Jokowi-Ma'ruf Masih Unggul di Survei

Selasa, 27 Nov 2018 21:22
Dibaca: 144 kali
BAGIKAN:
Direktur Eksekutif Median Rico Marbun
Liputanriau.com, Jakarta - Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih memimpin di Pilpres 2019. Hal itu tergambar dalam hasil jajak pendapat soal elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden yang dirilis Media Survei Nasional (Median).
 
"Jokowi-Ma'ruf unggul sementara saat ini 47,7 persen. Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,5 persen. Selisihnya hanya 12 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di Resto Bumbu Desa, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018. 
 
Menurut dia, meski unggul, persentase Jokowi-Maruf masih di bawah 50 persen. Pasangan Prabowo-Sandi pun dinilai dapat memperkecil ketertinggalan.
 
"Bicara pengalaman pilpres, selisih ini tidak terlalu tebal, artinya keuggulan. Ini masih bisa disamakan Prabowo kalau mereka ingin mengejar," kata dia.
 
Dia menjelaskan Jokowi-Maruf tersandung isu kondisi ekonomi. Banyak masyarakat yang merasakan harga bahan pokok hingga listrik tinggi. Mereka juga khawatir dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar.
 
"Bila Jokowi ingin suaranya di atas 50 persen, maka kegelisahan ekonomi itu harus diselesaikan oleh beliau," imbuh dia.
 
Sebanyak 26,2 persen menilai ekonomi dan kemiskinan adalah hal prioritas yang harus diselesaikan pemerintah. Namun, 23,2 persen responden menilai pembangunan infrastruktur pemerintahan Jokowi berhasil.

Menurut Rico, keberhasilan inil seharusnya dimanfaatkan. "Jokowi harus meyakinkan publik bahwa pembangunan infrastruktur akan mampu menurunkan harga, menyediakan tambahan lapangan pekerjaan, dan membawa perbaikan ekonomi.”
 
Sementara itu, survei ini melibatkan 1.200 responden yang memiliki hak pilih. Sampel dipilih secara random dengan teknikmultistage random samplingdan proposional atas populasi provinsi dan gender. 
 
Jajak pendapat ini memiliki margin of errorsebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei menunjukkan dinamika politik selama masa pengambilan data pada 4 sampai 16 November 2018. Quality controldilakukan terhadap 20 persen sampel.
Editor: Bobby Satia

Sumber: Medcom.id

  komentar Pembaca
Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.