• Home
  • Advertorial
  • Pemko Pekanbaru Lestarikan Petang Balimauatau Petang Megangasai Jelang Ramadhan

Pemko Pekanbaru Lestarikan Petang Balimauatau Petang Megangasai Jelang Ramadhan

Senin, 06 Jun 2016 00:00
Dibaca: 407 kali
BAGIKAN:
PEKANBARU-Iven Petang Balimauatau Petang Megangasai yang digelar Pemerintah Kota Pekanbaru di bantaran sungai Siak Kampung Bandar Senapelan, Minggu (05/06/2016) mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Kota Pekanbaru dan masyarakat di Riau.

Hal itu terbukti dengan ribuan warga memenuhi pinggiran Sungai Siak dari dua sisi tebing dan bantaran, juga memenuhi kawasan jembatan Leighton 1 di Jalan Yos Sudarso dan leighton 3. Lomba sampan motor hias dan mandi balimau yang dibuka oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT bersama Wakil Walikota Ayat Cahyadi, itu mendapat sambutan dan tepuk tanga yang bergemuruh dari ribuan warga yang hadir.

‎ Dalam kesempatan itu juga Walikota bersama Wakil Walikota, Sekda, dan para Muspida melakukan pemukulan tabuh tanda dibukanya petang Balimau dan Selamat Datang kepada Bulan Suci Ramadhan 1437 H tahun 2016. Dilanjutkan dengan mandi balimau dan santunan kepada sejumlah anak yatim dan fakir miskin.

‎ Hadir dalam kesempatan itu, para unsur Muspida, Ketua dan Pengurus LAM Riau Pekanbaru, para tokoh agama, para pejabat di lingkungan Pemko, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, dalam nuansa Melayu yang cukup kental, mulai dari Sambutan Kadis Pariwisata Hermanius, Ketua LAM H Nurhasyim, dan Sambutan Walikota yang semuanya bertabur pantun Melayu, dan pesan-pesan religi dalam membesarkan menyambut bulan Ramadhan bulan penuh ampunan.

‎ Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, dalam pengarahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru akan terus melanjutkan agenda tahunan menyambut Ramadhan ini karena dirasakan sangat berkepentingan kepada peningkatan partisipasi masyarakat dalam hal semarak menyambut ramadhan, meningkatkan nilai-nilai silaturrhami dan persatuan serta menjadi ajang perkenalan budaya serta aneka ragaman makanan dan minuman khas Pekanbaru.

‎ “Iven yang kita gelar ini selain memang bertujuan menunjukan kebesaran dan kegembiraan dengan datangnya Bulan suci ramadhan, juga menjadi iven Wisata Budaya dan Religi Bernilai Ekonomi. Betapa banyak masyarakat kita yang bisa berkreasi dengan makanan, minuman, serta solvenir yang mencirikan potensi Kota Pekanbaru, semoga kita semua menjadikan moment ini untuk peningkatan keimanan kita kepada Allah SWT untuk melaksanakan ibadah Ramadhan yan penuh berkah. Selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1437 H mohon maaf lahir dan bathin,’’ ungkap Walikota.

‎Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Hermanius yang juga Kadis Parisata dan Budaya Kota Pekanbaru menyebutkan bahwa iven Petang Balimau tahun ini juga dimeriahkan dengan festival Sungai Siak, dan membuak stand-stand kuliner dan stand solvenir untuk UMKM di Pekanbaru. ***(hms/adv)
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.