• Home
  • Mancanegara
  • Hindari Pemborosan, Dubai Ciptakan Bank Makanan Selama Ramadan

Hindari Pemborosan, Dubai Ciptakan Bank Makanan Selama Ramadan

Jumat, 02 Jun 2017 16:31
Dibaca: 142 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Dubai - Setiap kali tiba Ramadan, masalah pemborosan makanan muncul di kebanyakan negara Arab, termasuk Uni Emirat Arab.

Namun pada tahun ini, penduduk Dubai dapat menghindari melakukan pemborosan dengan menyumbangkan makanan mereka melalui program khusus yang digelar pemerintah kota.

Program yang dikenal sebagai UEA Food Bank itu melibatkan penempatan sekitar 80 buah kulkas yang diletakan di seluruh masjid di Dubai.

Usaha tersebut dimulai sejak Sabtu akhir pekan lalu lalu dengan disponsori oleh banyak perusahaan besar. Dibantu oleh relawan yang dilatih, mereka memastikan makanan yang diderma aman untuk dikonsumsi.

Bahkan untuk pertama kali, kulkas Ramadan itu akan diizinkan menyimpan makanan yang dimasak di rumah, tetapi dengan persyaratan kesehatan ketat untuk memastikan makanan tersebut aman.

Asisten direktur umum untuk kesehatan, keselamatan dan pengendalian lingkungan Dubai, Khalid Mohammad Sharif Al Awadhi, mengatakan bahwa semua relawan telah diberi pelatihan untuk memastikan keamanan makanan yang disumbangkan.

"Setiap masjid akan memiliki setidaknya satu atau dua sukarelawan. Mereka bisa memilih masjid berdasarkan tempat tinggal mereka, " kata Khalid Mohammad Sharif Al Awadhi, seperti dilansir Gulf News pada 30 Mei 2017.


Selain membantu golongan kurang mampu, usaha itu juga bertujuan menghindari pemborosan di bulan Ramadan.

Orang yang membutuhkan makanan hanya perlu pergi ke masjid dan mengambil makanan yang disumbangkan di dalam lemari es tersebut.

Rencananya berikutnya, Dewan Kota Dubai berniat menempatkan lemari es di taman publik di luar Ramadan, untuk memperluas usaha tersebut.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo.co

  BacaJuga
  • Bunuh Diri Bukan Mengakhiri Kehidupan

    Selasa, 28 Mar 2017 11:19

    Ketika menghadapi cobaan hidup, sebagian orang mengambil "jalan pintas" dengan cara bunuh diri. Padahal bunuh diri bukanlah solusi dan bukanlah jalan pintas, bahkan bunuh diri adalah dosa yang san

  • Karyawan PT Padasa Kampar Ditemukan Tewas Tergantung dengan Kain Sarung

    Rabu, 15 Mar 2017 13:09

    LIPUTANRIAU.COM, KOTOKAMPARHULU - Seperti disambar petir di siang bolong saat sang istri melihat suaminya tewas tergantung dengan kain sarung di dalam rumahnya,  Selasa (14/32017) sekira pukul 14

  • Pria di Pekanbaru Ini Tewas Gantung Diri

    Sabtu, 11 Mar 2017 17:26

    LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Akibat tidak tahan terus menerus makan obat, Sutrimo (38) lebih memilih mengakhiri jalan hidupnya dengan gantung diri. Pria sakit jiwa yang berulang kali keluar masuk RSJ

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.