Pekanbaru Tujuan Investasi Terbaik

Firdaus Walikota Inspiratif di Indonesia tahun 2016

Senin, 16 Mei 2016 00:00
Dibaca: 289 kali
BAGIKAN:

Selama tiga tahun berturut-turut, Kota Pekanbaru dinobatkan sebagai Kota Tujuan Investasi Terbaik di Indonesia. Yang paling membanggakan, di akhir masa kepemimpinan Firdaus, ST, MT periode 2012-2017 ini, orang nomor satu di Pekanbaru ini juga dinobatkan sebagai "Walikota Inspiratif di Indonesia tahun 2016".

Selama empat tahun masa kepemimpinan DR. Firdaus, ST, MT sebagai Walikota Pekanbaru, perkembangan Ibukota Provinsi Riau ini sangat signifikan. Geliat perkembangan Kota Pekanbaru saat ini tak terlepas dari visi Kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan yang madani. Mulai dari pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi.

? Dalam melaksanakan amanah yang diembannya, Firdaus telah berhasil mendulang berbagai penghargaan bergengsi. Tiga tahun berturut-turut, yakni 2014, 2015 dan 2016, Pekanbaru dinobatkan menjadi "Kota Tujuan Investasi terbaik di Indonesia". ?

Prestasi membanggakan tersebut diberikan oleh Lembaga Penelitian Sindo Weekly dan Reserch Indonesia bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

? Prestasi membanggakan seluruh masyarakat Pekanbaru tersebut diserahkan oleh Kepala Bappenas RI, Sofyan Jalil dan Ketua DPD RI Irman Gusman dalam acara Government Award yang ditaja MNC Group bersempena puncak ulang tahun Sindo Weekly di Jakarta. Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT.

?Ada hal yang menarik dalam acara penyerahan penghargaan tersebut, Walikota Pekanbaru disejajarkan dengan Ridwan Kamil, Walikota Bandung disaksikan oleh 17 Bupati dan 17 Walikota di Indonesia serta 5 Gubernur.

? Dalam prolog dan profil yang dibacakan pihak penyelenggara, diuraikan bahwa Pekanbaru di bawah kepemimpinan Firdaus telah berkembang dengan pesat dalam tiga tahun terakhir, di mana konsep pembangunan Smart City atau Kota Pintar dan pemerintahan pintar telah menjadi catatan khusus bagi pihak MNC, Bappenas, Kemendagri dan DPD RI sebagai Walikota yang inspiratif dan telah menciptakan lingkungan kota yang aman dan nyaman untuk berinvestasi.

? Di bawah kepemimpinan Walikota saat ini, Firdaus telah membawa Pekanbaru kepada peningkatan gairah investasi serta tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi di Pekanbaru. Firdaus adalah sosok walikota yang "inspiratif", demikian uraian prolog dan pengantar redaksi dalam profil yang ditayangkan. ?

Usai menerima penghargaan tersebut, Walikota Pekanbaru DR. Firdaus, ST, MT menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak MNC Group, Sindo weekly, Bappenas, Kemendagri dan DPD RI yang telah mencatat Kota Pekanbaru sebagai kota investasi terbaik dan mencatat Walikota Pekanbaru sebagai Walikota inpiratif di Indonesia.

Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus ST MT dengan penuh suka cita menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, dan berterimakasih kepada Sindo Weekly serta jajaran DPD RI, Bappenas, dan kementrian dalam Negeri atas dua penghargaan bergengsi yang diterimanya.

? Prestasi ini adalah prestasi yang diraih oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, pelaku usaha serta masyarakat Kota pekanbaru dari berbagai komponen dalam menciptakan daerah yang aman dan nyaman.

? "Predikat sebagai Kota yang memiliki tata kelola pemerintahan adalah prestasi seluruh jajaran Pemko, bersama DPRD, pelaku usaha dan masyarakat, di mana dalam berurusan bisa terjalin komunikasi pelayanan yang baik dan lancar," ujar Walikota. ?

Tidak hanya Kota Pekanbaru yang mendapat penghargaan dua kategori, Kabupaten Kepulauan Meranti juga mendapat dua penghargaan mengungguli kabupaten lain di Indonesia, yaitu sebagai Kabupaten Investasi dan Penghargaan sebagai kabupaten yang pertumbuhan ekonominya terbaik dari kabupeten lainnya di Indonesia.

? Dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh The Boston Consulting Group, satu lembaga penelitian independen yang berkedudukan di Amerika Serikat, menyatakan bahwa Pekanbaru merupakan kota tujuan investasisi terbaik hingga 30 tahun ke depan.

? Diuraikan Firdaus, beberapa indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam menetapkan Pekanbaru sebagai kota tujuan investasi di Indonesia, salah satunya adalah tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.

? Jika 2011 pertumbuhan ekonomi hanya satu digit, yaitu 9,56 persen, maka pada 2012 angka pertumbuhan tersebut meningkat menjadi dua digit, yakni 10,57 persen. ?"Angka ini jauh di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau, bahkan angka pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya berkisar antara 6 sampai 7 persen," urai Walikota Pekanbaru ini.

Atas kinerja yang diberikan DR. H. Firdaus, ST, MT, membuat dirinya terpilih sebagai penerima penghargaan dari Sindo Weekly Government Award 2016, yakni Walikota Inspiratif. ?Terpilihnya DR. Firdaus, ST, MT sebagai Walikota Inspiratif ini sangatlah beralasan. Konsep pembangunan Smart City atau Kota Pintar dengan pemerintahan yang cerdas, telah berhsil menciptakan lingkungan kota yang aman dan nyaman untuk berinvestasi.

? Sesuai dengan catatan khusus pihak MNC, Bappenas, Kemendagri dan DPD RI, DR. H. Firdaus, ST, MT telah membawa Pekanbaru kepada peningkatan gairah investasi serta tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi di Pekanbaru. ?

Usai menerima penghargaan, Walikota Pekanbaru DR. Firdaus, ST, MT menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak MNC Group Sindo Weekly, Bappenas, Kemendagri, dan DPD RI yang telah mencatat Kota Pekanbaru sebagai kota investasi terbaik dan telah menobatkan Walikota Pekanbaru sebagai Walikota inpiratif di Indonesia. ?

"Ini prestasi kita semua. Prestasi masyarakat, kelompok masyarakat dan organisasi serta para penyelenggara pemerintahan. Rasa syukur yang teramat dalam dan hendaknya penghargaan ini menambah semangat dan motivasi kita semua menjaga dan membangun sendi perekonomian, infrastruktur, kesehatan dan pendidikan di Pekanbaru," ungkap Firdaus.

? Dalam bekerja, menurut Firdaus bukanlah untuk mencari penghargaan, tetapi jika bekerja dengan baik dan berinovasi, kemudian mencari solusi, biasanya penghargaan akan datang dengan sendirinya. ?

Selain DR. H. Firdaus, ST, MT, ada beberapa kepala daerah lain yang menerima penghargaan serupa, yakni Walikota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Musi Banyu Asin Beni Hernedi, dan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. ?***(adv/hms)

  BacaJuga
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.