• Home
  • Mancanegara
  • Singapura Cabut Izin Agensi Penjual PRT Indonesia Secara Online

Singapura Cabut Izin Agensi Penjual PRT Indonesia Secara Online

Kamis, 20 Sep 2018 16:38
Dibaca: 120 kali
BAGIKAN:
Ilustrasi tampilan ritel online Carousell

Liputanriau.com, Singapura - Pihak berwenang Singapura telah mencabut lisensi agen tenaga kerja yang menjual pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia melalui platform ritel online, Carousell.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Tenaga Kerja Singapura (MOM) mengatakan telah menetapkan bahwa agen tenaga kerja SRC recruitment menjadi pihak yang bertanggung jawab atas penjualan PRT secara online tersebut.

MOM menambahkan bahwa lisensi agen tersebut telah ditangguhkan dan tak lagi diberikan izin untuk merekrut pekerja asing baru. MOM tengah menyelidiki agen tersebut dan akan menuntutnya atas pelanggaran di bawah Undang Undang Agen Tenaga Kerja (EAA).

"Kami sangat mengutuk iklan layanan tenaga kerja asing dengan cara yang tidak bermartabat. Iklan yang dilakukan di platform internet benar-benar tidak pantas dan tidak dapat diterima. Tindakan seperti itu merupakan pelanggaran di bawah  EAA," kata Komisaris untuk Agen Tenaga Kerja, Kevin Teoh seperti dikutip dari Asia One.

MOM pertama kali mengetahui penjualan PRT di daftar Carousell pada hari Jumat pekan lalu dan telah mengimbau agensi lain agar tidak terlibat dalam praktik serupa.

MOM telah menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura dan telah menginformasikan tentang penyelidikan.

Daftar penjualan PRT di Carousell pertama kali diunggah oleh pengguna bernama @maid.recruitment yang menunjukkan foto wajah beberapa perempuan yang diyakini berasal dari Indonesia. Beberapa unggahan menunjukkan bahwa para PRT tersebut telah diberi cap "terjual". Unggahan tersebut mendorong KBRI untuk meminta penyelidikan. 

Editor: Bobby Satia

Sumber: Vivanews

  BacaJuga
  • Sekjen PBB dan PM Malaysia Akan Kunjungi Kawasan Gempa dan Tsunami Sulteng

    Selasa, 09 Okt 2018 16:00

    Liputanriau.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad berencana mengunjungi kawasan terdampak tsunami dan gempa Palu, Sulawesi Tengah.

  • Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Pekanbaru

    Sabtu, 28 Jul 2018 10:14

    Liputanriau.com, Pekanbaru - Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap seorang terduga teroris di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Penangkapan tersebut dilakukan di salah satu lokasi di Kecamatan Marpoy

  • Mapolres Indramayu Diserang 2 Teroris, 1 Ditembak

    Minggu, 15 Jul 2018 16:39

    Liputanriau.com, Indramayu - Dua orang tak dikenal (OTK) yang diduga teroris menyerang Mapolres Indramayu Minggu (15/7) pukul 03.00 WIB. Mereka menerobos masuk dan melempar benda diduga bom

  • Densus 88 Amankan 3 Warga di Blitar, Salah Satunya Seorang Dokter

    Kamis, 14 Jun 2018 12:35

    Liputanriau.com, Blitar - Tim Densus 88 Mabes Polri mengamankan tiga warga di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur yang diduga terkait jaringan terorisme, Rabu (13/6/2018) malam.Dari tiga ora

  • Teroris di Unri Memiliki Hubungan Dekat dengan Penyerang Mapolda Riau

    Senin, 04 Jun 2018 22:25

    Liputanriau.com, Pekanbaru -Kepolisian Daerah Riau mengungkap hubungan antara Muhammad Nur Zamzam, terduga teroris yang ditangkap di Universitas Riau dengan pentolan Jamaah Ansharut Dhaulah (JAD) Murs

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.