Buku Nikah Akan Digantikan Dengan Kartu Nikah

Minggu, 11 Nov 2018 14:14
Dibaca: 233 kali
BAGIKAN:
Kartu nikah
Liputanriau.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan segera menerbitkan kartu nikah akhir November 2018 dengan fungsi sama dengan buku nikah. Seperti apa bentuknya? 

Berdasarkan foto dari Dirjen Binmas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin, Minggu (11/11/2018), tampak kartu nikah tersebut berbentuk persegi panjang dengan tulisan Kementerian Agama dan 'Kartu Nikah' di atasnya. 

Kartu nikah tersebut berlatar warna hijau dengan banyak logo Kemenag yang dibuat transparan. 

Kemudian di bagian tengah ada foto pria dan wanita. Lalu kemudian di bagian bawah ada kode QR yang bisa discan dan kemudian akan menampilkan data-data pasangan yang menikah tersebut. 

"Buku Nikah dan Kartu Nikah yang akan diberikan kepada pasangan nikah diberi kode QR yang dapat dibaca dengan menggunakan barcode/QR scanner yang tersambung dengan aplikasi simkah untuk mengatasi maraknya pemalsuan buku nikah," tutur Amin. 

"Kartu nikah berisi tentang informasi pernikahan yang bersangkutan seperti nama, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, tempat dan tanggal nikah," jelasnya. 

Amin menambahkan, penerbitan kartu nikah akan dimulai di kota-kota besar seperti Jakarta. Nantinya, kartu nikah benar-benar menggantikan peran buku nikah yang akan 'pensiun' pada 2020. 

"Kita rencanakan 2020 buku nikah sudah tidak dipakai," tutur Amin. 
Editor: Bobby Satia

Sumber: Detikcom

  BacaJuga
  • Ketua MUI Sumbar Haramkan Pilih Partai yang Tolak Perda Syariah

    Senin, 19 Nov 2018 15:25

    Liputanriau.com, Padang - Ketua MUI Sumatera Barat Buya Gusrizal mengharamkan umat Islam memilih pemimpin yang menolak Perda Syariah. Pernyataan itu merupakan respons atas sikap Ketua Umum Partai Soli

  • Ketua Umum PSI Grace Natalie Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Penistaan Agama

    Sabtu, 17 Nov 2018 01:38

    Liputanriau.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Zulkhair melaporkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie ke Bareskrim Polri, Jakarta

  • Alasan PSI Tolak Perda Agama

    Jumat, 16 Nov 2018 12:59

    Liputanriau.com, Jakarta - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli menjelaskan alasan partainya menolak Peraturan Daerah (Perda) berbasis keagamaan. Guntur menyebut isu utama yang se

  • PCNU Pasuruan: PSI Partai Ideologis Anti-Agama

    Jumat, 16 Nov 2018 12:56

    Liputanriau.com, Pasuruan - Wakil Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan, Habib Abubakar Assegaf, memberi tanggapan terkait video Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

  • Fahri Hamzah: PSI Belum Paham Soal Perda Syariah

    Kamis, 15 Nov 2018 20:31

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang tak akan mendukung Peraturan Daerah (Perda) Syariah yang akan diterapkan di sejumlah daerah d

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.