• Home
  • Mancanegara
  • Senator Australia Salahkan Muslim dan Kritik Intelijen Selandia Baru

Senator Australia Salahkan Muslim dan Kritik Intelijen Selandia Baru

Sabtu, 16 Mar 2019 09:01
Dibaca: 112 kali
BAGIKAN:
Fraser Anning
Liputanriau.com, Australia - Fraser Anning, seorang senator Queensland, Australia, dikutuk keras terkait komentarnya yang justru menyalahkan muslim, serta sejumlah pihak mengkritisi kinerja lembaga intelijen Selandia Baru terkait aksi terorisme di 2 masjid Christchurch yang memakan 49 korban tewas.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada Jumat (15/3/2019), senator Anning pertama-tama menyatakan penolakannya pada segala bentuk kekerasan. "Saya benar-benar menentang segala bentuk kekerasan dalam komunitas kami, dan saya benar-benar mengutuk tindakan pria bersenjata itu," terangnya.

Namun, pada kalimat berikutnya, pria yang duduk di parlemen Australia ini justru menerangkan bahwa serangan yang terjadi adalah buah dari ketakutan yang semakin besar atas kehadiran Muslim yang meningkat di Australia dan Selandia Baru.

"Sementara jenis tindak kekerasan seperti ini tidak pernah bisa dibenarkan, yang harusnya disoroti adalah tumbuhnya ketakutan dalam komunitas kami, baik di Australia dan Selandia Baru, akan meningkatnya kehadiran muslim."

Ia mengklaim bahwa penyebab sebenarnya penembakan brutal yang menewaskan 49 orang tersebut terkait dengan kebijakan imigrasi Selandia Baru."Penyebab sesungguhnya pertumpahan darah di jalanan Selandia Baru hari ini adalah program imigrasi yang mengizinkan para fanatik muslim untuk bermigrasi ke Selandia Baru."

Senator Anning dalam siaran pers tersebut juga menampik bahwa akar permasalahan sehingga Brenton Tarrant bisa melakukan aksi brutalnya tersebut terkait dengan regulasi senjata atau karena pandangan yang ultra nasionalis.

"Seperti biasa, politisi sayap kiri [haluan politik yang diasosiasikan dengan gagasan kebebasan, egaliter, & solidaritas] dan media akan bergegas mengklaim bahwa penyebab penembakan hari ini terletak pada undang-undang senjata atau mereka yang memiliki pandangan nasionalis, tetapi ini semua omong kosong, klise," ungkapnya.

Mengutip dari news.com.au, Senator Anning mengakhiri pernyataannya dengan mencuplik sebuah bagian dari Alkitab dan mengatakan bahwa mereka yang mengikuti 'agama kejam', yang menyerukan untuk membunuh, tidak seharusnya terkejut ketika seseorang mengambil kata-kata mereka dan meresponnya dengan cara yang 'baik'.

Pernyataan kontroversial tersebut yang juga beredar di Twitter kini sudah tidak lagi tersedia karena melanggar aturan kebijakan layanan jejaring sosial mikroblog tersebut.

Sementara pernyataannya terkait penembakan di Masjid Selandia Baru telah hilang dari peredaran, Senator Anning kembali mengoceh.

"Apakah ada yang masih memperdebatkan hubungan antara imigrasi Muslim dan kekerasan? Saya bertanya-tanya apakah akan ada kemarahan dari sayap kiri ketika serangan teroris Muslim berikutnya terjadi? Kemungkinan besar diam dan berbicara bahwa itu adalah 'serangan tunggal, penyakit mental, dan tidak ada koneksi ke Islam.'"

Di akhir rangkain cuitannya, Senator Anning membagikan sebuah gambar disertai tulisan 'memenggal mereka yang menghina Islam' sambil kembali menyerang politisi kiri, "Apakah sayap kiri akan mengutuk ini?"
Editor: Bobby Satia

  BacaJuga
  • Salahkan Muslim, Kepala Senator Fraser Anning Dilempar Telur

    Sabtu, 16 Mar 2019 10:09

    Liputanriau.com, Australia - Senator sayap kanan Australia Fraser Anning dilempar dengan telur oleh seorang remaja yang kesal padanya. Anning sebelumnya menyalahkan umat Muslim atas insiden berdarah d

  • Berbagai Pihak Kecam Pernyataan Senator Anning

    Sabtu, 16 Mar 2019 10:02

    Liputanriau.com - Terkait pernyataan yang kian memperkerus suasana, Senator Anning mendapat kutukan keras dari sejumlah pihak, termasuk Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison."Pernyataan Senato

  • 3 WNI Berhasil Lolos dari Penembakan di Masjid Christchurch,

    Jumat, 15 Mar 2019 18:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Seorang pelaku bersenjata melepaskan tembakan di sebuah masjid yang ramai dikunjungi di Kota Christchurch, Selandia Baru pada Jumat 15 Maret 2019 ini. Menteri Luar Negeri Re

  • Penembakan di Masjid Selandia Baru Tewaskan 40 Orang

    Jumat, 15 Mar 2019 14:42

    Liputanriau.com, Selandia Baru - Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan sebanyak 40 orang tewas dan 20 lainnya terluka akibat penembakan di dua masjid di pusat Kota Christchurch pad

  • Densus 88 Ledakkan Sisa Bom Teroris Sibolga

    Kamis, 14 Mar 2019 18:30

    Liputanriau.com, Medan - Tim Densus 88 meledakkan sisa bom teroris Sibolga. Peledakan itu dilakukan di kawasan Rindu Alam, Sibuluan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah bersama Gegana, Kamis (

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.