• Home
  • Nasional
  • Bawaslu: Surat Suara di Malaysia Tercoblos 01 Bukan Hoaks

Bawaslu: Surat Suara di Malaysia Tercoblos 01 Bukan Hoaks

Kamis, 11 Apr 2019 17:15
Dibaca: 108 kali
BAGIKAN:
Surat suara tercoblos 01 dan caleg partai Nasdem
Liputanriau.com, Jakarta - Bawaslu memastikan temuan anggota panwaslu di Malaysia soal adanya beberapa surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos bukan hoaks alias asli. Hingga kini, Bawaslu masih terus menelusuri keaslian surat suara telah tercoblos paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Dari perbincangan yang ada ini bukan hoaks. Tapi ini harus diteliti, surat suaranya asli atau tidak," kata Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja saat dikonfirmasi, Kamis (11/4).

Bawaslu juga masih mengklarifikasi ke sejumlah pihak terkait apakah surat suara tersebut merupakan dari KPU atau bukan. Termasuk juga menelusuri beberapa video yang beredar luas di masyarakat.

"Perlu dicek apakah surat suara dari KPU atau gimana. Kemudian di mana kejadiannya, kan ada beberapa video yang beredar, ada orang lagi nyoblos, itulah. Apakah itu video dari tim panwas atau tidak atau yang berbeda," ungkap Bagja. 

Pihaknya juga masih mendalami surat suara yang tercoblos seperti dalam video termasuk dalam kepentingan jenis pemilu yang mana. Karena seperti diketahui, ada tiga metode pemilihan bagi pemilih di luar negeri, yaitu mencoblos langsung di TPS yang berada di KBRI/KJRI, mencoblos lewat Kotak Suara Keliling (KSK), dan via pos.

"Ini harus dicek metodenya KSK atau pos ini harus kita lihat. Kalau pos ada wilayah lain dari negara lagi ada pos Diraja Malaysia, ini lagi kita komunikasi karena ini bisa kemana-mana," tutup Bagja.

Bawalu sebelumnya telah membenarkan temuan surat suara tercoblos paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan caleg NasDem di Selangor, Malaysia. KPU juga meminta masyarakat untuk menyikapi masalah ini dengan hati-hati karena sampai saat ini pihaknya masih melakukan klarifikasi.

"KPU telah dan sedang melakukan klarifikasi. KPU hati-hati dalam menyikapi video tersebut sampai dengan mendapatkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan kepada wartawan. 
Editor: Bobby Satia

Sumber: Kumparan

  BacaJuga
  • Analisis Pakar Kenapa Jokowi Kalah di Sumbar

    Selasa, 23 Apr 2019 12:24

    Liputanriau.com, Padang - Pasangan Calon Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin kalah telak di Sumatera Barat versi hitung cepat. Kekalahan itu dinilai disebabkan dari sejumlah faktor.Pengamat politik Unive

  • Jokowi Kalah, Bupati Mandailing Natal Mengundurkan Diri

    Minggu, 21 Apr 2019 16:02

    Liputanriau.com, Mandailing Natal - Bupati Mandailing Natal, Sumatera Utara, Dahlan Hasan Nasution, tiba-tiba mengundurkan diri tanpa ada isu sebelumnya. Mundurnya politikus NasDem itu mulai diketahui

  • Jokowi Terancam Kalah Jika Golput Tinggi

    Sabtu, 30 Mar 2019 16:02

    Liputanriau.com, Jakarta - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai golput bakal merugikan Calon Presiden Joko Widodo alias Jokowi.“Kalau golput tinggi, Jokowi terancam kalah," kata Pangi,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.