• Home
  • Pemerintahan
  • Kunjungi DPM-PTSP Pekanbaru, Peserta Rakornas PTSP Se-lndonesia Trik Jitu Layani Masyarakat

Kunjungi DPM-PTSP Pekanbaru, Peserta Rakornas PTSP Se-lndonesia Trik Jitu Layani Masyarakat

Oleh: Tamam
Selasa, 20 Feb 2018 16:21
Dibaca: 1.176 kali
BAGIKAN:
Liputanriau.com,PEKANBARU - Para peserta Rakornas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) berkesempatan melihat langsung pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, Selasa (20/2/2018) . Apalagi sebagai salah satu PTSP terbaik di Indonesia, Kota Pekanbaru turut menjadi role model.

Salah satu Kasubdit di Dirjen BAK, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Yudia Ramli saat mendampingi 544 pemerintah daerah dalam kunjungan ke DPM-PTSP Kota Pekanbaru, mengakui jika Pekanbaru merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Sehingga bisa para peserta bisa melihat langsung penerapan PTSP yang sudah dibahas dalam salah satu materi pada Rakornas PTSP.

"Kota Pekanbaru termasuk yang terbaik di Indonesia dan pelayanannya sudah prima. Sehingga teman-teman dari daerah lain ada yang merasa datang kesini mendapatkan banyak pengalaman," ujar Yudia Ramli disela-sela kunjungan ke DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

Disisi lain, Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru, M Jamil mengatakan pada dinas yang dipimpinnya, pelaksanaan pelayanan yang ada di Kota Pekanbaru mulai dari pemberkasan hingga izin itu dikeluarkan dilayani oleh DPM-PTSP. Apalagi pelayanan tersebut merupakan tanggungjawab kepada masyarakat dengan memberikan berbagai kemudahan.


"Sehingga menjadi ramai masyarakat melakukan pengurusan perizinan di Kota Pekanbaru. Terkait kunjungan hari ini karena sudah kita jelaskan kemarin dalam pemaparan di Rakornas PTSP dan saat ini ke lapangan, betul tidak apa yang disampaikan kepada mereka," jelas Jamil.

Sebagai role model di seluruh Indonesia, pelayanan di DPM-PTSP Kota Pekanbaru bisa ditiru oleh DPM-PTSP yang ada di seluruh Indonesia. Hal ini, kata M Jamil, bisa dilihat dari pelayanan yang diberikan. Kemudian proses perjalanan kertas administrasi perizinan diproses sesuai SOP yang ditetapkan.

"Biasanya mengurus perizinan agak lama. Sekarang kita pangkas menjadi lebih cepat. Maka dari situ kita dianggap lebih cepat memberikan perizinan karena sesuai dengan SOP yang kita berikan," tambahnya.


Ditemui terpisah, salah satu peserta Rakornas PTSP yang juga Kepala DPM-PTSP Kota Solok, Yosmaini mengakui pelayanan di DPM-PTSP Kota Pekanbaru jauh lebih baik. Iapun berkesempatan melihat proses pengurusan izin ke bebarapa stand.

"Pelayanannya bagus, karena setiap loket sudah ditentukan. Ketika orang datang diarahkan memenuhi persyaratan dan mengambil formulir. Kalau sudah langsung ditangani dengan cepat oleh petugasnya," tutupnya. *(dan) 
  komentar Pembaca
Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.