• Home
  • Nasional
  • Bulog Datangkan 15 Ton Daging Kerbau Beku India ke Pekanbaru

Bulog Datangkan 15 Ton Daging Kerbau Beku India ke Pekanbaru

Selasa, 22 Mei 2018 14:38
Dibaca: 117 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Pekanbaru - Badan Urusan Logistik atau Bulog Divisi Regional Riau-Kepulauan Riau menyatakan 15 ton daging kerbau beku impor asal India telah tiba di Kota Pekanbaru. Kedatangan daging kerbau beku ini untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan hingga Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Daging kerbau beku sudah tiba di Pekanbaru dan dibongkar pada gudang cold storage penyimpanan Bulog Senin," kata Bidang Komersial Bulog Divre Riau-Kepri Hendra Gunafy di Pekanbaru, Selasa, 22 Mei 2018.

Bulog mengirim daging kerbau beku itu lewat jalur darat agar lebih aman untuk penyimpanan suhu saat perjalanan dari Jakarta hingga tiba di Pekanbaru. "Kini daging sudah di Pekanbaru dalam proses penyimpanan di gudang pendingin kita, untuk selanjutnya segera dipasarkan, " ujar Hendra.

Lebih jauh Hendra menjelaskan penambahan pasokan daging kerbau beku ini dilakukan guna mengisi permintaan daging di Riau sekitarnya selama Ramadan hingga Idul Fitri. "Sebab yang kami pasok bulan lalu sebelum Ramadan sebanyak 15 ton sudah habis pekan ini, " ujar Hendra.

Selama ini animo masyarakat Riau dalam membeli daging kerbau beku tersebut cukup tinggi dan permintaan terus meningkat. Peningkatan ini baik untuk konsumsi rumah tangga maupun usaha seperti restoran, katering hingga hotel.

Hendra mengungkapkan bila dibandingkan 2017, tahun ini permintaan daging beku meningkat tajam. "Jika tahun lalu Bulog hanya memasok sebanyak 10 ton pada bulan Ramadan dan Idul Fitri, tahun ini sudah 30 ton daging kerbau beku yang didatangkan," tuturnya.

Untuk menjaga keamanan stok daging, Hendra bahkan menjamin pihaknya akan terus memasok daging kerbau beku jika stok kembali habis di Riau. "Kalau kurang kami tambah lagi. Stok di pusat banyak."

Adapun harga daging kerbau itu tetap stabil dibandingkan harga sebelumnya Rp 80 ribu per kilogramnya. Harga daging kerbau ini lebih murah ketimbang eceran daging sapi di pasar Rp 110.000 - Rp 120.000 per kilogram.

Pemasaran daging kerbau dilakukan lewat mitra Rumah Pangan Kita (RPK) yang jumlahnya di wilayah Riau-Kepri seribuan lebih. Tujuannya untuk mendekatkan pasar dan harga ke masyarakat pinggiran. "Bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin membeli daging kerbau beku ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi, yaitu di kantor Bulog, bazar pangan dan di setiap RPK, " ucap Hendra.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Riau Siti Astiyah membenarkan bahwa pasokan daging menjelang Ramadan di Riau cukup, harga eceran sapi segar justru cenderung turun dari rata-rata Rp 120.000 per kilogram menjadi Rp 113.350 per kilogram. "Pekan pertama Ramadhan harga daging sapi turun 1,43 persen," ujar Astiyah, Senin lalu.

Hal ini, menurut Astiyah, karena pasokan daging di Riau cukup terlebih setelah Bulog menjual daging kerbau beku dengan harga yang murah yakni Rp 80.000 per kilogram. "Daging beku yang dijual Bulog itu bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk bisa membeli dengan harga terjangkau. kalau bisa lebih murah lagi, misalkan Rp75.000 per kilogram," ucapnya.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo

  BacaJuga
  • Pengakuan Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur

    Rabu, 15 Agu 2018 16:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepolisian Resor Serang, Banten hingga hari ini Rabu, 15 Agustus 2018 masih melakukan pemeriksaan marathon terhadap Raja Kerajaan Ubur Ubur Aisyah Tusalamaja Baidu

  • Ratu Kerajaan Ubur-ubur Sebar Pesan ke Jokowi dan Erdogan

    Selasa, 14 Agu 2018 20:41

    Liputanriau.com, Banten - Siti Aisyah, perempuan yang menjadi pemimpin sekte Kerajaan Ubur-ubur di Sayabulu, Kelurahan/Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, tengah menjadi buah bibir di Indonesia.Seb

  • Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur Klaim Akan Dapat Dana dari Presiden Jokowi.

    Selasa, 14 Agu 2018 20:27

    Liputanriau.com, Banten - Kerajaan Ubur-ubur rupanya bukan hanya mengajarkan Islam secara menyimpang dan menyesatkan. Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur mengklaim akan mendapat sejumlah dana yang dicairkan o

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.