Mengajarkan Anak Puasa Pertama

Selasa, 23 Mei 2017 13:42
Dibaca: 108 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com - Anak berusia empat atau lima tahun sebenarnya sudah mulai bisa diajarkan untuk berpuasa. Ada beberapa hal yang perlu diketahui orangtua saat mengajarkan anak puasa pertamanya ini. 

Psikolog Roslina Verauli mengatakan, orangtua harus ingat bahwa di usia itu anak masih dalam taraf meniru dan mencoba. "Ketika mereka sudah terlihat letih di pertengahan siang, boleh loh diajarkan buka setengah hari. Tujuannya apa? buat kenal dulu. Jadi enggak usah dipaksain, puasa dulu satu hari," kata Vera di acara Bebelac 'Juara Hebat Kebaikan" di Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017).

Menurut dia, rasa ingin tahu anak akan muncul setelah dia melihat aktivitas orangtua sejak dini. Misalnya saja melihat kesibukan sahur dan berbuka puasa, atau melakukan Tarawih bersama. Rasa ingin tahu itu pun harus direspon dengan baik, misalnya beri jawaban yang tepat jika anak bertanya tentang puasa. 

Pada masa percobaan puasa anak, di usia balita ini mereka belum mengetahui makna dari puasa selain tidak makan dan minum.

"Pada umur 4-5 tahun, mereka modelling banget. Di usia 6-7 tahun, mereka akan mencoba menyamakan diri mereka dengan orang lain dan menyatu dengan orang sekitar," kata pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara ini.

Vera tak menganjurkan orangtua untuk memaksakan anak untuk berpuasa penuh di usia empat sampai lima tahun. Sebab, dampak dari paksaan bisa berakibat pada persepsi negatif anak. Biarlah keinginan berpuasa itu datang dari dalam dirinya.

"Termasuk tentang puasa juga akan negatif karena dipaksakan. Dia akan tampil baik di depan, di belakang enggak tahu," ujar dia.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Kompas.com

  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.