• Home
  • Lingkungan
  • Antisipasi DBD, Diskes Bengkalis Kerahkan Hampir Seribu Kader Jumantik

Antisipasi DBD, Diskes Bengkalis Kerahkan Hampir Seribu Kader Jumantik

Selasa, 31 Mei 2016 00:00
Dibaca: 128 kali
BAGIKAN:
BENGKALIS- Mengantisipasi penyeberan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bengkalis, tahun ini Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis akan mengerahkan 948 orang kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) atau hampir seribu orang untuk turun ke masyarakat.

Dari jumlah ini melibatkan mereka akan disebar ke seluruh kecamatan yang ada. Dibandingkan dengan 2015 lalu, juga para kader Jumantik 625 orang atau ditambah sebanyak 34 persen pada tahun ini.

“Ini artinya setidaknya paling sedikit sudah ada 6 orang sedangkan paling banyak 30 orang kader Jumantik yang memantau dan mengingatkan warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah,“ ungkap Kepala Diskes Bengkalis Moh. Sukri didampingi Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan dan Lingkungan Irawadi, Senin (9/5/16).

Dipaparkan Moh. Sukri, bahwa saat ini Diskes fokus pada menciptakan lingkungan sehat dengan penekanan upaya penanggulangan DBD diarahkan kepada upaya preventif dan promotif, memberantas jentik nyamuk atau Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN-DBD).

“Pengasapan saja tidak cukup, karena dengan menyemprot itu yang mati hanya nyamuk dewasa saja, selama jentiknya tidak dibasmi, setiap hari akan muncul nyamuk yang baru menetes dari tempat berkembang biaknya,“ katanya lagi.

Sukri menambagkan, Diskes telah mengaktifkan kembali peran Jumantik untuk pemeriksa jentik nyamuk di rumah warga, sebagai upaya antisipasi pencegahan kasus DBD. Kader Jumantik mempunyai peran sebagai penggerak pengawasan masyarakat pemberantasan sarang nyamuk DBD.

“Masyarakat diharapkan bisa berperan aktif. Satu rumah satu Jumantik itu lebih efektif dan efisien lagi,“ ujarnya lagi.***(rtc)
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.