Perubahan Aturan Kartu Merah Disetujui FIFA

Selasa, 08 Mar 2016 00:00
Dibaca: 122 kali
BAGIKAN:
LIPUTANRIAU.COM, JAKARTA - Akan ada sejumlah perubahan aturan permainan pada Piala Eropa 2016 di Peranci, Juni mendatang. Salah satunya yang sudah disetujui federasi sepak bola dunia (FIFA) adalah soal revisi pemberian kartu merah terhadap pemain.

Sebelumnya, badan asosiasi sepak bola internasional (IFAB) sudah melakukan revisi aturan kartu merah. Salah satu yang direvisi adalah ketentuan wasit untuk memberikan kartu merah langsung atau tidak.

IFAB sendiri merupakan otoritas yang berhak menentukan aturan permainan sepak bola yang berlaku di seluruh dunia.

Dalam aturan permainan yang baru, pemain belakang terakhir yang melakukan pelanggaran terhadap striker tak langsung mendapatkan kartu merah. Namun, hal itu tidak berlaku bagi pelanggaran serius atau hand-ball di dalam kotak penalti.

Selama pelanggaran itu dinilai tidak ada tujuan untuk mencelakai pemain dan hanya berupaya mengincar bola, wasit hanya akan memberikannya kartu kuning.

Hand-ball selain di dalam kotak penalti yang hanya sedikit mengganggu jalannya pertandingan juga hanya akan dikenai kartu kuning.

Selain kartu merah, ada aturan lainnya yang juga kabarnya akan diterapkan pada Piala Eropa 2016 mendatang. Ya, revisi aturan tersebut menyangkut jumlah maksimal pergantian pemain.

Jika sebelumnya hanya tiga pemain, ke depannya maksimal empat pergantian pemain yang diperbolehkan dalam aturan permainan yang baru.

IFAB kabarnya sedang mempertimbangkan untuk membuat aturan pergantian pemain keempat pada babak tambahan waktu atau di luar laga normal 90 menit.

Seperti disampaikan Calcio e Finanza yang dikutip dari Football Italia, aturan pergantian maksimal empat pemain ini bahkan nantinya bisa diterapkan bukan hanya di babak tambahan waktu, melainkan di waktu normal.

Bahkan, dikabarkan aturan pergantian pemain tersebut bertambah menjadi maksimal lima pemain.

Perdebatan soal revisi aturan ini pun masih berlangsung karena akan sangat berpengaruh terhadap strategi di lapangan dari masing-masing tim.

(cnn indonesia)
  BacaJuga
  • Nicky Hayden Meninggal Dunia, Ini Curhat Rossi

    Kamis, 25 Mei 2017 13:17

    Liputanriau.com - Valentino Rossi adalah salah satu pembalap yang sangat berduka atas meninggalnya Nicky Hayden. Setelah lama bungkam, Rossi akhirnya angkat bicara mengenai Hayden. Hal itu d

  • Juara MotoGP 2006, Nicky Hayden, Meninggal Dunia

    Selasa, 23 Mei 2017 01:26

    Liputanriau.com, Cesena - Dunia balap motor kembali berduka. Juara MotoGP 2006, Nicky Hayden, meninggal dunia pada Senin (22/5/2017), di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena.Seperti diketahui, Hayden

  • MotoGP Prancis: Vinales Juara, Rossi dan Marquez Terjatuh

    Minggu, 21 Mei 2017 22:16

    Liputanriau.com, Le Mans - Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, menjuarai MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (21/5/2017), dengan catatan waktu 43 menit 29,793 detik. Vinales jadi kampiun

  • MotoGP Prancis: Vinales dan Rossi Rebut Posisi Start 1-2

    Minggu, 21 Mei 2017 02:56

    Liputanriau.com, Le Mans - Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, merebut pole position MotoGP Prancis setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Sabt

  • Bos Yamaha Tech 3 Ungkap Kontrak Calon Pengganti Rossi

    Jumat, 12 Mei 2017 14:29

    Liputanriau.com, Jerez - Bos Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, mengakui hanya mengikat Johann Zarco dengan kontrak selama satu musim. Namun, dia tak khawatir bakal kehilangan pebalap yang jadi kandidat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.