Muhammadiyah Tetapkan Lebaran 15 Juni

Rabu, 13 Jun 2018 16:28
Dibaca: 157 kali
BAGIKAN:
Ilustrasi Silaturahmi Lebaran.

Liputanriau.com, Jakarta - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tepat pada tanggal 15 Juni 2018. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menerangkan penentuan tersebut dilakukan berdasarkan perhitungan hisab. 

"Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, ijtimak jelang Syawal 1439 H terjadi pada hari Kamis Kliwon 14 Juni 2018 pukul 02.45.53 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta +07o35'20", hilal sudah wujud," jelas Haedar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/6).

Oleh karena itu, ia mengimbau umat Islam untuk melaksanakan ibadah sunah menjelang Idul Fitri, seperti membayar zakat fitrah, memperbanyak takbir dan menunaikan Salat Id pada 15 Juni.

Terkait takbir, Haedar mengimbau masyarakat untuk mengumandangkannya di masjid atau musala menggunakan pengeras suara yang bagus. Namun tetap dengan memperhatikan kenyamanan lingkungan dan menghormati masyarakat yang berbeda keyakinan. 

"Apabila melaksanakan takbir keliling hendaknya senantiasa dilakukan dengan baik, mematuhi aturan lalu lintas, menjaga ketertiban umum, dan berkoordinasi dengan kepolisian dan aparatur pemerintah yang terkait," jelasnya.

Haedar berharap umat Islam menjadikan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H bisa meningkatkan keimanan, ketakwaan, pengetahuan, hingga akhlak mulia. 

"Baik elite maupun warga diajak untuk menampilkan keteladanan yang baik atau uswah hasanah sehingga kaum Muslim di negeri ini menjadi rahmatan lil-'alamin," kata Haedar.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal dengan perhitungan astronomis sehingga sudah diketahui jauh-jauh hari, pemerintah menetapkan 1 Syawal secara manual dengan melihat langsung hilal (rukyatul hilal) dan diputuskan dalam rapat Kamis (13/6).

Editor: Bobby Satia

Sumber: Kumparan

  BacaJuga
  • Amien Rais dan Rachmawati Dampingi Prabowo-Sandi dalam Debat Capres

    Kamis, 17 Jan 2019 17:01

    Liputanriau.com, Jakarta - Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, akan didampingi sejumlah tokoh dalam menjalani debat perdana yang akan diselenggarakan pada malam in

  • SBY Tidak Hadir Dalam Debat Capres Malam Ini

    Kamis, 17 Jan 2019 16:58

    Liputanriau.com, Jakarta - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan tidak menghadiri debat Pemilihan Presiden di Hotel Bidakara pada Kamis malam, 17 Januari 2010. Hal ini diungkapkan

  • Persiapan Jokowi Sebelum Debat Capres

    Rabu, 16 Jan 2019 21:07

    Liputanriau.com, Bogor - Calon presiden nomor urut 01, Jokowi, mengaku tak ada persiapan khusus menjelang debat perdana Pilpres 2019 yang akan digelar Kamis (17/1). Jokowi juga menjelaskan tak ada sim

  • Tanggapan Jokowi Soal Pidato Kebangsaan Prabowo

    Rabu, 16 Jan 2019 21:02

    Liputanriau.com, Bogor - Presiden Joko Widodo mengakui, banyak hal di pemerintahannya yang belum berjalan dengan baik. Kendati demikian, ia memastikan bahwa pemerintah terus berupaya melakukan perbaik

  • Jokowi Jenguk Ustaz Arifin Ilham

    Rabu, 09 Jan 2019 11:03

    Liputanriau.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan pagi tadi telah membesuk penceramah Arifin Ilham yang sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. "Iya, pagi-pagi tadi," katanya di Ist

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.