• Home
  • Mancanegara
  • Presiden Singapura Halimah Yacob Dulu Jualan Nasi Padang Pakai Gerobak

Presiden Singapura Halimah Yacob Dulu Jualan Nasi Padang Pakai Gerobak

Selasa, 12 Sep 2017 21:22
Dibaca: 106 kali
BAGIKAN:
Halimah Yacob.
Liputanriau.com, Singapura - Nama Halimah Yacob mendadak jadi perbincangan di kalangan masyarakat dunia. Wanita 63 tahun tersebut merupakan seorang muslimah pertama yang berhasil menduduki jabatan sebagai presiden Singapura.

Halimah yang merupakan mantan Ketua Parlemen Singapura, secara resmi ditetapkan sebagai presiden dan mendapat sertifikat kelayakan setelah mengalahkan empat kandidat lain yang tidak memenuhi untuk ikut pencalonan.

Dilansir dari laman Straits Times, Selasa (12/9), perjalanan karir Halimah untuk menjadi presiden tidak dilaluinya dengan mudah. Dia juga mengalami masa-masa sulit bersama dengan keluarganya.

Wanita yang lahir di Queen Street tersebut merupakan anak terakhir dari lima bersaudara. Dia dilahirkan dari orangtua keturunan Melayu. Pada tahun 1962, ayahnya yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga keamanan meninggal dan tugas mencari nafkah otomatis digantikan oleh sang ibu.

Ibu Halimah berjualan nasi padang menggunakan gerobak dorong di sekitar jalan Shenton untuk menghidupi anak-anaknya sebelum akhirnya membeli sebuah kios jajanan. Halimah yang saat itu masih berusia 8 tahun sering ikut membantu ibunya bersih-bersih, mencuci piring, membersihkan meja, hingga melayani pelanggan.

Halimah bersekolah di Singapore Chinese Girls School. Dia menjadi satu dari sedikit murid keturunan Melayu di sana. Dia lalu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Singapura dan mengambil jurusan hukum.

Setelah lulus, Halimah bergabung dengan National Trades Union Congress (NTUC) sebagai pegawai di bidang legal. Dia menghabiskan waktu 30 tahun di sana sebelum akhirnya ditunjuk menjadi wakil sekretaris jenderal.

Halimah kemudian terjun ke dunia politik atas desakan Perdana Menteri Goh Chok Tong. Dia pernah dinominasikan dan memenangkan empat pemilihan umum sejak masuk ke dunia politik, seperti kursi di Jurong GRC dan Marsiling-Yew Tee GRC.

Karir Halimah di bidang politik berkembang dengan pesat. Pada 2011 dia ditunjuk sebagai Menteri Negara di Kementerian Pengembangan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga. Kemudian pada 2013, dia ditunjuk sebagai perempuan pertama Ketua Parlemen Singapura.

Pada 2017, Halimah memberanikan diri maju dalam pemilihan presiden dan memenangkan jabatan tersebut pada 11 September. Kini Halimah sedang mempersiapkan diri untuk pengukuhan presiden yang akan dilakukan Rabu (13/9).

Saat ditanya tujuan utamanya mengikuti pemilihan umum, tanpa ragu Halimah menjawab, "Saya ingin melayani rakyat Singapura dan negri ini. Itu tujuan utama saya tak ada yang lain".
Editor: Bobby Satia

Sumber: Merdeka.com

  BacaJuga
  • Densus 88 Tangkap Delapan WNI Terduga Teroris dari Turki

    Kamis, 21 Des 2017 16:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Detasemen Khusus 88 menangkap delapan Warga Negara Indonesia yang diduga anggota kelompok milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dari Turki. Delapan WNI itu ditangkap se

  • Serangan di Masjid Sinai Utara Berlangsung Sekitar 20 Menit

    Minggu, 26 Nov 2017 21:16

    Liputanriau.com, Mesir - Setidaknya 305 orang, termasuk 27 anak-anak, meninggal dunia dalam serangan teror di masjid di Kota Bir Al Abd, Sinai Utara, Mesir, Jumat (24/11) waktu setempat. Selain itu, 1

  • Polisi Tangkap Empat Terduga Teroris di Riau

    Selasa, 24 Okt 2017 18:22

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Detasemen Khusus 88 Anti Teror Kepolisian Republik Indonesia menangkap empat terduga teroris di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau."Kepolisian Daerah Riau

  • Densus 88 Amankan 2 Terduga Teroris di Pandau Kampar

    Selasa, 24 Okt 2017 18:08

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Detasemen Khusus 88 (anti teror) berhasil mengamankan dua orang terduga teroris di sebuah rumah, Jalan Kopkar Raya, dalam Kompleks Perumahan Pandau Permai, di sekitar perb

  • Intelijen AS: Ada Rencana Serangan Teror Seperti Tragedi 11 September

    Jumat, 20 Okt 2017 01:32

    Liputanriau.com - Pejabat tinggi keamanan AS mengatakan telah menerima kabar intelijen tentang rencana serangan teror dengan sasaran pesawat terbang komersial.Serangan teror yang direncanakan disebut

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.