• Home
  • Lingkungan
  • Danrem 031 Wirabima Tinjau Cetak Sawah di Suak Air Hitam,Rohil

Danrem 031 Wirabima Tinjau Cetak Sawah di Suak Air Hitam,Rohil

Oleh: Ulung
Rabu, 31 Mei 2017 18:32
Dibaca: 98 kali
BAGIKAN:
Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Abdul Karim didampingi Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo meninjau lokasi cetak sawah di Rohil.
Liputanriau.com,Rohil - Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima Brigjen TNI Abdul Karim melakukan peninjauan lokasi cetak sawah seluas 200 hektare di wilayah Kepenghuluan Suak Hitam Kecamatan Pekaitan, Rokan Hilir,  Senin (29/05/2017).

Peninjauan lokasi didampingi oleh Dandim 0321 Rokan Hilir, Letkol Arh, Bambang Sukisworo, Kadis Pertanian dan Pangan Isa Ahmadi, Pasiter, Pasi Intel, Camat Pekaitan serta Perangkat Kepenghuluan Suak Hitam.

Tujuan peninjauan lokasi cetak sawah ini menurut Danrem,  guna memastikan kondisi dan lokasi lahan yang akan dikerjakan untuk dijadikan cetak sawah.

Dilokasi, Danrem dan rombongan menggunakan sepeda motor untuk melihat sumber air dan kondisi tanah yang akan dijadikan cetak sawah, namum dirinya sangat menyayangkan tidak adanya saluran irigasi atau saluran pembuangan air.

Menurutnya, tanpa adanya irigasi yang mendukung akan dapat mempengaruhi hasil pencapaian cetak sawah yang nantinya akan di kerjakan di tempat ini

"Tentunya kita tidak akan kerja asal-asalan saja agar target yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Kita akan upayakan semaksimal mungkin pengerjaannya," papar Danrem.

Sementara, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Rohil Isa Ahmadi, mengatakan kondisi lokasi cetak sawah yang akan dikerjakan merupakan tempat yang bentuknya seperti kuali dimana lokasinya akan terus tergenang air.

Hal itu terjadi, menurutnya, karena belum adanya saluran pembuangan air yang memadai. Jadi perlu ada pengkajian ulang untuk pengerjaan proyek tersebut, sebab paket pengerjaan tersebuat hanya untuk pengerjaan cetak sawah sedangkan untuk pembuatan saluran pembuangan tidak ada.

Sementara itu, Sekdes Suak Hitam Asmadi, mengatakan pengerjaan proyek cetak sawah tersebut sudah lama dinantikan masyarakatnya. Diharapkannya pekerjaan cetak sawah di atas lahan 200 hektare tersebut dapat cepat terlaksana demi peningkatan kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat.

"Kami mengharapkan pengerjaan proyek cetak sawah ini tidak ada kendala dan cepat terlaksana. Kalau masalah pembuangan air, kita bisa buang melalui SK 12 dengan menggunakan pintu air model klep. Dengan pintu klep, air pasang tidak akan masuk dan air dari dalam tetap bisa keluar," harapnya.***
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.