Muhammadiyah Tetapkan Lebaran 15 Juni

Rabu, 13 Jun 2018 16:28
Dibaca: 126 kali
BAGIKAN:
Ilustrasi Silaturahmi Lebaran.

Liputanriau.com, Jakarta - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tepat pada tanggal 15 Juni 2018. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menerangkan penentuan tersebut dilakukan berdasarkan perhitungan hisab. 

"Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, ijtimak jelang Syawal 1439 H terjadi pada hari Kamis Kliwon 14 Juni 2018 pukul 02.45.53 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta +07o35'20", hilal sudah wujud," jelas Haedar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/6).

Oleh karena itu, ia mengimbau umat Islam untuk melaksanakan ibadah sunah menjelang Idul Fitri, seperti membayar zakat fitrah, memperbanyak takbir dan menunaikan Salat Id pada 15 Juni.

Terkait takbir, Haedar mengimbau masyarakat untuk mengumandangkannya di masjid atau musala menggunakan pengeras suara yang bagus. Namun tetap dengan memperhatikan kenyamanan lingkungan dan menghormati masyarakat yang berbeda keyakinan. 

"Apabila melaksanakan takbir keliling hendaknya senantiasa dilakukan dengan baik, mematuhi aturan lalu lintas, menjaga ketertiban umum, dan berkoordinasi dengan kepolisian dan aparatur pemerintah yang terkait," jelasnya.

Haedar berharap umat Islam menjadikan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H bisa meningkatkan keimanan, ketakwaan, pengetahuan, hingga akhlak mulia. 

"Baik elite maupun warga diajak untuk menampilkan keteladanan yang baik atau uswah hasanah sehingga kaum Muslim di negeri ini menjadi rahmatan lil-'alamin," kata Haedar.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal dengan perhitungan astronomis sehingga sudah diketahui jauh-jauh hari, pemerintah menetapkan 1 Syawal secara manual dengan melihat langsung hilal (rukyatul hilal) dan diputuskan dalam rapat Kamis (13/6).

Editor: Bobby Satia

Sumber: Kumparan

  BacaJuga
  • Pengakuan Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur

    Rabu, 15 Agu 2018 16:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepolisian Resor Serang, Banten hingga hari ini Rabu, 15 Agustus 2018 masih melakukan pemeriksaan marathon terhadap Raja Kerajaan Ubur Ubur Aisyah Tusalamaja Baidu

  • Ratu Kerajaan Ubur-ubur Sebar Pesan ke Jokowi dan Erdogan

    Selasa, 14 Agu 2018 20:41

    Liputanriau.com, Banten - Siti Aisyah, perempuan yang menjadi pemimpin sekte Kerajaan Ubur-ubur di Sayabulu, Kelurahan/Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, tengah menjadi buah bibir di Indonesia.Seb

  • Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur Klaim Akan Dapat Dana dari Presiden Jokowi.

    Selasa, 14 Agu 2018 20:27

    Liputanriau.com, Banten - Kerajaan Ubur-ubur rupanya bukan hanya mengajarkan Islam secara menyimpang dan menyesatkan. Pemimpin Kerajaan Ubur-ubur mengklaim akan mendapat sejumlah dana yang dicairkan o

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.