• Home
  • Nasional
  • Golkar Resmi Umumkan Bambang Soesatyo Sebagai Ketua DPR

Golkar Resmi Umumkan Bambang Soesatyo Sebagai Ketua DPR

Senin, 15 Jan 2018 13:10
Dibaca: 97 kali
BAGIKAN:
DPP Partai Golkar resmi mengumumkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto

Liputanriau.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Partai Golkar resmi mengumumkan penetapan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang memimpin sekaligus membacakan pengumuman resmi tersebut.

"Secara kami sampaikan dari DPP Partai Golkar tentang penetapan Bapak Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR," ujar Airlangga yang langsung menyerahkan surat penetapan tersebut kepada Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (15/1).

Airlangga menyebut penetapan nama Bambang sebagai Ketua DPR telah sesuai dengan tahapan dan mekanisme pembahasan naik di internal Partai Golkar maupun komunikasi dengan toko-tokoh di Partai Golkar. Baik dari Dewan Pembina Golkar, Dewan Pakar Partai Golkar maupun rapat DPP terbatas di tingkat koordinator Bidang.

"Memang dari nama-nama yang muncul di publik seluruhnya mampu mempunyai posisi ketua DPR namun setelah dilakukan komunikasi di lingkungan strategi dan politik maka sodara Bambang Soesatyolah yang ditetapkan untuk mengisi jabatan lowong setelah Pak SN undurkan diri," ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, ia memahami bahwa jabatan ketua DPR tidaklah mudah dalam periode tersisa DPR yang hanya 1,5 tahun. Namun saat ini telah memasuki tahun politik dimana eskalasi kontestasi politik meningkat.

Karenanya DPR sebagai mitra kelembagaan tinggi negara tentu diharapkan dapat menjadi bagian untuk mengembangkan politik ekonomi dan hukum untuk menjaga keseimbangan. Selain itu, DPR juga saat ini mendapat sorotan yang luas dan tidak dalam posisi yang baik kinerjanya dinilai publik.

"Sehingga ( DPR) kinerjanya diharapkan untuk dapat ditingkatkan oleh karna itu dibutuhkan sosok Ketua DPR yang mampu meningkatkan citra kelembagaan DPR dan memperoleh kepercayaan masyarakat terutama untuk perwakilannya yang dapat mencerminkan efektifitas, produktifitas dan aspiratif agar dapat berwibawa dan bermantaan di mata publik," ujar Airlangga.

Adapun setelah penetapan Golkar tersebut, surat penetapan nama Bambang akan diserahkan kepada Pimpinan DPR untuk dibahas dalam forum rapat pimpinan. Selanjutnya akan dibahas dalam rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) dan dilanjut setelahnya  dengan rapat Paripurna Penetapan dan pelantikan Ketua DPR.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Republika

  BacaJuga
  • Anies Baswedan Gubernur Baru DKI Jakarta

    Jumat, 05 Mei 2017 20:36

    Liputanriau.com, Jakarta - KPUD DKI Jakarta resmi umumkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Hasil tersebut merupakan hasil rapat pleno

  • Pasar Cikpuan Masih Terbengkalai, DPRD Minta Pemprov Riau Bantu Pemko Pekanbaru

    Kamis, 27 Apr 2017 17:31

    PEKANBARU - Janji Pj Walikota Pekanbaru Edwar Sanger, akan menuntaskan persoalan kelanjutan pembangunan Pasar Cikpuan tak kunjung ditepati sampai saat ini. Tim yang dibentuknya untuk bekerja menyelesa

  • Real Count KPU: Anies-Sandi 57,52%, Ahok-Djarot 42,48%

    Kamis, 20 Apr 2017 19:15

    Liputanriau.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta masih terus melakukan penghitungan perolehan suara putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.Berdasarkan hasil scan formulir data C1 yang diri

  • Ketua KPU DKI Terbukti Melanggar Kode Etik

    Sabtu, 08 Apr 2017 06:31

    Liputanriau.com, Jakarta - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI, Sumarno terbukti melanggar kode etik. Sementara, Komisioner KPU DKI Dahliah Um

  • Program Masjid Bersinar PKPU HI Pekanbaru Semakin Luas

    Jumat, 31 Mar 2017 18:22

    LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Hal baik itu harus disebarkan sehingga meluas, seperti halnya bimbingan belajar "Mesjid Besinar". Dimulai Senin ini "Mesjid Bersinar" melebarkan sayapnya ke keluraha

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.