• Home
  • Nasional
  • Jokowi Tegaskan Bukan PKI ke Warga Minangkabau

Jokowi Tegaskan Bukan PKI ke Warga Minangkabau

Senin, 21 Mei 2018 14:56
Dibaca: 90 kali
BAGIKAN:
Presiden Joko Widodo saat peresmian kerta bandara di Padang, Sumatra Barat.
Liputanriau.com, Padang - Presiden Joko WIdodo menegaskan dirinya bukanlah kader Partai Komunis Indonesia (PKI). Itu disampaikan Jokowi di hadapan masyarakat yang hadir dalam peresmian kereta api (KA) Minangkabau Ekspres di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). 

"Banyak yang nanya Presiden Jokowi PKI? Saya jawab sekarang, saya bukan PKI atau keluarga saya juga bukan PKI," tegas Presiden di Stasiun Kereta Bandara Minangkabau Ekspres, Padang, Sumatra Barat, Senin, 21 Mei 2018. 

Jokowi menuturkan isu tersebut kembali dimunculkan sejumlah pihak tanpa fakta yang mendasar. Pasalnya, ia lahir pada 1961 atau empat tahun sebelum PKI dibubarkan pada 1965. Jika menggunakan logika, kata dia, tak mungkin dirinya menjadi kader PKI.

"Enggak mungkin ada balita PKI. Logikanya di mana," imbuh dia. 

Jokowi menambahkan orang tua kandungnya, Sujiatmi dan Notomiharjo, adalah asli Jawa, bukan keturunan Tionghoa-Singapura seperti yang diisukan di media sosial. Ia pun mempersilakan masyarakat untuk mencari tahu langsung silsilah keluarganya ke para tetangga yang tinggal di Solo, Jawa Barat.  

"Saya orang desa, bapak saya dari Karanganyar dan ibu saya dari Boyolali. Kalau tidak percaya boleh tanyakan ke tetangga saya yang tinggal di dekat masjid. Kita terbuka, tak ada yang ditutup-tutupi," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta ini. 

Jokowi pun mengimbau berbagai pihak untuk fokus membicarakan hal-hal produktif seperti pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia. Baginya, membahas tudingan maupun isu hanya menghabiskan energi ke hal negatif. 

"Kalau kita selalu membicarakan hal negatif jadinya enggak produktif. Energi kita habis untuk hal seperti ini kalau enggak saya jawab bisa ke mana-mana mestinya," pungkas dia.
Editor: Bobby Satia

Sumber: Medcom

  BacaJuga
  • Pengakuan Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur

    Rabu, 15 Agu 2018 16:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepolisian Resor Serang, Banten hingga hari ini Rabu, 15 Agustus 2018 masih melakukan pemeriksaan marathon terhadap Raja Kerajaan Ubur Ubur Aisyah Tusalamaja Baidu

  • Ratu Kerajaan Ubur-ubur Sebar Pesan ke Jokowi dan Erdogan

    Selasa, 14 Agu 2018 20:41

    Liputanriau.com, Banten - Siti Aisyah, perempuan yang menjadi pemimpin sekte Kerajaan Ubur-ubur di Sayabulu, Kelurahan/Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, tengah menjadi buah bibir di Indonesia.Seb

  • Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur Klaim Akan Dapat Dana dari Presiden Jokowi.

    Selasa, 14 Agu 2018 20:27

    Liputanriau.com, Banten - Kerajaan Ubur-ubur rupanya bukan hanya mengajarkan Islam secara menyimpang dan menyesatkan. Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur mengklaim akan mendapat sejumlah dana yang dicairkan o

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.