." (Hadis juga diriwayatkan Imam Turmuzi)

👍 Resolusinya: 
1. Agar tidak dimurkai اللَّهِ harus mengamalkan ilmu. 
2. Supaya tetap berada di jalan yang lurus dan tidak sesat harus beramal berdasarkan ilmu.*

✳Taklim Ust Maududi Abdullah, Lc di Masjid RJ, Selasa 20 Muharram 1439/10 Okt 2017.
  BacaJuga
  • Pendalaman Makna Surah Al Fatihah (3)

    Selasa, 10 Okt 2017 18:02

    👉 . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ

  • Pendalam Makna Surah Al Fatihah (2)

    Rabu, 04 Okt 2017 16:39

    إياك نعبد وإياك نستعين - Ayat ini terdiri dari dua kosa kata إِ

  • 4 Rukun Mengimani Rasulullah

    Senin, 02 Okt 2017 22:10

    Ada empat rukun untuk mengimani Rasulullah  1. Tadiqu bima akhbar artinya membenarkan apapun yang disampaikan Rosul. - Meyakini setiap kabar dari Rosul adalah aqidah. Harus dikokohkan. Wa

  • Arti, Makna & Hikmah Kemerdekaan RI Menurut Islam

    Kamis, 17 Agu 2017 15:08

    Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada tanggal 17 Agustus 1945 memiliki arti, makna dan hikmah bila ditarik dalam kajian studi Islam.Menurut Islam, kemerdekaan yang sesungguhnya adalah bebas untuk b

  • TOLONG BAWA AKU KE SURGA.

    Selasa, 07 Feb 2017 17:02

    Ketika mengunjungi seorang teman yang sedang kritis sakitnya, dia menggenggam erat tanganku, lalu menarik ke mukanya, dan membisikkan sesuatu...Dalam airmata berlinang dan ucapan yang terbata-bata dia

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.