Draft Tatib pemilihan wagubri sudah selesai 90 persen

    Senin, 03 Okt 2016 09:03
    Dibaca: 146 kali
    BAGIKAN:
    Liputanriau.com - Panitia Khusus (Pansus) dprd riau tatib tentang Pemilihan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) terus menggesa menuntaskan draft tatib tersebut.

    Menurut ketua pansus aherson secara normatif sesuai aturan dan uu pilkada yang berlaku  draft tatib itu sudah mencapai 90 persen,  tinggal  memasukan point2 kearifan lokal.

    "Tim pansus akan melakukan stuban ke kota palembang yang sudah melaksanakan pemilihan wakil walikota untuk mempelajari poin kearifan lokal yang bisa di masukan ke dalam drat tatib karena palembang juga memiliki budaya dan adat istiadat sebagai kearifan lokal yang tidak jauh beberda dengan riau yang kental dengan budaya melayu," ujarnya

    Setelah itu kata politisi demokrat riau tersebut kearifan lokal perlu diatur dalam draft tatib untuk menjadi pertimbangan dalam persyaratan untuk calon wagubri karena calon diusung oleh satu partai sehingga tidak tertutup kemungkinan calon nanti berasal dari luar daerah riau sehingga perlu diikat dengan point kearifan lokal seperti calon harus mengerti dan memehamai budaya , adat istiadat dan kebutuhan masyarakat riau.

    "Partai pengusung  mempunyak hak preogratif dalam mencalonkan nama2 wagubri sehingga dalam draft tatib  dimasukan kearifan lokal untuk mengikat dan sebagai rambu2 jangan sampai partai mengimpor orang dari daerah lain,katanya

    Dengan adanyan point kearifan lokal maka tipis kemungkinan untuk impor dari daerah lain dengan adanya rambu2 itu agar pemimpin riau memang yang mengerti dan komit membangun riau. Setelah selesai stuban ke palembang kamis nanti, maka drat  tatib tingg rapat finalisasi terkahir karena yang normatif sudah selesai dan akan  disahkan menjadi perda.

    "memasukan point kearifan lokal hasil dari  konsultasi dengan kemendagri, yang menyebutkan apa-apa yang tidak diatur uu dan pp boleh diatur di draft tatib asalkan tidak bertentangan dengan aturan berlaku,tuturnya. (ian)
      komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.