• Home
  • Pemerintahan
  • Ketua Solidaritas Penyandang Disabilitas Manado Kunjungi DPRD Pekanbaru, Ini Kesannya..

Ketua Solidaritas Penyandang Disabilitas Manado Kunjungi DPRD Pekanbaru, Ini Kesannya..

Kamis, 16 Mar 2017 16:31
Dibaca: 20 kali
BAGIKAN:
PEKANBARU - Setelah mengunjungi beberapa wilayah di Indonesia, hari ini Kamis (16/3/2017) Ketua Solidaritas Penyandang Disabilitas Manado Ramjam Mohammad mampir ke DPRD Kota Pekanbaru. Ramjam membawa visi memperjuangkan hak-hak Disabilitas yang selama ini dinilai kurang mendapat perhatian.

Kedatangan Ramjam seorang diri ini langsung disambut oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Ir Nofrizal MM dan anggota lainnya seperti Zainal Arifin dan Tarmizi Muhamad.

Sebelum ke Kota Pekanbaru, Ramjam mengaku sudah mampir terlebih dahulu ke beberapa daerah di Provinsi Kepulauan Riau seperti Batam dan Natuna. Di Kota Pekanbaru Ramjam mengaku menemukan banyak kendala, diantaranya tidak tersediannya fasilitas publik untuk para penyandang disabilitas.

"Sudah 30 provinsi yang saya singgahi, dan setiap provinsi ada dua atau tiga kabupaten/kota untuk saya menyampaikan aspirasi, makanya hari ini saya temui DPRD Kota Pekanbaru untuk bersuara agar dalam rapat-rapat nanti bisa memperjuangkan hak-hak disabilitas," ungkap Ramjam.

"Kota Pekanbaru sendiri terus terang kita menilai, akses, sarana prasarana untuk para penyandang disabilitas sangat kurang, beda dengan Batam yang sudah bagus fasilitas publik, khususnya untuk penyandang disabilitas seperti saya," katanya jujur.

Untuk itu, dari kunjungan ini Ramjam berharap setiap daerah bisa ikut memperjuangkan hak-hak kaum disabilitas sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

Ramjam juga mengatakan bahwa saat ini penyebutan nama penyandang cacat sudah diubah menjadi penyandang disabilitas, sesuai dengan Undang-Undang. "Penyandang disabilitas ini tidak minta dikasihani, tetapi mereka minta dibina, diberikan keterampilan agar bisa hidup mandiri, dan yang paling penting juga sarana dan prasarana untuk disabilitas juga harus diperjuangkan," bebernya.

Berbekalkan kursi roda dan berbagai keperluan pribadi lainnya, Ramjam berencana akan menggunjungi beberapa wilayah lainnya yaitu Banda Aceh, Papua, dan Papua Barat.

Terkait hal ini, Komisi III DPRD Kota Pekanbaru akan memperjuangkan hak penyandang disabilitas ini. Sebab, perhatian pemerintah terhadap penyandang disabilitas dinilai masih sangat minim, untuk itu, berdasarkan amanah Undang-Undang Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas, DPRD kota Pekanbaru bertekad akan memperjuangkan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Pekanbaru tentang disabilitas tersebut.

"Kita menilai pembentukan Ranperda penyandang disabilitas sangat penting, terutama memberikan perlindungan dan terpenuhinya hak-hak kaum difabel di Kota Pekanbaru," ungkap Zainal Arifin, Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru.

Untuk itu, Politisi Gerindra ini akan membicarakan lebih lanjut dengan pihak eksekutit untuk pembentukan Ranperda Disabilitas agar penyandang disabilitas memiliki hak perlindungan yang sama.

"Kita akan perjuangkan, karena ini amanah Undang-Undang nomor 8 Tahun 2016, makanya nanti kita akan coba bicarakan dengan dinas terkait untuk membuat semacam pangajuan dan di Prolegda-kan di tahun 2018," paparnya.

Menurut Zainal lagi, dengan adanya Ranpeda yang mengatur penyandang disabilitas ini nantinya diharapkan bisa memberi ruang gerak, perlindungan bahkan dapat diberi pembinaan khusus agar bisa hidup mandiri.

"Fasilitas publik dan anggaran untuk penyandang disabilitas ini bisa dikatakan tidak ada, makanya nanti kita akan buat perdanya, minimal tahun 2018 mendatang sudah diajukan," pungkasnya.
  BacaJuga
  • Pemkab Rohul Gelar Simulasi Kesiagaan Menghadapi Bencana Alam Dihadiri Danramil 02 Rambah

    Rabu, 26 Apr 2017 21:33

    ROKAN HULU - Tim gabungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul) mengelar simulasi penanganan bencana gempa dan kebakaran di Pasar Modern Pasir Pengaraian, Rabu (26/4/2017). Simulasi ini sebagai bentuk kesiapsiaga

  • Penerjun TNI AU Tersangkut di Pohon dan Tiang Listrik

    Kamis, 06 Apr 2017 16:09

    Liputanriau.com, Jakarta - Ratusan penerjun dari TNI Angkatan Udara tengah berlatih untuk persiapan menyambut HUT TNI AU pada 9 April mendatang. Namun, aksi latihan para penerjun tak mulus dan terhala

  • Putra Asli Kampar Resmi Menjadi Danyon 132 Bima Sakti

    Selasa, 04 Apr 2017 14:53

    SALO - Serah terima jabatan komandan Batalyon Infanteri 132 Bima Sakti, Salo, dari Letkol Inf Nurul Yakin MA kepada Mayor Inf Aidil Amin SIP berjalan lancar. Sertijab ini dipimpin Komandan Korem 031/W

  • Bupati Siak Pimpin Rapat Persiapan Kunjungan Panglima TNI

    Rabu, 29 Mar 2017 17:19

    Liputanriau.com-SIAK-Bupati Siak H Syamsuar pimpin Rapat Persiapan Penyambutan Kunjungan Panglima TNI ke Kabupaten Siak, Rabu (29/3/17) bertempat di Ruang Rapat Sri Indrapura Kantor Bupati Siak.Dikata

  • Kodim 0303/Bengkalis bersama Masyarakat Selesaikan TMMD Ke-97

    Rabu, 12 Okt 2016 22:49

    Liputanriau.com-BENGKALIS-Upaya prajurit Kodim 0303/Bengkalis, dalam bergotong-royong menyelesaikan tahap akhir pengerjaan TMMD ke 97 yang bekerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait sangat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.