• Home
  • Nasional
  • Nazaruddin: Semua Pimpinan Fraksi DPR Mendapat Uang e-KTP

Nazaruddin: Semua Pimpinan Fraksi DPR Mendapat Uang e-KTP

Senin, 19 Feb 2018 15:51
Dibaca: 116 kali
BAGIKAN:
Mantan Bendahara Partai Demokrat Nazaruddin

Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Bendahara Partai Demokrat Nazaruddin mengaku semua pimpinan fraksi di DPR, pimpinan Badan Anggaran, Komisi II DPR, mendapatkan jatah uang dalam pengadaan KTP elektronik (KTP-el).

Hal tersebut diungkapkan Nazaruddin saat memberikan keterangan sebagai saksi atas terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (19/2).

"Betul, waktu itu diberitahukan oleh Andi di ruangan Ketua Fraksi Demokrat, Anas Urbaningrum," jawab Nazaruddin saat ditanya majelis hakim.

Ia menjelaskan, bagi-bagi uang kepada anggota DPR ini sendiri merupakan arahan dari almarhum anggota Komisi II DPR Mustokoweni, dan diberikan oleh Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Partai Demokrat sendiri, diakui Nazaruddin, menerima uang tersebut senilai US$ 1 juta yang diserahkan kepada pimpinan Banggar dari Fraksi Demokrat Mirwan Amir, yang diserahkan kepadanya sebagai Bendahara Partai Demokrat.

"Dibawa Pak Mirwan Amir US$ 1 juta, US$ 500.000 disimpan di brankas, dan sebagian digunakan untuk kebutuhan partai," jelasnya.

Sementara soal berapa nilai yang diterima oleh fraksi lainnya, ia mengaku lupa rincian nilainya. Namun ia memastikan bahwa setiap fraksi memang telah menerima aliran dana tersebut.

"Dari laporan Ibu Mustokoweni, Andi Narogong telah memberi uang ke semua fraksi," sambungnya.

Sementara itu Mantan Pimpinan Banggar dari Partai Golkar Mekhias Markus Mekeng yang turut hadir dalam persidangan membantah hal tersebut.

Ia menuturkan bahwa posisi Nazaruddin yang sebagai Bendahara Partai tak akan mengetahui proses di Banggar. Bahkan Mekeng menuding pernyataan Nazaruddin merupakan hasil khayalan.

"Banggar hanya membahas anggaran perkomisi, bukan merinci apa proyek yang dibahas. Itu halusinasi saja," katanya dalam kesempatan yang sama.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Kontan.co.id

  BacaJuga
  • Ahok Dapat Remisi, Pakar Hukum: Baru 6 Bulan, Remisinya 15 Hari

    Senin, 18 Des 2017 17:33

    Liputanriau.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan mendapatkan pengurangan masa hukuman atau remisi dalam rangka hari raya Natal. Pakar Hukum Pidana Chudry S

  • Kapolda Metro Bersyukur Sidang Ahok Ditunda

    Rabu, 12 Apr 2017 14:36

    Liputanriau.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan bersyukur persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditunda. Hal ini disamp

  • Penjelasan Jaksa Tunda Bacakan Tuntutan terhadap Ahok

    Selasa, 11 Apr 2017 14:40

    Liputanriau.com, Jakarta - Jaksa penuntut umum sidang kasus dugaan penodaan agama, Ali Mukartono, menjelaskan pihaknya kesulitan menyusun materi surat tuntutan terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama

  • Pengadilan Tetapkan Pembacaan Tuntutan Ahok 20 April

    Selasa, 11 Apr 2017 14:35

    Liputanriau.com, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memutuskan agenda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) oleh Jaksa Penuntut U

  • Polda Metro Tetap Siapkan Pengamanan Sidang Ahok

    Selasa, 11 Apr 2017 00:44

    Liputanriau.com, Jakarta - Polda Metro Jaya tetap menyiapkan personil pengamanan untuk sidang lanjutan terdakwa penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Selasa (11/4)."Agenda sidang Pak Ah

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.