• Home
  • Advertorial
  • Berobat Sambil Liburan, Pemko Pekanbaru Bentuk Puskesmas Wisata

Berobat Sambil Liburan, Pemko Pekanbaru Bentuk Puskesmas Wisata

Sabtu, 28 Mei 2016 00:00
Dibaca: 309 kali
BAGIKAN:
PEKANBARU - Memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, Pemerintah Kota Pekanbaru di bawah kepemimpinan Walikota Firdaus ST MT terus berkembang sesuai visi dan misi menjadikan Kota Metropolitan yang Madani. Dewasa ini kota yang berjuluk Bertuah menjadi magnet masyarakat baik dari Provinsi Riau maupun provinsi lain dan negara tetangga.

Menghadapi kondisi tersebut, Pekanbaru juga terus berbenah dengan menyediakan fasilitas pendukung memadai untuk masyarakat maupun wisatawan yang datang. Salah satu sektor yang juga menjadi unggulan untuk kedepan adalah industri pariwisata.

Bukan hanya wisata belanja yang memang sudah menjadi ikon baru di Pekanbaru, namun memandang perkembangan yang terjadi, Pemko juga memberikan pelayanan kesehatan berbasis wisata. Salah satunya dengan membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) wisata pusat kota, tepatnya di Jalan Tengku Umar.

"Berlokasi diantara kawasan sentra ekonomi, seperti hotel, mall, konsep Puskesmas wisata sangatlah diperlukan bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, puskesmas berbasis wisata itu juga bisa menjadi ikon baru untuk Kota Pekanbaru kedepannya. Selain memberikan jaminan kesehatan, Puskesmas ini juga memberikan sensasi lain dengan tempat yang memberikan pandangan bagi wisatawan," ujar Firdaus.

Bicara konsep Puskesmas wisata, Firdaus menenyebutkan merupakan inovasi Pemerintah Kota Pekanbaru dalam menciptakan pelayanan untuk masyarakat yang hidup diantara gedung menjulang dan pusat perekonomian. Jadinya, pelayanan kesehatan diberikan dengan konsep lebih modern dan menjauhkan kesan Puskesmas yang pelayanannya dinilai belum maksimal.

Tidak hanya itu, Puskesmas tersebut juga buka selama 24 jam dengan jaminan pelayanan kesehatan yang sama, memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan klinik swasta yang kini juga menjamur di seputaran kawasan Pekanbaru. Kalau masyarakat mampu bisa berobat ke klinik swasta, maka masyarakat kurang mampu dapat memanfaatkan Puskesmas wisata dengan gratis.

" Makanya Puskesmas wisata diharapkan setidaknya bisa memberikan pelayanan seimbang bagi masyarakat yang tidak mampu berobat ke tempat mahal," ujarnya

Puskesmas Wisata sama dengan kebanyakan Puskesmas lain, namun terkait lingkungan sekitar, pelayanan, dan teknologi yang disediakan lebih moderen dan sedikit berkelas. Pemko Pekanbaru sendiri tengah berupaya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, salah satunya dengan mengebut penyelesaian pembangunan RSUD Kota Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti, Tampan. Bahkan, pelayanan Puskesmas Sidomulyo rawat inap juga akan dialih status menjadi Rumah Sakit Pratama Tipe D. ***(adv/hms)
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.