• Home
  • Nasional
  • Ditjen Imigrasi Pertimbangkan Bekukan Paspor Rizieq Shihab

Ditjen Imigrasi Pertimbangkan Bekukan Paspor Rizieq Shihab

Kamis, 18 Mei 2017 13:14
Dibaca: 193 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Jakarta - Upaya memulangkan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab masih terus dilakukan. Sebab, Rizieq dibutuhkan keterangannya dalam kasus dugaan penyebaran konten pornografi di Polda Metro Jaya.

Namun, status Rizieq yang masih sebagai saksi menjadikannya sulit dijemput paksa. Direktorat Jenderal Imigrasi menyatakan ada cara lain untuk memulangkan Rizieq ke Tanah Air, misalnya dengan membekukan paspor.

Meski demikian, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Maryoto Sumadi mengaku belum menerima permintaan pembekuan paspor dari pihak kepolisian. Sebab pembekuan paspor seseorang tak bisa dilakukan sembarangan.

"Nantinya bisa saja, tapi saat ini belum. Ya ini kan koordinasi. Kita tidak berdiri sendiri memutuskan itu, walau pun perangkat hukumnya ada," kata Maryoto di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.

Bila paspor sudah dibekukan, maka negara tempat Rizieq Shihab berada akan segera mengambil tindakan. Yakni dengan melakukan koordinasi karena Rizieq dianggap sebagai WNA ilegal.

"Karena di luar negeri itu. Ketika putusan koordinasi ditetapkan paspor dicabut. Bukan ekstadisi, deportasi melalui mekanisme ke imigrasi. Jadi deportasi dari negara tersebut," kata Maryoto.

Maryoto mengungkapkan Rizieq Shihab ke Arab Saudi menggunakan visa umroh. Biasanya izin visa umroh memiliki batas waktu hingga 30 hari.

"Yang pasti dia melakukan kegiatan umroh, jadi visa yang dikeluarkan kedutaan Saudi Arabia di sini. Visa umroh," Maryoto menandaskan.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Liputan6.com

  BacaJuga
  • Anis Matta Ingin Duet dengan Prabowo

    Minggu, 22 Apr 2018 17:32

    Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan, dirinya memprioritaskan berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jika nantin

  • 3 Alasan PKS Yakin Jokowi Dapat Dikalahkan di Pilpres 2019

    Jumat, 20 Apr 2018 14:27

    Liputanriau.com, Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera tetap yakin Presiden Joko Widodo dapat dikalahkan pada Pemilihan Presiden 2019. Ia pun mengungkapkan sejumlah alasannya."Pertama, ada janj

  • Gerindra Sebut PAN Ajukan Zulkifli Hasan Jadi Cawapres Prabowo

    Kamis, 19 Apr 2018 16:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno mengatakan bahwa Partai Amanat Nasional menawarkan Zulkifli Hasan sebagai pasangan Prabowo Subianto dalam pilpres

  • Gerindra: Pasangan Ideal Prabowo Subianto seperti Jusuf Kalla

    Kamis, 19 Apr 2018 16:40

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno mengatakan kriteria terbaik calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto seperti Jusuf Kalla. JK dinilai ideal k

  • Mahfud MD: Pesaing Kuat Jokowi Bukan Prabowo

    Kamis, 19 Apr 2018 16:35

    Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai kemunculan poros ketiga sangat kecil di Pemilihan Presiden 2019.Menurut dia, yang ada hanya dua poros dengan Gatot Nurmant

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.