Sarawak Tutup Pintu untuk Rohingya

Senin, 11 Sep 2017 20:50
Dibaca: 96 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Sarawak - Sarawak, negara bagian Malaysia akan menolak memberikan rumah atau tempat tinggal bagi pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

"Kami sepenuhnya menolaknya. Bagaimana kami dapat menerima mereka datang,? kata Datuk Seri Michael Manyin, Menteri Pendidikan, penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi Sarawak kepada media seperti dikutip dari The Malay Mail Online, 9 September 2017. 

Manyin tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang penolakan atas masuknya Rohingya ke Sarawak. Manyin hanya mengatakan, menerima pengungsi Rohingya tidak baik bagi Sarawak.

Anggota legislatif Bukit Semuja, John Ilus membantah rumah yang muncul di media sosial mengenai masuknya Rohingya menganggu keharmonisan ras di Sarawak.

Menurut Ilus, tidak ada rencana pemerintah Sarawak untuk merumahkan pengungsi Muslim asal Myanmar itu. 

"Sejauh yang saya tahu, tidak ada. Unggahan itu tidak bertanggung jawab karena mereka dapat menimbulkan ketegangan rasial dan membelah masyarakat. Kita seharusnya memelihara perdamaian dan harmoni, dan tetap bersatu," kata Ilus.

Sementara menurut Direktur Jenderal Badan Penegakan Hukum Maritim Malaysia, Datul Zulkifli Abu Bakar, timnya melakukan patroli di sejumlah kawasan perairan negara itu untuk menghadapi kemungkinan masuknya pengungsi Rohingya.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo.co

  BacaJuga
  • Catalonia Tetap Ingin Merdeka

    Kamis, 26 Okt 2017 21:42

    Liputanriau.com, Spanyol - Wakil Presiden wilayah Catalonia, Oriol Junqueras, mengklaim pemerintah Spanyol tidak memberikan mereka "pilihan apapun" sehingga deklarasi "republik baru" harus dilakukan.S

  • Arti, Makna & Hikmah Kemerdekaan RI Menurut Islam

    Kamis, 17 Agu 2017 15:08

    Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada tanggal 17 Agustus 1945 memiliki arti, makna dan hikmah bila ditarik dalam kajian studi Islam.Menurut Islam, kemerdekaan yang sesungguhnya adalah bebas untuk b

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.