• Home
  • Nasional
  • Hasil Pertemuan Menlu Retno dengan Dubes AS terkait Yerusalem

Hasil Pertemuan Menlu Retno dengan Dubes AS terkait Yerusalem

Jumat, 08 Des 2017 15:42
Dibaca: 99 kali
BAGIKAN:
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia, Joseph Donovan

Liputanriau.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa dirinya sudah bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia, Joseph Donovan untuk membahas mengenai penetapan Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh AS. Pertemuan itu berlangsung di Banten, Kamis, 7 Desember 2017.

"Karena kemarin saya masih menjadi tuan rumah Bali Democracy Forum, jadinya pertemuan itu dilakukan di ICE, Banten," ujar Retno kepada awak media di Bogor, Jumat, 8 Desember 2017.

Presiden AS Donald Trump menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, menggantikan Tel Aviv. Hal itu diikuti dengan langkah pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Langkah Trump itu memicu cibiran dan kritik keras dari berbagai negara. Sebagian besar menganggap Trump melakukan langkah yang salah dan berpotensi memicu konflik di Timur Tengah mengingat Yerusalem kerap diperebutkan Israel serta Palestina.

Retno melanjutkan, dalam pertemuan itu, pemerintah Indonesia telah menyatakan sikap secara tegas seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, yaitu Indonesia tidak mendukung langkah AS tersebut.

Menurut Retno, Duta Besar Donovan menerima pernyataan pemerintah Indonesia tersebut dan berjanji akan menyampaikannya ke Washington DC. Namun, Donovan juga menegaskan Pemerintah AS belum akan berubah sikapnya.

"Jadi posisi kami jelas dan pihak Amerika Serikat menyampaikan kembali isi dari pidato Presiden Trump," ujar Retno.

Retno juga menyampaikan dirinya telah menggontak Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson untuk menanyakan apakah sikap AS soal Yerusalem bisa berubah. Namun, pernyataannya senada dengan Donovan yaitu AS belum akan mengubah keputusannya.

"Tillerson mengatakan bahwa keputusan sudah diambil Presiden Trump. Sampai jam terakhir, kami masih berusaha keras," ujar Retno Marsudi.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo

  BacaJuga
  • Fahri Hamzah Prediksi Ada Capres Baru Selain Jokowi dan Prabowo

    Selasa, 30 Jan 2018 23:32

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meyakini akan ada calon presiden baru di luar Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Calon itulah yang ia dukung dan akan menang di Pilpres 2019 mend

  • Ratusan Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukungan untuk Prabowo Jadi Capres

    Sabtu, 27 Jan 2018 17:08

    Liputanriau.com, Jember - Di Kabupaten Jember, Sabtu (27/1/2018), ratusan purnawirawan TNI dan Polri mendeklarasikan dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon presi

  • LSI: PDIP, Golkar dan Gerindra Partai Papan Atas Pilpres 2019

    Kamis, 25 Jan 2018 13:08

    Liputanriau.com, Jakarta - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memperkirakan tiga partai akan memimpin Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres). Tiga partai itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Pe

  • Menanti Langkah Prabowo Subianto Menuju Pilpres 2019

    Sabtu, 30 Des 2017 15:37

    Liputanriau.com, Jakarta - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kemungkinan besar bakal kembali mengusung Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.Prabowo yang menjadi tokoh sentral d

  • Kriteria Gerindra untuk Cawapres Prabowo

    Rabu, 01 Nov 2017 18:26

    Liputanriau.com, Jakarta - Tahun politik sudah makin dekat. Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengungkapkan kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang diinginkan Gerindra untuk mendampingi Prabow

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.