• Home
  • Nasional
  • Spot Terbaik Nikmati Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon

Spot Terbaik Nikmati Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon

Rabu, 31 Jan 2018 13:20
Dibaca: 182 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Jakarta - BMKG menyarankan sejumlah spot terbaik bagi masyarakat yang ingin melihat keindahan gerhana bulan istimewa yang dijuluki Super Blue Blood Moon nanti malam, 31 Januari 2018. Juru bicara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Djatmiko menyarankan agar masyarakat mendatangi kawasan pantai atau puncak gedung tinggi yang tak terhalang bangunan lain.

"Spot yang terbaik untuk melihatnya di pantai dan gedung tinggi. Di sana gerhana bulan akan enak dilihat," kata Hary saat dihubungi Tempo, Selasa, 30 Januari 2018.

Kondisi cuaca saat sore sampai malam akan didominasi pada keadaan cerah berawan. Artinya, masyarakat masih bisa menyaksikan pemandangan langka yang terjadi bisa ratusan tahun sekali itu. "Kalau mau melihat tidak mungkin sepanjang waktu. Sebab kadang tertutup awan kadang tidak," ucapnya.

Jika ingin menyaksikan fenomena ini dengan jelas, masyarakat dianjurkan mendatangi Planetarium di Taman Ismail Marzuki yang mempunyai teropong untuk melihatnya. "Di sana bisa full. Kalau dengan mata telanjang ada syarat dan ketentuan berlaku, yaitu cuacanya cerah."

Menurut Hary, fenomena gerhana bulan bisa disaksikan mulai pukul 17.00-23.00 WIB. Bahkan, untuk supermoon bisa dilihat sampai dini hari.

Selain itu, penampakan fenomena malam ini menjadi spesial karena tiga kejadian alam yaitu gerhana bulan, supermoon, dan bluemoon akan terjadi dalam waktu yang bersamaan. Namun, masyarakat juga diimbau agar mewaspadai dampak gerhana, seperti air pasang.

"Terutama di kawasan Pantai Utara dan Muara Karang dan sekitarnya," kata jubir BMKG ini. "Kondisi gerhana bulan terakhir pada 3-4 Desember kemarin, menimbulkan rob, meski tidak hujan di kawasan Sunda Kelapa dan Muara Karang."

Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo

  BacaJuga
  • Komjen Syafruddin Resmi Jadi Menteri PAN-RB

    Rabu, 15 Agu 2018 16:31

    Liputanriau.com, Jakarta - Syafruddin resmi menjadi menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Komjen Polri itu diambil sumpahnya oleh Presiden Joko Widodo,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.