• Home
  • Nasional
  • Nazaruddin: Semua Pimpinan Fraksi DPR Mendapat Uang e-KTP

Nazaruddin: Semua Pimpinan Fraksi DPR Mendapat Uang e-KTP

Senin, 19 Feb 2018 15:51
Dibaca: 124 kali
BAGIKAN:
Mantan Bendahara Partai Demokrat Nazaruddin

Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Bendahara Partai Demokrat Nazaruddin mengaku semua pimpinan fraksi di DPR, pimpinan Badan Anggaran, Komisi II DPR, mendapatkan jatah uang dalam pengadaan KTP elektronik (KTP-el).

Hal tersebut diungkapkan Nazaruddin saat memberikan keterangan sebagai saksi atas terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (19/2).

"Betul, waktu itu diberitahukan oleh Andi di ruangan Ketua Fraksi Demokrat, Anas Urbaningrum," jawab Nazaruddin saat ditanya majelis hakim.

Ia menjelaskan, bagi-bagi uang kepada anggota DPR ini sendiri merupakan arahan dari almarhum anggota Komisi II DPR Mustokoweni, dan diberikan oleh Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Partai Demokrat sendiri, diakui Nazaruddin, menerima uang tersebut senilai US$ 1 juta yang diserahkan kepada pimpinan Banggar dari Fraksi Demokrat Mirwan Amir, yang diserahkan kepadanya sebagai Bendahara Partai Demokrat.

"Dibawa Pak Mirwan Amir US$ 1 juta, US$ 500.000 disimpan di brankas, dan sebagian digunakan untuk kebutuhan partai," jelasnya.

Sementara soal berapa nilai yang diterima oleh fraksi lainnya, ia mengaku lupa rincian nilainya. Namun ia memastikan bahwa setiap fraksi memang telah menerima aliran dana tersebut.

"Dari laporan Ibu Mustokoweni, Andi Narogong telah memberi uang ke semua fraksi," sambungnya.

Sementara itu Mantan Pimpinan Banggar dari Partai Golkar Mekhias Markus Mekeng yang turut hadir dalam persidangan membantah hal tersebut.

Ia menuturkan bahwa posisi Nazaruddin yang sebagai Bendahara Partai tak akan mengetahui proses di Banggar. Bahkan Mekeng menuding pernyataan Nazaruddin merupakan hasil khayalan.

"Banggar hanya membahas anggaran perkomisi, bukan merinci apa proyek yang dibahas. Itu halusinasi saja," katanya dalam kesempatan yang sama.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Kontan.co.id

  BacaJuga
  • NasDem Somasi Rizal Ramli Soal Pernyataan Jokowi Ditekan Surya Paloh

    Selasa, 11 Sep 2018 16:01

    Liputanriau.com, Jakarta - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem mensomasi bekas Menko Kemaritiman Rizal Ramli, atas pernyataannya di acara Indonesia Business Forum yang ditayangkan s

  • Rizal Ramli Netral di Pilpres 2019

    Selasa, 28 Agu 2018 16:10

    Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli membantah dirinya terlibat menjadi tim sukses salah satu pasangan bakal capres-cawapres di Pilpres 2019. Rizal men

  • Rizal Ramli: Indonesia Lucu, Berlomba Jadi Calon Wakil Presiden

    Kamis, 10 Mei 2018 13:48

    Liputanriau.com, Jakarta - Ekonom Rizal Ramli menyebut orang Indonesia lucu karena banyak yang rebutan untuk jadi calon wakil presiden. "Banyak banget yang ingin jadi calon wakil presiden, di si

  • Zulkifli Hasan Sebut Rizal Ramli Penuhi Syarat Jadi Capres

    Jumat, 04 Mei 2018 02:09

    Liputanriau.com, Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan menilai Rizal Ramli pantas menjadi calon presiden (capres). Zulkifli menilai Rizal sebagai sosok yang berkualita

  • Rizal Ramli Yakin Sri Mulyani Tak Berani Debat soal Utang Negara

    Kamis, 03 Mei 2018 18:54

    Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meyakini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak berani berdebat dengannya.Hal itu disampaikan Rizal menanggapi per

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.