• Home
  • Mancanegara
  • Hindari Pemborosan, Dubai Ciptakan Bank Makanan Selama Ramadan

Hindari Pemborosan, Dubai Ciptakan Bank Makanan Selama Ramadan

Jumat, 02 Jun 2017 16:31
Dibaca: 91 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Dubai - Setiap kali tiba Ramadan, masalah pemborosan makanan muncul di kebanyakan negara Arab, termasuk Uni Emirat Arab.

Namun pada tahun ini, penduduk Dubai dapat menghindari melakukan pemborosan dengan menyumbangkan makanan mereka melalui program khusus yang digelar pemerintah kota.

Program yang dikenal sebagai UEA Food Bank itu melibatkan penempatan sekitar 80 buah kulkas yang diletakan di seluruh masjid di Dubai.

Usaha tersebut dimulai sejak Sabtu akhir pekan lalu lalu dengan disponsori oleh banyak perusahaan besar. Dibantu oleh relawan yang dilatih, mereka memastikan makanan yang diderma aman untuk dikonsumsi.

Bahkan untuk pertama kali, kulkas Ramadan itu akan diizinkan menyimpan makanan yang dimasak di rumah, tetapi dengan persyaratan kesehatan ketat untuk memastikan makanan tersebut aman.

Asisten direktur umum untuk kesehatan, keselamatan dan pengendalian lingkungan Dubai, Khalid Mohammad Sharif Al Awadhi, mengatakan bahwa semua relawan telah diberi pelatihan untuk memastikan keamanan makanan yang disumbangkan.

"Setiap masjid akan memiliki setidaknya satu atau dua sukarelawan. Mereka bisa memilih masjid berdasarkan tempat tinggal mereka, " kata Khalid Mohammad Sharif Al Awadhi, seperti dilansir Gulf News pada 30 Mei 2017.


Selain membantu golongan kurang mampu, usaha itu juga bertujuan menghindari pemborosan di bulan Ramadan.

Orang yang membutuhkan makanan hanya perlu pergi ke masjid dan mengambil makanan yang disumbangkan di dalam lemari es tersebut.

Rencananya berikutnya, Dewan Kota Dubai berniat menempatkan lemari es di taman publik di luar Ramadan, untuk memperluas usaha tersebut.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo.co

  BacaJuga
  • Setelah Guam, Korea Utara Ancam Hancurkan Australia

    Senin, 16 Okt 2017 20:40

    Liputanriau.com - Pemerintah Korea Utara mengeluarkan ancaman terbarunya terhadap Australia karena menjadi sekutu AS dan Korea Selatan.Media pemerintah Korea Utara menyebut, Australia menunjukkan

  • Kim Jong Un Sebut Trump 'Gila', Ancam Ujicoba Bom Hidrogen Baru

    Jumat, 22 Sep 2017 19:45

    Liputanriau.com - Kim Jong Un membuat pernyataan langsung yang ditujukan pada Presiden AS Donald Trump, suatu hal yang tidak biasanya dilakukan. Dalam pernyataan itu Kim Jong Un mengatakan, Trump "tid

  • 8 Cara Korea Utara Lolos Dari Sanksi AS dan PBB

    Selasa, 19 Sep 2017 20:24

    Liputanriau.com - PBB baru-baru ini telah mengeluarkan sanksi terkuatnya terhadap Korea Utara sebagai sanksi atas uji coba nuklir ke 6 negara komunis itu pada 3 September lalu. Namun banyak

  • Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Lintasi Jepang

    Sabtu, 16 Sep 2017 13:58

    Liputanriau.com, Korea - Rezim Korea Utara kembali unjuk gigi dan mendemonstrasikan kemampuan militernya dengan menembakkan rudal balistik jarak menengah melintasi Jepang ke Samudera Pasifik. Di Jepan

  • Korut Ancam Jadikan AS Abu dan Tenggelamkan Jepang

    Kamis, 14 Sep 2017 21:18

    Liputanriau.com, Korea Utara - Sebuah badan negara Korea Utara pada Kamis mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk "menenggelamkan" Jepang dan menghancurkan Amerika Serikat menjadi "abu" karena

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.