• Home
  • Hukrim
  • Tanah Tak Dikembalikan PT Ivomas, 200-an Warga Sakai Ancam Duduki Kantor Gubernur Riau

Tanah Tak Dikembalikan PT Ivomas, 200-an Warga Sakai Ancam Duduki Kantor Gubernur Riau

Rabu, 15 Mar 2017 15:32
Dibaca: 111 kali
BAGIKAN:
PEKANBARU - Usai berjalan kaki menempuh jarak lebih kurang 120 kilometer dari Kandis, Kabupaten Siak ke Pekanbaru sejak kemarin, ratusan warga Sakai akhirnya tiba di Kantor Gubernur Riau melakukan unjuk rasa, Rabu (15/3/2017) pukul 12.00 WIB siang.

Massa menyampaikan keinginannya untuk bertemu Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan meminta tanah ulayat mereka seluas 24.000 hektar yang dikuasai PT Ivomas Tunggal agar dikembalikan ke warga Sakai. Korlap warga Sakai, Sony melalui pengeras suara secara lantang bahkan menyerukan akan tetap menduduki kantor Gubernur Riau jika belum bertemu dengan sang Gubernur.

"Kalau Gubernur tidak mau menemui kami dan kalau tanah ulayat kami tidak dikembalikan, kami akan tetap tinggal di sini (kantor Gubernur Riau). Pokoknya kembalikan tanah ulayat kami yang dirampas PT Ivomas Tunggal," teriaknya.

Menurut dia, sejak dikuasai oleh PT Ivomas, warga Sakai yang berada di Kandis merasa tergusur karena tempat tinggal dan kebun-kebun milik mereka juga ikut diserobot. "Kami sudah jalan kaki dari Kandis ke sini (Pekanbaru) sejauh 120 km lebih. Kami tidak akan pulang sebelum mendapat kepastian dari Gubernur Riau mengenai hak tanah ulayat kami yang diserobot PT Ivomas," tuturnya.

Pantauan di lapangan, aksi unjuk rassa ratusan warga Sakai ini sendiri membuat ruas Jalan Jenderal Sudirman tepat di depan Kantor Gubernur Riau ditutup sementara. Arus lalu lintas di bundaran Tugu Zapin/Tugu Titik Nol pun dialihkan ke Jalan Gajah Mada.

Sementara itu, hingga tengah hari, belum ada satupun pihak Pemprov Riau yang datang menemui massa warga Sakai yang berunjuk rasa. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman bahkan tak terlihat sama sekali. ***(rtc)
  BacaJuga
  • Menag Disoraki Peserta Aksi Bela Palestina

    Minggu, 17 Des 2017 16:33

    Liputanriau.com, Jakarta - Massa aksi bela Palestina sempat menyoraki kehadiran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Monumen Nasional, jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017)."Hadir di antara kita, Ment

  • Habib Rizieq Ikut Berorasi di Aksi Bela Palestina

    Minggu, 17 Des 2017 16:30

    Liputanriau.com, Jakarta - Masyarakat beramai-ramai datang pada aksi bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu, 17 Desember 2017. Aksi ini ditujukan lantaran kalim sepihak Donald Trump atas Yerusalem s

  • MUI Serukan Rakyat Indonesia Berjihad untuk Palestina

    Minggu, 17 Des 2017 16:27

    Liputanriau.com, Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin serukan jihad kepada ummat Islam Indonesia untuk menjaga kedaulatan Negara Palestina. Saat ini Palestina diang

  • Ketua MUI Pastikan Aksi Bela Palestina Bebas Unsur Politik

    Sabtu, 16 Des 2017 14:26

    Liputanriau.com, Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Maruf Amin memastikan Aksi Bela Palestina yang digelar pada Ahad, 17 Desember 2017 akan bebas dari unsur politik. Maruf mengatakan aksi un

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.