• Home
  • Nasional
  • Setelah Politikus Sontoloyo, Jokowi Sebut Politik Genderuwo

Setelah Politikus Sontoloyo, Jokowi Sebut Politik Genderuwo

Jumat, 09 Nov 2018 17:57
Dibaca: 320 kali
BAGIKAN:
Presiden Joko Widodo
Liputanriau.com, Jakarta - Usai polemik ihwal politikus sontoloyo, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyindir aksi para politikus yang gemar menyebar propaganda menakutkan. Jokowi menyebut cara politikus tersebut sebagai politik genderuwo.

"Coba kita lihat politik dengan propaganda menakutkan, membuat ketakutan, kekhawatiran. Setelah takut yang kedua membuat sebuah ketidakpastian. Itu sering saya sampaikan itu namanya politik genderuwo," ujar Jokowi, Jumat, 9 November 2018.

Dalam mitor Jawa, Genderuwo adalah sejenis makhluk halus berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan menakutkan.

Menurut Jokowi, saat ini banyak politikus yang sering melontarkan pernyataan-pernyataan yang menakutkan, seperti genderuwo itu. Cara berpolitik semacam itu, kata Jokowi, bukanlah cara berpolitik yang beretika, karena masyarakat digiring ke arah ketidakpastian dan ketakutan sehingga terkesan kondisi Indonesia mencekam.

"Jangan sampai seperti itu. Masyarakat ini senang-senang saja kok ditakut-takuti. Iya tidak? Masyarakat senang-senang kok diberi propaganda ketakutan. Berbahaya sekali," tutur Jokowi.

Jokowi mengatakan, cara-cara seperti itu bisa memecah persatuan bangsa. Karena itu, Jokowi mengingatkan kepada masyarakat untuk berpikir kritis dan pintar dalam menghadapi situasi semacam itu.

Dia menekankan momen tahun politik hanya lima tahun sekali dan jangan sampai pesta demokrasi ini justru menimbulkan bibit-bibit perpecahan antar masyarakat.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Abdul Kadir Karding mengatakan, penyataan Jokowi tersebut sangat tepat menggambarkan situasi terkini. "Memang politik seharusnya menimbulkan kesenangan dan kegembiraan," ujar Karding saat dihubungi pada Jumat, 9 November 2018.
Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo

  BacaJuga
  • PSI Tuding Foto Syur Editan Grace Natalie Ulah Lawan Politik

    Rabu, 14 Nov 2018 18:37

    Liputanriau.com, Sleman - Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany, menuding editan foto syur Grace Natalie adalah perbuatan lawan politik yang tak suka dengan perjalanan PSI. Tujua

  • Fakta Terbaru Soal Video Panas Ahok dan Grace Natalie

    Minggu, 10 Jun 2018 00:55

    Liputanriau.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, Grace Natalie kembali buka suara setelah batas waktu yang dia berikan kepada pemilik akun Twitter Hulk habis. Akun itu diminta untuk

  • Pengakuan Ahok Setelah Isu Selingkuhan Grace Natalie

    Sabtu, 09 Jun 2018 13:49

    Liputanriau.com, Jakarta - Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, kembali menjadi buah bibir dalam kurun waktu beberapa hari terakhir.Itu setelah dua akun media sosia

  • Dituduh Selingkuh dengan Ahok, Grace Natalie Lapor Polisi

    Jumat, 08 Jun 2018 01:26

    Liputanriau.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie melaporkan dua akun media sosial yang menuduhnya telah berselingkuh dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.