Senin, 19 Sep 2016 12:11

    355 Miliar Dana Alokasi Umum Provinsi Riau Berkurang

    BAGIKAN:
    Liputanriau.com - Penerimaan Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan  Dana Bagi Hasil berkurang sebesar Rp.355 M untuk Pemprov Riau , telah menyebabkan penurunan  pendapatan Di APBD Perubahan Riau tahun anggaran 2016

    Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldi Jusman, yang juga Pimpinan Banggar , usai rapat membahas APBD P 2016 bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Riau , Senin ,(19/09) mengatakan, rapat berjalan alot, pasalnya terjadi penurunan pendapatan di APBd P akibat tertundanya pendistribusian DAU dan berkurangnya penerimaan DAK dan DBH Migas.

    Untuk itu lanjutnya, guna menutupi berkurangnya pendapatan tersebut, Banggar  meminta TAPD  untuk menaikan pendapatan,dengan  melakukan intensifikasi pajak BBNKB Motor, pajak permukaan air , serta mengejar pendapatan dari retribusi, dan  pajak tak tertagih lainnya,

    "Kita minta TAPD harus memaksimalkan penerimaan pajak-pajak yang belum terbayarkan, guna menutupi kekurangan pendapatan itu," ujar Noviwaldi Jusman.

    Lebih jauh Politisi Demokrat itu menjelaskan, Rapat harus diskor karena TAPD  minta waktu untuk mengitung kembali pendapatan karena , rapat minta pendapatan dinaikan Rp. 100 M.

    "Walau kondisi ekonomi lagi tidak menguntungkan, tapi potensi untuk menaikan pendapatan itu masih memungkinkan dari intensifikasi pajak dan retribusi , mereka (Dispenda) jangan menunggu harus jemput bola seperti pajak alat berat kan belum maksimal penerimaanya,"tuturnya.

    "Setelah mereka menghitung, dan mereka menyanggupinya , Rabu lusa  Rapat pembahasan APBD P dilanjutkan kembali, baru membahas belanja di APBP P," sebutnya.

    Menurutnya, KUAPPAS APBD P senilai Rp.10,3 T  yang diajukan TAPD Pemprov Riau sudah dirasionalisasi atau dikurangi dengan lebih memprioritaskan untuk memberikan pembangunan yang dirasakan masyarakat langsung seperti sekolah, jalan dan lain-lain yang menyentuh kebutuhan masyarakat Riau.

    "Rasionalisasi, kegiatan yang tidak menyentuh masyarakat , pelatihan-pelatihan juga  dengan pengururangan perjalanan dinas Anggota Dewan yang akan menggunakan teleconference dengan pemerintah pusat juga pengurangan perjalanan dinas Pejabat," tutupnya.(ian)
      BeritaTerkait
  • Draft Tatib pemilihan wagubri sudah selesai 90 persen

    Senin, 03 Okt 2016 09:03

    Liputanriau.com - Panitia Khusus (Pansus) dprd riau tatib tentang Pemilihan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) terus menggesa menuntaskan draft tatib tersebut. Menurut ketua pansus aherson secara norm

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.