99 Milyar DBH Triwulan ke II Masuk Ke Kasda Rohil

Oleh: Ulung
Kamis, 15 Jun 2017 14:18
Dibaca: 730 kali
BAGIKAN:
Sekda Rohil Drs.Surya Arfan MSi
Liputanriau.com,Rohil - Akhirnya pusat mentransfer Dana Bagi Hasil (DBH) Triwulan II Tahun 2017. Jumlah yang dikirim sebanyak 99 milyar dan masuk pada Senin awal pekan lalu. Demikian dikatakan Sekretris Daerah (Sekda) Rohil, Drs H Surya Arfan M.Si, Kamis (15/06/2017) di Bagansiapiapi.

"Uang sudah masuk 99 milyar, jadi tentang tunda bayar tidak ada masalah lagi dan dananya sudah tersedia. hanya saja menunggu kelengkapan administrasi untuk mencairkan," kata Sekda. 

Sekda menambahkan, untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Bagian-Bagian Setda yang menangani tentang tunda bayar agar lebih bekerja ekstara sehingga tunda bayar sudah bisa diangsur dibayarkan. 

"Secara jumlah total tunda bayar kita 319 milyar, namun dengan masuknya dana 99 milyar ini kita yakin sudah bisa diangsur dengan catatan adminsitarsi sudah lengkap sebelum libur lebaran," jelasnya.

OPD tersebut merupkan yang memiliki proyek 2016 dan pembayarannya belum dilakukan serta dana kantor OPD itu sendiri agar mengesa pengerjaan administasi. 

"Terutama inspektorat sebagai institusi yang mengaudit hasil pekerjaan serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah yang memproses pencairannya," kata Sekda. 

Ia juga meminta para rekanan mengerti bahwa masa pencairan ini butuh proses, apabila lengkap dipastikan dana bisa dicairkan meksipun belum sepenuhnya. Namun audit Inpaktorat juga menjadi acuan apakah proyek yang dibangun sudah sesuai dengan rencana dan total anggaran yang dikerjakan. 

Sementara itu Kepala BPKAD Rohil. H Syafruddin, HS juga membenarkan bahwasanya dalam bulan ini sudah dua kali dana masuk, sekali dari DBH dan sekali dari sektor pajak. 

"DBH tahap II 99 milyar sedangkan 54 milyar lagi pekan lalu dari Pajak PBB Kehutanan, Perkebunan dna Perikanan," kata Syafruddin. 

Pihaknya juga siap lembur dalam sepekan terakhir ini untuk memproses setiap adminsitasri yang masuk dari setiap OPD maupun Bagian sehingga uang bisa dicairkan sebelum masuk musim libur lebaran. "Kita akan proses yang lengkap dan cepat, jadi kita minta OPD segera lengkapi semua persyaratan adminsitrasi pencairannya." pungkasnya.***
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.