• Home
  • Lingkungan
  • Masyarakat di Aliran Sungai Kuantan Diminta Waspada Banjir

Masyarakat di Aliran Sungai Kuantan Diminta Waspada Banjir

Sabtu, 04 Mar 2017 08:30
Dibaca: 103 kali
BAGIKAN:
LIPUTANRIAU.COM, TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah menetapkan status waspada banjir di karenakan tingginya volume hujan beberapa hari terakhir ini sehingga membuat debit sungai Batang Kuantan meningkat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kuansing, Muharlius dikutip riauterkinicom, Jum'at (3/3/2017) malam mengatakan, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan persiapan untuk waspada banjir di Kuansing, dan pihaknya sudah melaporkan kepada Bupati terkait kondisi Sungai Kuantan saat ini.

"Anggota Tagana kita sudah mendirikan tenda induk malam ini di taman dekat taman jalur," ungkap Muharlius malam tadi.

Namun, persiapan sengaja dilakukan melihat volume sungai Batang Kuantan yang terus meningkat, dan cuaca masih mendung dan beberapa daerah di Kuansing masih gerimis. "Untuk mempersiapkan jika terjadi banjir, segala perlengkapan sudah siap seperti perahu fiber, perahu karet, tenda induk sudah kita siapkan," punggasnya.

Ditanya berapa jumlah anggota Tagana yang di diapkan? Muharlius mengatakan, " untuk anggota tagana kita yang ada hanya 20 orang, karena ini yang masih aktif, yang lama sudah ada yang tidak akif lagi," jelasnya.

Namun, untuk mengenai bantuan makanan, pakayan untuk korban banjir jika terjadi untuk stok sungguh sangat minim yang ada persediaan hanya bantuan pakayan. "Kan ini juga berkaitan dengan kondisi keuangan daerah kita juga," cetusnya.

Muharlius juga mengatakan, pada hari ini juga terjadi banjir di beberapa desa namun banjir yang terjadi bukan karena meluapnya sungai batang kuantan, akan tetapi meluapnya sungai sungai kecil yang melintasi desa desa.

"Banjir di beberapa desa ini hanya sebentar saja, berkisar antara satu jam, kemudian airnya sudah surut kembali," terangnya.

Lebih lanjut Muharlius menambahkan, pihaknya akan melaporkan kondisi ini ke Dinas Sosial Provini Riau, masalah banjir yang terjadi di Kuansing, mengingat di bagian hilir Batang Kuantan kondisi air sudah hampir masuk ke desa-desa.

"Jika volume air terus naik, diperkirakan nanti malam di bagian hilir Kuansing sudah terendam air," ungkapnya.

Muharlius menghimbau kepada masyarakat yang berda di sepanjang aliran sungai Batang Kuantan agar selalu waspada dan berjaga-jaga jika sewaktu-waktu air Sungai Kuantan meluap. ***
  BacaJuga
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.