• Home
  • Olahraga
  • Lorenzo Akhiri Puasa Gelar, Rossi Rebut Podium MotoGP Italia

Lorenzo Akhiri Puasa Gelar, Rossi Rebut Podium MotoGP Italia

Minggu, 03 Jun 2018 19:58
Dibaca: 152 kali
BAGIKAN:
Jorge Lorenzo, mengakhiri puasa gelar dengan menjuarai balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018).
Liputanriau.com, Mugello - Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, mengakhiri puasa gelar dengan menjuarai balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018). Sementara Valentino Rossi ikut naik podium setelah finis di posisi ketiga. 

Lorenzo menyelesaikan balapan yang berlangsung 23 lap itu dengan catatn waktu 41 menit 43,230 detik. Dia unggul 6,370 detik atas rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

Sementara Rossi yang mengawali balapan dari pole position harus berjuang keras untuk mengamankan posisi ketiga. Dia terpaut 6,629 detik dari Lorenzo.

Nasib apes dialami Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda tersebut finis di luar 10 besar setelah mengalami insiden pada awal balapan. 

Hasil kurang memuaskan juga diraih rekan setim Valentino Rossi, Maverick Vinales. Dia menempati posisi kedelapan di belakang Andrea Iannone, Alex Rins, Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci. 

Jalannya Balapan

Jorge Lorenzo melakukan start dengan baik. Dia berhasil melewati Valentino Rossi sebelum melewati tikungan pertama.

Pada tikungan kedua, Petrucci terlibat senggolan dengan Marquez. Alhasil Petrucci melebar dan melorot posisinya.

Dani Pedrosa menjadi pembalap pertama yang mengalami insiden. Dia terjatuh pada lap pertama. Tak lama berselang, Karel Abraham yang terjatuh di tikungan ke-15. Jack Miller juga mengalami nasib serupa di tempat yang berbeda.

Pada lap kedua, Marquez berhasil menyalip Rossi. Dia melakukan manuver apik di tikungan pertama.

Ganasnya Sirkuit Mugello kembali memakan korban. Kali ini pembalap Marc VDS, Thomas Luthi, yang harus mencium aspal.

Nasib apes dialami Marquez pada lap ke-empat. Dia melebar dan terjatuh di gravel pada tikungan ke-10. Posisinya melorot hingga paling belakang.

Saat balapan tersisa 17 lap, Rossi kembali melorot ke posisi tiga. Kali ini The Doctor disalip Andrea Dovizioso yang mengawali balapan dari posisi ketujuh.

Tak lama berselang, pembalap asal Italia itu melakukan kesalahan fatal. Dia terlalu melebar saat hendak melahap tikungan. Posisinya pun direbut Andrea Iannone.

Saat Rossi kian terpuruk, Lorenzo kian tak terbendung. Pembalap asal Spanyol itu kian memperlebar jarak dengan Dovizioso dan Iannone. 

Pada lap ke-12, Rossi sempat melewati Iannone. Namun, tak lama dia justru disalip dua pembalap sekaligus, yaitu Iannone dan Danilo Petrucci. The Doctor melorot ke posisi lima.

Satu lap berselang, Rossi mampu memperbaiki posisinya. Dia melakukan manuver brilian untuk menyalip Iannone dalam perebutan posisi keempat. 

Persaingan sengit terjadi antara Rossi dan Iannone serta Alex Rins. Ketiga pembalap tersebut bersaing ketat dalam perebutan posisi keempat. Mereka terlibat aksi saling salip.

Hingga balapan tersisa tujuh lap, Rins berada di posisi kempat. Rossi berada di posisi kelima, sedangkan Iannone satu strip di bawahnya. Namun, tak butuh waktu lama buat The Doctor merangsek ke posisi empat setelah menyalip Rins.

Satu lap berselang, giliran Petrucci yang diasapi Rossi. Nasibnya kian apes setelah Rins juga melakukan hal yang sama. 

Pada lap ke-19, Iannone mencoba untuk menyalip Rossi. Namun, aksinya gagal berbuah manis. Dia terlalu melebar hingga kembali disalip pembalap berusia 37 tahun tersebut.

Saat perebutan posisi ketiga menyajikan tontonan menarik, tak demikian dengan posisi pertama dan kedua. Dua pembalap Ducati begitu nyaman berada di depan.

Lorenzo tak terkejar di posisi pertama hingga balapan terakhir. Sedangkan Dovizioso sudah puas menempati posisi kedua. 

Rossi berusaha untuk mengejar Dovizioso jelang garis finis namun gagal. The Doctor hanya mampu mempertahankan posisi ketiga, di depan Iannone dan Rins.

Marquez berhasil menyelesaikan balapan meski harus puas menempati posisi ke-15. 
Editor: Bobby Satia

Sumber: Bola.com

  BacaJuga
  • Kalahkan Australia Hingga AS, Prajurit TNI Juara Umum di Lomba Tembak

    Senin, 29 Mei 2017 13:06

    Liputanriau.com, Jakarta - Penembak TNI AD kembali menjadi juara umum pada Lomba Tembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2017.  Kontingen TNI AD yang dipimpin Letkol Inf  Jos

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.