• Home
  • Hukrim
  • Tanah Tak Dikembalikan PT Ivomas, 200-an Warga Sakai Ancam Duduki Kantor Gubernur Riau

Tanah Tak Dikembalikan PT Ivomas, 200-an Warga Sakai Ancam Duduki Kantor Gubernur Riau

Rabu, 15 Mar 2017 15:32
Dibaca: 72 kali
BAGIKAN:
PEKANBARU - Usai berjalan kaki menempuh jarak lebih kurang 120 kilometer dari Kandis, Kabupaten Siak ke Pekanbaru sejak kemarin, ratusan warga Sakai akhirnya tiba di Kantor Gubernur Riau melakukan unjuk rasa, Rabu (15/3/2017) pukul 12.00 WIB siang.

Massa menyampaikan keinginannya untuk bertemu Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan meminta tanah ulayat mereka seluas 24.000 hektar yang dikuasai PT Ivomas Tunggal agar dikembalikan ke warga Sakai. Korlap warga Sakai, Sony melalui pengeras suara secara lantang bahkan menyerukan akan tetap menduduki kantor Gubernur Riau jika belum bertemu dengan sang Gubernur.

"Kalau Gubernur tidak mau menemui kami dan kalau tanah ulayat kami tidak dikembalikan, kami akan tetap tinggal di sini (kantor Gubernur Riau). Pokoknya kembalikan tanah ulayat kami yang dirampas PT Ivomas Tunggal," teriaknya.

Menurut dia, sejak dikuasai oleh PT Ivomas, warga Sakai yang berada di Kandis merasa tergusur karena tempat tinggal dan kebun-kebun milik mereka juga ikut diserobot. "Kami sudah jalan kaki dari Kandis ke sini (Pekanbaru) sejauh 120 km lebih. Kami tidak akan pulang sebelum mendapat kepastian dari Gubernur Riau mengenai hak tanah ulayat kami yang diserobot PT Ivomas," tuturnya.

Pantauan di lapangan, aksi unjuk rassa ratusan warga Sakai ini sendiri membuat ruas Jalan Jenderal Sudirman tepat di depan Kantor Gubernur Riau ditutup sementara. Arus lalu lintas di bundaran Tugu Zapin/Tugu Titik Nol pun dialihkan ke Jalan Gajah Mada.

Sementara itu, hingga tengah hari, belum ada satupun pihak Pemprov Riau yang datang menemui massa warga Sakai yang berunjuk rasa. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman bahkan tak terlihat sama sekali. ***(rtc)
  BacaJuga
  • Pukul Pramugari, Suami Istri Diturunkan dari Pesawat

    Senin, 04 Sep 2017 16:48

    Liputanriau.com, Medan - Sepasang suami istri diturunkan dari pesawat Citilink dan batal terbang menggunakan maskapai tersebut, Senin (4/9). Mereka terlibat cekcok dan diduga memukul seorang pramugari

  • Polisi Korban Pemukulan Serda WS Dapat Penghargaan

    Sabtu, 12 Agu 2017 12:39

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru memberikan penghargaan kepada Bripda Yoga Vernando atas kesabarannya menghadapi masalah dalam bertugas. Yoga merupakan polisi lalu lintas k

  • Sosok Oknum TNI yang Memukul dan Memaki Polantas di Pekanbaru

    Jumat, 11 Agu 2017 13:18

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Terungkap sosok oknum anggota TNI Angkatan Darat (AD) yang menghajar polisi lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, depan Ramayana, Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (10/8/2

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.