• Home
  • Lingkungan
  • Masyarakat di Aliran Sungai Kuantan Diminta Waspada Banjir

Masyarakat di Aliran Sungai Kuantan Diminta Waspada Banjir

Sabtu, 04 Mar 2017 08:30
Dibaca: 78 kali
BAGIKAN:
LIPUTANRIAU.COM, TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah menetapkan status waspada banjir di karenakan tingginya volume hujan beberapa hari terakhir ini sehingga membuat debit sungai Batang Kuantan meningkat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kuansing, Muharlius dikutip riauterkinicom, Jum'at (3/3/2017) malam mengatakan, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan persiapan untuk waspada banjir di Kuansing, dan pihaknya sudah melaporkan kepada Bupati terkait kondisi Sungai Kuantan saat ini.

"Anggota Tagana kita sudah mendirikan tenda induk malam ini di taman dekat taman jalur," ungkap Muharlius malam tadi.

Namun, persiapan sengaja dilakukan melihat volume sungai Batang Kuantan yang terus meningkat, dan cuaca masih mendung dan beberapa daerah di Kuansing masih gerimis. "Untuk mempersiapkan jika terjadi banjir, segala perlengkapan sudah siap seperti perahu fiber, perahu karet, tenda induk sudah kita siapkan," punggasnya.

Ditanya berapa jumlah anggota Tagana yang di diapkan? Muharlius mengatakan, " untuk anggota tagana kita yang ada hanya 20 orang, karena ini yang masih aktif, yang lama sudah ada yang tidak akif lagi," jelasnya.

Namun, untuk mengenai bantuan makanan, pakayan untuk korban banjir jika terjadi untuk stok sungguh sangat minim yang ada persediaan hanya bantuan pakayan. "Kan ini juga berkaitan dengan kondisi keuangan daerah kita juga," cetusnya.

Muharlius juga mengatakan, pada hari ini juga terjadi banjir di beberapa desa namun banjir yang terjadi bukan karena meluapnya sungai batang kuantan, akan tetapi meluapnya sungai sungai kecil yang melintasi desa desa.

"Banjir di beberapa desa ini hanya sebentar saja, berkisar antara satu jam, kemudian airnya sudah surut kembali," terangnya.

Lebih lanjut Muharlius menambahkan, pihaknya akan melaporkan kondisi ini ke Dinas Sosial Provini Riau, masalah banjir yang terjadi di Kuansing, mengingat di bagian hilir Batang Kuantan kondisi air sudah hampir masuk ke desa-desa.

"Jika volume air terus naik, diperkirakan nanti malam di bagian hilir Kuansing sudah terendam air," ungkapnya.

Muharlius menghimbau kepada masyarakat yang berda di sepanjang aliran sungai Batang Kuantan agar selalu waspada dan berjaga-jaga jika sewaktu-waktu air Sungai Kuantan meluap. ***
  BacaJuga
  • Jadi Temuan BPK, Komisi II Akan Bahas Alih Fungsi Pasar Kodim Pekanbaru jadi Hotel

    Kamis, 27 Apr 2017 17:32

    PEKANBARU - Komisi II DPRD Kota Pekanbaru akan melakukan pembahasan terkait alih fungsi Pasar Kodim atau kini berubah nama Pasar The Central dari pasar tradisional menjadi pembangunan hotel dan ma

  • Pasar Cikpuan Masih Terbengkalai, DPRD Minta Pemprov Riau Bantu Pemko Pekanbaru

    Kamis, 27 Apr 2017 17:31

    PEKANBARU - Janji Pj Walikota Pekanbaru Edwar Sanger, akan menuntaskan persoalan kelanjutan pembangunan Pasar Cikpuan tak kunjung ditepati sampai saat ini. Tim yang dibentuknya untuk bekerja menyelesa

  • DPRD Pekanbaru Revisi Perda Nomor 06 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar

    Selasa, 11 Apr 2017 07:22

    PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, Senin (10/4/2017) pagi menggelar paripurna ke-8 masa sidang pertama terkait laporan panita khusus terhadap pembahasan Raperda DPRD

  • Tujuh Tempat Wisata Bersejarah di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

    Selasa, 27 Sep 2016 18:06

    Sebagai Ibukota Provinsi Riau, Budaya Melayu sangat kental di Pekanbaru. Di sepanjang jalan, Anda bisa melihat banyak perempuan memakai baju kurung sepanjang lutut khas Melayu. Kota ini juga dikenal s

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.