• Home
  • Mancanegara
  • Intelijen AS: Ada Rencana Serangan Teror Seperti Tragedi 11 September

Intelijen AS: Ada Rencana Serangan Teror Seperti Tragedi 11 September

Jumat, 20 Okt 2017 01:32
Dibaca: 125 kali
BAGIKAN:
Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Elaine DukeDrew Angerer

Liputanriau.com - Pejabat tinggi keamanan AS mengatakan telah menerima kabar intelijen tentang rencana serangan teror dengan sasaran pesawat terbang komersial.

Serangan teror yang direncanakan disebut bisa seperti tragedi 9/11 yang menghancurkan gedung World Trade Center pada 11 September 2001 silam.

Namun informasi tersebut tidak menyebutkan soal kelompok yang akan melakukannya. Bisa ISIS, Al Qaeda, maupun kelompok teror lainnya.

Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Elaine Duke mengatakan, selama ini serangan teror berskala kecil karena mereka tengah mengumpulkan dana dan ingin menjaga anggota mereka tetap terlibat.

"Ancaman ini masih sangat nyata," ujarnya di London, usai bertemu Menteri Luar Negeri Inggris, Amber Rudd.

"Kelompok teroris, bisa saja ISIS atau Al Qaeda atau lainnya, ingin membuat ledakan besar seperti yang mereka lakukan pada tragedi 9/11," tambah dia.

"Target mereka adalah pesawat terbang. Data intelijen soal itu sangat jelas," katanya seperti diberitakan The Telegraph.

Serangkaian serangan sudah terjadi di Inggris maupun Eropa. Mulai dari insiden penusukan di Jembatan London sampai serangan bom rakitan di Manchester.

"Mereka harus menjaga aliran dana mereka sementara harus tetap terlihat. Mereka juga harus menjaga anggota mereka tetap terlibat sehingga mereka memilih melakukan rencana-rencana kecil," ujar Elaine Duke lagi.

"Menciptakan teror adalah tujuan mereka. Serangan bersenjata menimbulkan ketakutan dan terus mengganggu dunia. Tapi tidak berarti mereka menyerah merencanakan serangan besar seperti menargetkan pesawat udara."

AS bersama Inggris, dalam pertemuan menteri dalam negeri negara-negara G7 pekan ini, juga tengah berusaha mengajak perusahaan media sosial untuk lebih keras menangkal materi militan di dunia maya.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Kompas.com

  BacaJuga
  • Bunuh Diri Bukan Mengakhiri Kehidupan

    Selasa, 28 Mar 2017 11:19

    Ketika menghadapi cobaan hidup, sebagian orang mengambil "jalan pintas" dengan cara bunuh diri. Padahal bunuh diri bukanlah solusi dan bukanlah jalan pintas, bahkan bunuh diri adalah dosa yang san

  • Karyawan PT Padasa Kampar Ditemukan Tewas Tergantung dengan Kain Sarung

    Rabu, 15 Mar 2017 13:09

    LIPUTANRIAU.COM, KOTOKAMPARHULU - Seperti disambar petir di siang bolong saat sang istri melihat suaminya tewas tergantung dengan kain sarung di dalam rumahnya,  Selasa (14/32017) sekira pukul 14

  • Pria di Pekanbaru Ini Tewas Gantung Diri

    Sabtu, 11 Mar 2017 17:26

    LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Akibat tidak tahan terus menerus makan obat, Sutrimo (38) lebih memilih mengakhiri jalan hidupnya dengan gantung diri. Pria sakit jiwa yang berulang kali keluar masuk RSJ

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.