Penjelasan Ade Armando soal 'Azan Tidak Suci'

Kamis, 12 Apr 2018 00:27
Dibaca: 96 kali
BAGIKAN:
Dosen Universitas Indonesia Ade Armando
Liputanriau.com, Jakarta - Dosen Universitas Indonesia Ade Armando memberikan penjelasan soal unggahan 'Azan Tidak Suci' yang membuatnya dipolisikan. Ade menyebut azan itu memang tidak suci karena bukan bagian dari ayat-ayat Allah.

"Sebetulnya saya sudah tulis di Facebook, dalam ajaran agama, azan itu memang bukan sesuatu yang suci. Azan itu bukan bagian dari ayat-ayat Allah. Jadi begini, yang suci itu Allah. Yang suci itu Alquran, tapi yang lain kan tidak suci, sesuatu yang dibuat di bumi oleh manusia," kata Ade saat berbincang, Rabu (12/4/2018).

Ade lantas menceritakan sejarah awal mula azan saat zaman Nabi Muhammad SAW. Menurut Ade, azan itu merupakan ide yang dilontarkan oleh sahabat Rasul untuk menjadi penanda waktu salat. Nabi Muhammad, disebut Ade, lalu menyetujui usul tersebut.

"Ketika itu Nabi Muhammad sejarahnya itu berpikir, bertanya, mengajak sahabat untuk bertemu membicarakan, bagaimana caranya ya agar kita bisa memberi penanda bahwa waktu salat sudah tiba. Terus teman-teman sahabat Nabi memberikan ide, ada yang pakai trompet, lonceng, ada yang pakai genderang, ada yang pakai asap api," kata Ade.

"Tapi semuanya itu tidak disepakati sampai ada salah seorang sahabat yang mengatakan, dia bermimpi bertemu dengan orang yang mengajarkan ber-azan seperti yang kita kenal saat ini. Kemudian Nabi menyetujuinya," sambung dia.

Poin yang ingin disampaikan Ade dalam sejarah awal mula azan itu bahwa azan itu bukan sesuatu yang diturunkan langsung oleh Allah SWT. Karena itu, azan diklaim Ade tidak bisa disebut suci.

"Ini maka tidak bisa disebut suci, kan. Di mana letak sucinya? Kalau itu suci karena memang sesuatu yang diturunkan oleh Allah. Tapi azan itu sendiri ciptaan manusia. Azannya, ya," ujar dia.

Ade menjelaskan, sekalipun di dalam lafaz azan itu ada kalimat syahadat, hal itu tidak membuatnya menjadi suci. Dia kemudian memberikan perumpamaan layaknya buku yang berisi kalimat syahadat namun tetap tak dianggap suci.

"Makanya saya katakan yang nggak suci azannya. Misalnya begini, ada sebuah buku, di dalam buku itu ada syahadat. Menjadi suci atau nggak buku itu karena buku itu hanya di dalamnya ada syahadat. Kalau saya berbicara kemudian dalam pidato itu saya mengutip ayat-ayat Alquran, apakah pidato itu menjadi suci, kan tidak. Yang suci itu adalah ayat Allah, kalimat Allah itu suci," papar dia.

Sebelumnya, Ade Armando dilaporkan terkait dugaan penodaan agama ke Polda Metro Jaya oleh Denny Andrian Kusdayat. Ade dipolisikan gara-gara posting-nya di Facebook tentang 'Azan Tidak Suci'.

"Kalau di kalimatnya azan tidak suci, di Facebooknya dia. Berarti dia sudah melakukan penodaan," kata Denny di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu.

Laporan Denny tertuang dengan Nomor Polisi TBL/1995/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 11 April 2018. Perkara yang dilaporkan adalah penyebaran kebencian yang bermuatan SARA dan/atau penodaan suatu agama pasal 28 ayat 2 Jo pasal 45 A ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 156 a KUHP.
Editor: Bobby Satia

Sumber: Detik.com

  BacaJuga
  • Ngabalin Jadi Komisaris AP I, Elite PD: Rezim Bagi-bagi Kursi!

    Kamis, 19 Jul 2018 21:57

    Jakarta - Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin kini menjabat anggota Dewan Komisaris PT Angkasa Pura I. Elite Partai Demokrat menyindir pengangkatan

  • Ali Mochtar Ngabalin Jadi Komisaris Angkasa Pura I

    Kamis, 19 Jul 2018 21:53

    Liputanrriau.com, Jakarta - Kementerian BUMN mengumumkan perubahan susunan komisaris PT Angkasa Pura I (Persero) di mana terdapat tiga nama baru menduduki posisi Komisaris, yaitu Djoko Sasono, Tr

  • Fahri Hamzah: OTT KPK Merupakan Skenario Intelijen

    Sabtu, 14 Jul 2018 16:53

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah angkat bicara mengenai operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap sejumlah anggota dewan.Terbar

  • Fahri Hamzah: Ibu Susi Bikin Nelayan Sengsara

    Kamis, 12 Jul 2018 14:07

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah perang mulut dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Twitter. Tanpa basa-basi, Fahri pun membeberkan sejumlah kesalahan Susi.F

  • Polisi Bersenjata Masuk Unri Geledah Teroris, Fahri Hamzah Protes

    Minggu, 03 Jun 2018 00:53

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memprotes polisi yang membawa senjata saat menggeledah terduga teroris di Universitas Riau (Unri) di Pekanbaru. Menurutnya, senjata yang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.