• Home
  • Nasional
  • Dihadiri Utusan dari 28 Proinsi, Upacara Hardiknas di Siak Bertabur Penghargaan

Dihadiri Utusan dari 28 Proinsi, Upacara Hardiknas di Siak Bertabur Penghargaan

Oleh: Tamam
Rabu, 02 Mei 2018 11:21
Dibaca: 1.218 kali
BAGIKAN:
Liputanriau.com,SIAK-Pemerintah Kabupaten Siak  menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018, Rabu (2/05) pagi, di lapangan Tugu depan Istana Siak. Upacara ini diikuti oleh TNI, Polri, ASN, Guru, Honorer, Pelajar dan mahasiswa.

Upacara tersebut, dipimpin langsung Plt Bupati Siak Alfedri, yang di hadiri unsur Forkopimda Siak, Asisten Sestda Kab Siak, jajaran pejabat instansi vertikal, pimpinan OPD serta tokoh pendidikan kabupaten Siak, serta para tamu undangan lainnya.

Disampaikan Alfedri, Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini mengambil tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan".

Oleh karena itu ia mengajak peserta upacara untui menjadıkan peringatan ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan.


"Pendididikan kita adalah berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan merupakan akar pendidikan nasional," sebutnya.
 
Alfedri menyebutkan, disinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional menghunjam kuat kedalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan di dalam pendidikan nasional Indonesia. 

Di samping itu, lanjut dia disahkannya Undang- Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita. 

"Kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang," ungkapnya pula.

Menariknya upacara Hardiknas tahun ini diikuti pelajar dan mahasiswa dari 28 Propinsi se Indonesia. Diantaranya, Diah Aulia kelas XI dari SMA 1 Balikpapan, Rizki Aulia Kelas XI dari Aceh  SMKN 1 Pesangan, Bireun Aceh, dan Indah Putri siswi kelas XI dari SMAN 1 Kubung Kab Solok Sumbar.

Ternyata mereka adalah peserta Jambore Nasional Generasi Hijau yang diselenggarakan di kabupaten Siak.  Terkait peringatan Hardiknas ini mereka berharap, semoga dunia pendidikan di Indonesia akan lebih baik dan dapat menjangkau seluruh lapisan dan wilayah di Indonesia..

Pada upacara Peringatan Hardiknas kali ini juga diberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi, kepala Sekolah terbaik dan pengawas sekolah terbaik.
  BacaJuga
  • MUI: Bendera Yang DIbakar Banser Bukan Bendera HTI

    Selasa, 23 Okt 2018 14:03

    Liputanriau.com, Jakarta - Kasus pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid oleh anggota anggota GP Ansor (Banser) di Garut, menuai polemik. Mereka menganggap  bendera yang dibakar adalah bend

  • Mantan Jubir: HTI Tidak Punya Bendera

    Selasa, 23 Okt 2018 13:53

    Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ustaz Ismail Yusanto mengecam keras aksi pembakaran bendera Tauhid yang dilakukan oknum anggota Barisan Serba Guna Ansor (Ba

  • Tanggapan MUI Terkait Pembakaran Bendera Tauhid oleh Banser

    Selasa, 23 Okt 2018 13:26

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi mengatakan pihaknya meminta agar peristiwa pembakaran bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tidak dipermas

  • 3 Oknum Banser Terduga Pembakar Bendera Tauhid Masih Berstatus Saksi

    Selasa, 23 Okt 2018 13:19

    Liputanriau.com, Garut - Polres Garut Jawa Barat telah memeriksa tiga orang anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser), salah satu organisasi sayap Nahdlatul Ulama, yang diduga membakar bendera warna h

  • Ribuan Orang Tanda Tangan Petisi Bubarkan Banser

    Selasa, 23 Okt 2018 13:13

    Liputanriau.com, Jakarta - Ulah anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser), salah satu organisasi sayap Nahdlatul Ulama, membakar bendera warna hitam yang berlafaz tauhid membuat heboh publik. Kritikan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.