• Home
  • Mancanegara
  • Intelijen AS: Ada Rencana Serangan Teror Seperti Tragedi 11 September

Intelijen AS: Ada Rencana Serangan Teror Seperti Tragedi 11 September

Jumat, 20 Okt 2017 01:32
Dibaca: 137 kali
BAGIKAN:
Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Elaine DukeDrew Angerer

Liputanriau.com - Pejabat tinggi keamanan AS mengatakan telah menerima kabar intelijen tentang rencana serangan teror dengan sasaran pesawat terbang komersial.

Serangan teror yang direncanakan disebut bisa seperti tragedi 9/11 yang menghancurkan gedung World Trade Center pada 11 September 2001 silam.

Namun informasi tersebut tidak menyebutkan soal kelompok yang akan melakukannya. Bisa ISIS, Al Qaeda, maupun kelompok teror lainnya.

Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Elaine Duke mengatakan, selama ini serangan teror berskala kecil karena mereka tengah mengumpulkan dana dan ingin menjaga anggota mereka tetap terlibat.

"Ancaman ini masih sangat nyata," ujarnya di London, usai bertemu Menteri Luar Negeri Inggris, Amber Rudd.

"Kelompok teroris, bisa saja ISIS atau Al Qaeda atau lainnya, ingin membuat ledakan besar seperti yang mereka lakukan pada tragedi 9/11," tambah dia.

"Target mereka adalah pesawat terbang. Data intelijen soal itu sangat jelas," katanya seperti diberitakan The Telegraph.

Serangkaian serangan sudah terjadi di Inggris maupun Eropa. Mulai dari insiden penusukan di Jembatan London sampai serangan bom rakitan di Manchester.

"Mereka harus menjaga aliran dana mereka sementara harus tetap terlihat. Mereka juga harus menjaga anggota mereka tetap terlibat sehingga mereka memilih melakukan rencana-rencana kecil," ujar Elaine Duke lagi.

"Menciptakan teror adalah tujuan mereka. Serangan bersenjata menimbulkan ketakutan dan terus mengganggu dunia. Tapi tidak berarti mereka menyerah merencanakan serangan besar seperti menargetkan pesawat udara."

AS bersama Inggris, dalam pertemuan menteri dalam negeri negara-negara G7 pekan ini, juga tengah berusaha mengajak perusahaan media sosial untuk lebih keras menangkal materi militan di dunia maya.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Kompas.com

  BacaJuga
  • Jabat Tangan Bersejarah Kim dan Trump

    Selasa, 12 Jun 2018 15:45

    Liputanriau.com, Singapura - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya bertemu di Hotel Capella.Kim dan Trump hadir di depan jurnalis yang telah menanti, deng

  • Trump dan Kim Jong Un Dipastikan Bertemu di Singapura 12 Juni

    Selasa, 05 Jun 2018 16:11

    Liputanriau.com - Pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengalami perkembangan pesat. Gedung Putih pada Senin, 4 Juni 2018, meng

  • Dalam 347 Hari, Trump Melontarkan 1.950 Pernyataan Keliru

    Rabu, 03 Jan 2018 15:51

    Liputanriau.com, Washington - Sepanjang 347 hari sejak menjabat, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah membuat 1.950 pernyataan keliru atau palsu.Dilansir dari CNN, Selasa (2/1/2018), blog Fact

  • Istri dan Mantan Istri Donald Trump Berebut Gelar Ibu Negara

    Selasa, 10 Okt 2017 19:57

    Liputanriau.com, Washington - Donald Trump tampak menjadi Presiden Amerika Serikat yang unik, karena dirinya terus menuai masalah dan kecaman sejak kali pertama menjabat.Termutakhir, Trump tengah juga

  • Korut Tuding CIA Hendak Bunuh Kim Jong Un dengan Racun

    Selasa, 10 Okt 2017 19:50

    Liputanriau.com, Pyongyang - Korea Utara menuding Amerika Serikat telah melakukan percobaan pembunuhan terhadap pemimpin tertinggi mereka, Kim Jong Un, pada awal tahun ini.Tudingan itu dilansir Kantor

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.