• Home
  • Hukrim
  • Teroris Jambi Sponsori Pemberangkatan Kelompok Sumatera ke Filipina Selatan

Teroris Jambi Sponsori Pemberangkatan Kelompok Sumatera ke Filipina Selatan

Rabu, 31 Mei 2017 13:22
Dibaca: 189 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Jambi - Dua orang terduga teroris diamankan personel Densus 88 Anti Teror dari dua tempat berbeda di Jambi, Senin (29/5/2017).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul membenarkan penangkapan dua terduga teroris di Jambi.

Mulanya Densus 88 Anti-Teror menangkap W alias AM (29) pada Senin sekitar pukul 16.00 WIB di Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.

W dikenal sebagai anggota kelompok yang aktif. Seperti halnya M ia juga pernah dua kali mengikuti latihan militer di Kabupaten Kampar, Riau, dengan instruktur anggota kelompok terduga teroris asal Bogor berinisial A.

Tak hanya itu, Martinus menjelaskan, tersangka W pernah menyediakan tempat dan ikut dalam pelatihan merakit bom di Kabupaten Batanghari.

Selanjutnya, tim membekuk satu orang lainnya berinisial M (29) di hari yang sama di Kampung Bugis, RT 35, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, sekira pukul 17.00 WIB.

Dikatakan Martinus, kedua orang ini adalah anggota kelompok Jambi. Mereka dua dari 16 peserta yang ikut pelatihan militer di Kabupaten Kampar, Riau.

Martinus menjelaskan tersangka M mengikuti pelatihan bersama dengan sejumlah jaringannya dari beberapa provinsi di Sumatera.

Dengan rincian lima orang berasal dari Jambi, dua dari Palembang, empat orang dari Medan dan lima orang dari Pekanbaru.

Tersangka M juga sudah pernah mengikuti pelatihan perakitan bom bersama W satu terduga teroris lainnya yang juga turut diamankan.

"Ikut dalam pelatihan menembak dengan menggunakan senapan angin di kebun milik W di Kabupaten Batanghari," kata dia.

M juga ikut membantu memberangkatkan anggota kelompok Jambi dan Pekanbaru ke Filipina Selatan melalui jalur Toli-toli, Sulawesi Tenggara.

Densus 88 Anti-Teror sudah menggeledah tiga lokasi di Jambi, yakni kediaman W di Batanghari, kediaman orang tua W di Kumpeh dan kediaman M di Kenali Besar, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Tribunnews.com

  BacaJuga
  • Polisi Ciduk Dosen USU Yang Sebut Kasus Teror "Skenario"

    Minggu, 20 Mei 2018 15:26

    Liputanriau.com, Medan - Personel Cyrbercrime Polda Sumut menangkap seorang dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Himma Dewiyana Lubis karena status facebook. Himma menulis kasus serangan teroris di

  • Merasa Tak Bersalah Bos Saracen Ajukan Banding

    Minggu, 08 Apr 2018 15:32

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Kuasa hukum Jasriadi, Abdullah Alkatiri, menjelaskan alasan pihaknya mengajukan banding atas vonis 10 bulan penjara yang dijatuhkan hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru a

  • Bos Saracen Jasriadi Penjara 10 Bulan

    Jumat, 06 Apr 2018 15:32

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru memvonis bos Saracen Jasriadi dengan hukuman 10 bulan penjara atas tuduhan akses ilegal ke akun facebook seseorang. Jasriadi

  • Polisi Tangkap Pembuat Hoaks Jokowi, Mega hingga Prabowo

    Kamis, 08 Mar 2018 17:01

    Liputanriau.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri meringkus seorang pria berinisial KB (30) di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (7/3/2018) tengah malam. Pria kurus berambut

  • Polisi Kembali Tangkap Admin Muslim Cyber Army di Sumut

    Senin, 05 Mar 2018 14:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap Bobby Gustiono, Minggu (4/3/2018), atas dugaan menyebarkan ujaran kebencian dan konten hoaks.Menurut polisi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.