Pendalaman Makna Surah Al Fatihah (3)

Oleh: Tamam
Selasa, 10 Okt 2017 18:02
Dibaca: 3.204 kali
BAGIKAN:
👉 
. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ 

- Ayat ini terdiri dari kosa kata صِرَاطَ berarti jalan, kemudian الَّذِينَ artinya orang-orang yang (jamak laki-laki dan perempuan). 
- Lalu kata أَنْعَمْتَ terdiri dari dua kata أَنْعَمْ artinya pemberi nikma dan تَ adalah kata ganti atau dhomir Kamu (اللَّهِ) sebagai subyek. Jika digabung أَنْعَمْتَ berarti Engkau (اللَّهِ) memberi nikmat. 
- Demikian juga dengan عَلَيْهِمْ terdiri dari dua kosa kata: عَلَ artinya atas bisa juga berarti kepada dan ْهِمْ kata ganti atau dhomir mereka.
- Artinya: Yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat atas mereka.

✔ Dengan  ayat ini اللَّهِ menunjukan bahwa jalan yang lurus atau صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا adalah jalan yang di dalamnya penuh dengan nikmat. Jalan tanpa kesulitan di dalamnya. Kenikmatan pasti dirasakan orang-orang beriman dan beramal sholeh. Nikmat dunia dan terutama nikmat di akhirat, meskipun secara lahir terlihat susah payah. Seperti harus menahan lapar dan haus saat puasa atau harus mempercepat bangun untuk sholat.

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.(Annisa 69) 

✔ Ayat mulia ini menegaskan syarat untuk mendapatkan nikmat اللَّهِ adalah mengikuti jalan yang lurus الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ dalam arti mentaati اللَّهِ dan Rosul.
✔Ayat ini juga menjadi tafsir atau penjelasan kata الَّذِينَ di awal ayat 7 Al Fatihah. Menjelaskan siapa orang-orang yang mendapat nikmat اللَّهِ. Mereka adalah para nabi, orang jujur, syuhada dan sholihin. Bukan mereka yang kaya raya. Bukan juga para penguasa atau raja.

❎ Makna kebalikannya adalah siapa yang tidak menempuh صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا,  pasti jauh dari nikmat dari اللَّهِ. Seperti orang-orang kafir atau orang mukmin yang meninggalkan sholat dan suka bermaksiat. Mereka pasti hidup nestapa karena jauh dari nikmat اللَّهِ, meskipun secara lahir mereka tertawa seolah bahagia. Kesusahan mereka lengkap di dunia dan semakin berat kelak di akhirat.

👉
  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ  

- Telaah ayat ini dimulai dengan غَيْرِ yang artinya bukan. Kemudian الْمَغْضُوبِ artinya orang-orang yang dimurkai. Kata selanjutnya عَلَيْهِمْ sudah dijelaskan di atas. Lalu وَلا artinya dan tidak. Terakhir الضَّالِّينَ artinya orang-orang yang sesat.
- Artinya: Bukan jalan orang-orang yang simurkai atas mereka dan bukan juga orang-orang yang sesat.

✔ Dalam ayat ini ada dua golongan orang yang tidak boleh diikuti: 
1. Kelompok  الْمَغْضُوبِ . Yang dimurkai اللَّهِ adalah kaum Yahudi. Mereka dimurkai karena diberi اللَّهِ  ilmu tapi tidak mau mengamalkan.
2. Kelompok الضَّالِّينَ. Mereka yang dinyatakan اللَّهِ adalah kaum Nasrani. Mereka sesat karena beramal tapi tak berilmu.

Sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad:

إن الْمَغْضُوبُ عَلَيْهِمُ الْيَهُودُ وَإِنَّ الضَّالِّينَ النَّصَارَى»

'Sesungguhnya orang-orang yang dimurkai itu adalah orang-orang Yahudi, dan sesungguhnya orang-orang yang sesat itu adalah orang-orang Nasrani'." (Hadis juga diriwayatkan Imam Turmuzi)

👍 Resolusinya: 
1. Agar tidak dimurkai اللَّهِ harus mengamalkan ilmu. 
2. Supaya tetap berada di jalan yang lurus dan tidak sesat harus beramal berdasarkan ilmu.*

✳Taklim Ust Maududi Abdullah, Lc di Masjid RJ, Selasa 20 Muharram 1439/10 Okt 2017.
  BacaJuga
  • Saatnya I'dad untuk Kaum Muslimin

    Kamis, 23 Nov 2017 18:51

    Saat Islam difitnah Saat Umat tak bersalah dizhalimi  Saat kufar bertindak berlebihanSaat Masjid dibakar tanpa alasan  Saat kampung Muslim diserang tanpa sebabMereka Merusak&n

  • Pendalaman Makna Surah Al Fatihah (3)

    Selasa, 10 Okt 2017 18:02

    👉 . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ

  • Pendalam Makna Surah Al Fatihah (2)

    Rabu, 04 Okt 2017 16:39

    إياك نعبد وإياك نستعين - Ayat ini terdiri dari dua kosa kata إِ

  • Islamofobia, Lima Kata Ini Selalu Disalahgunakan

    Senin, 11 Sep 2017 20:43

    Liputanriau.com - Diskriminasi terhadap umat Islam di Inggris telah memuncak pada 2017. Sebanyak 1.260 peristiwa terkait kejahatan kebencian, tercatat dari awal tahun hingga Maret 2017.Dilansir dari&n

  • Hukum Berkurban dalam Islam, Wajib atau Sunah?

    Minggu, 03 Sep 2017 15:21

    Hukum berkurban dalam Islam ternyata ada dua pendapat. Ada ulama yang mengatakan wajib atau sunah muakkad bagi yang mampu dan memiliki harta berlebih.Ketentuan hukum wajib dan sunah muakkad dalam berq

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.