• Home
  • Nasional
  • Soal Isu Pengaturan Skor Sepak Bola, Polisi Akan Panggil Sejumlah Orang

Soal Isu Pengaturan Skor Sepak Bola, Polisi Akan Panggil Sejumlah Orang

Jumat, 21 Des 2018 16:03
Dibaca: 402 kali
BAGIKAN:
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.
Liputanrirau.com, Jakarta - Bergulirnya isu panas terkait pengaturan skor di sepak bola Tanah Air direspon dengan cepat oleh pihak kepolisian. Hal itu ditunjukkan dengan memanggil sejumlah orang terkait dengan isu pengaturan skor yang belakangan ramai menjadi sorotan. 

Polri melalui satuan tugas (Satgas) untuk memerangi pengaturan skor memanggil lima orang untuk dimintai keterangan pada Jumat (21/12/2018) ini. Mereka adalah Ratu Tisha Destria (Sekjen PSSI), Berlington Siahaan (Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru/LIB), Januar Herwanto (Manajer Madura FC), Andreas Marbun (Sekjen Badan Olahraga Profesional Indonesia/BOPI), dan Richard Sam Bera (Ketua BOPI).

Dalam jadwal pemerikasaan yang didapatkan, kelima orang tersebut dimintai keterangan terkait dugaan terjadinya berupa penyuapan atau percobaan penyuapan yaitu memberi atau menjanjikan sesuatu kepada seseorang dengan maksud untuk membujuk supaya orang itu berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu dalam tugasnya, yang berlawanan dengan kewenangan atau kewajibannya yang menyangut kepentingan umum. Hal itu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 UU Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap. 

Kepastian diperiksanya Ratu Tisha beserta empat orang lainnya itu dibenarkan oleh Dirtipikor Bareskrim, Brigjen Erwanto. 

"Ya benar, diperiksa, sebagai saksi," ujar Erwanto, Jumat (21/12).

Tak hanya kelima orang tersebut, Bareskrim juga sudah menjadwalkan pemanggilan kepada saksi-saksi lainnya. Mereka adalah Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Dewa Broto yang dipanggil pada Rabu (26/12), CEO PT LIB Risha Adi Wijaya serta Wasit M. Reza Pahlevi dan Agung Setiawan pada Kamis (27/12), diikuti oleh Ketua Komisi Disiplin PSSI Asep Edwin, mantan Exco PSSI Hidayat dan Karo Hukum Kemenpora Sanusi yang dipanggil pada Jumat (28/12) mendatang. 

Sayangnya, Erwanto belum mau mengungkapkan pemeriksaan ini secara detil terkait pertandingan apa dan kapan. 

"Masih diselidiki," terang dia.
Editor: Bobby Satia

Sumber: Kumparan

  BacaJuga
  • Jelang Pemilu, KPK Banyak Terima Laporan Politik Uang

    Rabu, 27 Mar 2019 17:49

    Liputanriau.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif menyatakan bahwa banyak yang melaporkan soal politik uang menjelang Pemilu 2019 ke lembaganya. "Saya ingin jela

  • Panwaslu Amankan 9 Mobil Box dan 11 Karung Sembako dari Simpatisan Ahok-Djarot

    Senin, 17 Apr 2017 13:57

    Liputanriau.com, Jakarta - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jakarta Barat menemukan sembilan mobil box dan sebelas karung berisi sembako yang hendak dibagikan sejak Minggu (16/4/2017).Ketua Panwaslu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.