• Home
  • Olahraga
  • 5 Aksi Malaysia di SEA Games Ini Bikin Geram Indonesia

5 Aksi Malaysia di SEA Games Ini Bikin Geram Indonesia

Rabu, 23 Agu 2017 19:45
Dibaca: 259 kali
BAGIKAN:
SEA Games 2017

Liputanriau.com - Ajang olahraga dua tahunan, SEA Games 2017 yang diselenggarakan di Malaysia menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia.

Pasalnya, banyak sejumlah insiden fatal dibuat oleh Negeri Jiran yang ditujukan kepada Indonesia. Entah disengaja atau tidak, namun berbagai kecurangan tersebut berdampak bagi Indonesia.

Tak heran, jika masyarakat Indonesia dibuat geram atas aksi kecurangan yang dibuat Malaysia. Lantas, apa saja kecurangan demi kecurangan yang dilakukan Malaysia?berikut rangkumannya.

1. Sepak Takraw Putri Dicurangi

Timnas sepak takraw putri Indonesia menyatakan mundur Walk Out (WO) dari arena pertandingan saat menghadapi Malaysia pada SEA Games 2017 di Titiwangsa Indoor Stadium Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017).

Mundurnya timnas sepak takraw ini disebabkan beberapa hal yang diantaranya adalah terkait dengan kepemimpinan wasit asal Singapura, Muhammad Radi yang dinilai banyak merugikan timnas Indonesia.

Timnas sepak takraw putri mundur dari jalannya pertandingan pada set kedua. Tanda-tanda hal yang kurang menguntungkan sebenarnya terjadi sejak set pertama yang akhirnya dimenangkan oleh tuan rumah Malaysia dengan skor 22-20. Kondisi tersebut berlanjut hingga akhirnya memutuskan meninggalkan pertandingan.

2.Bendera Indonesia terbalik di Buku Panduan

Dalam buku panduan SEA Games 2017 terjadi kesalahan cetak bendera Indonesia. Dalam buku tersebut tercetak bendera Indonesia bukannya merah putih melainkan putih merah.

Kejadian bendera Indonesia terbalik memang sempat membuat panas hubungan kedua negara. Warga negara Indonesia pun dibuat kesal atas keteledoran panitia SEA Games 2017.

Insiden bendera terbalik itu sendiri menjadi buah bibir sejak Sabtu (19/8/2017), saat buku panduan SEA Games dibagikan kepada para tamu undangan di acara pembukaan yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil.

Terkait insiden tersebut, Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairy Jamaluddin langsung meminta maaf kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi. Dalam jumpa pers, Khairy juga berjanji akan segera mencetak ulang buku tersebut.

3.Bendera Indonesia terbalik di surat kabar Malaysia

Belum selesai bendera Indonesia terbalik di buku panduan. Kini, beredar foto sebuah koran Malaysia memuat bendera Merah Putih secara terbalik.

Dalam foto yang beredar di media sosial, surat kabar Malaysia yang diketahui bernama "Koran Metro" memuat bendera Merah Putih terbalik sehingga serupa dengan bendera Polandia.

Foto itu termuat dalam infografik koran tersebut, yang memuat peluang negara-negara yang mengikuti SEA Games di Kuala Lumpur. Infografis itu sendiri berjudul "Mencari Jagoan".

4. Kehabisan Makanan di hotel

Tim nasional sepakbola U-22 Indonesia besutan Luis Milla Aspas kehabisan makanan di Hotel Royal Chulan, Kuala Lumpur.

Foto timnas hanya makan roti sisa tersebut dituliskan di laman Lentera TV di Facebook pada Minggu (20/8/2017). Kisah tersebut dengan cepat menyebar dan menjadi viral di media sosial

Hingga akhirnya Pelatih dan asisten Timnas Indonesia U22 mengambil roti-roti sisa karena tidak mau melihat anak asuhnya kelaparan.

Menanggapi hal tersebut, pihak hotel membantah telah memberikan makanan sisa kepada para punggawa Garuda Muda dan mencoba untuk mengklarifikasi masalah tersebut.

"Royale Chulan amat bangga telah dipilih oleh tim Indonesia sebagai hotel resmi selama SEA Games Kuala Lumpur. Hotel kami berkomitmen penuh untuk mendukung dan solidaritas untuk tim Indonesia,"ujar pernyataan pihak hotel.

5.Bendera Indonesia dan Thailand tertukar

Kesalahan pihak Sea Games tak hanya bendera Indonesia saja yang terbalik melainkan juga tertukarnya bendera Indonesia dan Thailand di buku panduan Sea Games 2017.

Terbaliknya bendera tersebut terjadi pada halaman 40, di mana nama negara Indonesia menjadi juara umum SEA Games tahun 2011 dengan menduduki posisi pertama. Indonesia meraih 182 medali emas, 151 perak, dan 145 perunggu.

Sayangnya, pada gambar bendera negara yang seharusnya dipasang bendera Indonesia justru dipasang gambar bendera negara Thailand. Begitu juga sebaliknya, pada posisi kedua yang ditempati oleh Thailand justru dipasang bendera Indonesia.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Suara.com

  BacaJuga
  • Dicurigai Bantu Dovizioso, Ini Pembelaan Lorenzo

    Minggu, 29 Okt 2017 17:21

    Liputnriau.com, Sepang - Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, gagal menjadi yang tercepat pada balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10/2017). X-Fuera dicurigai sengaja mengalah demi membant

  • MotoGP Malaysia: Andrea Dovizioso Tunda Pesta Marc Marquez

    Minggu, 29 Okt 2017 17:18

    Liputanriau.com, Sepang - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjuarai balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10/2017). Kemenangan Dovi membuat pacuan juara dunia dengan Marc Marquez ber

  • Gagal Rebut Pole MotoGP Malaysia, Marc Marquez Frustrasi

    Sabtu, 28 Okt 2017 20:15

    Liputanriau.com, Sepang - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mendapatkan hasil kurang memuaskan pada sesi kualifikasi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (28/10/2017). The Baby Alien hanya menem

  • Marquez Menangi MotoGP Australia Berkat Strategi Cerdas

    Minggu, 22 Okt 2017 18:15

    Liputanriau.com, Melbourne - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menerapkan startegi yang tepat sehingga mampu menjuarai balapan MotoGP Australia yang berlangsung ketat di Sirkuit Phillip Island, Ming

  • Rossi Tak Yakin Bisa Menangi MotoGP Australia

    Sabtu, 21 Okt 2017 21:56

    Liputanriau.com, Melbourne - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, pesimistis punya peluang memenangi MotoGP Australia, Minggu (22/10/2017). Dia merasa Yamaha perlu menemukan sesuatu untuk membuat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.