• Home
  • Pemerintahan
  • Sebanyak 101 Kepenghuluan Di Rohil Akan Melakukan Pilkades Serentak

Rakor Pilkades

Sebanyak 101 Kepenghuluan Di Rohil Akan Melakukan Pilkades Serentak

Oleh: Ulung
Kamis, 13 Jul 2017 15:20
Dibaca: 173 kali
BAGIKAN:
Bupati Rohil H Suyatno bersalaman usai membuka rakor Pilkades.
Liputanriau.com,Rohil - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp membuka secara resmi rapat koordinasi pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak. Dari 18 Kecamatan yang ada, tercatat 101 kepenghuluan/desa yang akan ikut melaksanakan pilkades serentak Tahap dua pada 06 Desember 2017 tersebut. Kamis (13/07/2017)

Peresmian turut hadir,Wakil Bupati Rohil Jamiludin, Ketua DPRD H Nasrudin Hasan, Kapolres Rohil Henry Posma Lubis, Dandim 0321 B Sukisworo, Sekda Rohil Surya Arfan, kepala dinas, seluruh camat, Pj penghulu serta seluruh BPKep dari 101 Kepenghuluan yang akan melaksanakan Pemeilihan.

Bupati Rohil H Suyatno dalam sambutan menegaskan bahwasanya raapat koordinasi terkasit pilkades tahap II ini sangat penting dilaksanakan,

"makanya untuk rapat kali ini dihadiri lansung oleh pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Rohil, dan disini nanti kami sangat membutuhkan masukan-masukan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkades serentak,"

Ia juga mengakui bahwasanya pelaksanaan ini sudah mengalami beberapa kali penundaan dikarnakan keuangan daerah yang sedang morat-marit, namun dikarnakan pelaksanaan ini untuk kepentingan masyarakat banyak dan juga tugas daerah, makanya mau tak mau, suka tak suka harus dilaksanakan juga di tahun ini.
 
"Hasil diskusi dengan sekda, dan kebetulan ada dana dan kita laksanakan ditahun ini juga," Sebut Bupati Rohil.

Pilkades tahap II ini lanjut Suyatno, dari 101 Kepenghuluan ada 501 tempat pemungutan suara (TPS) dan 176.595 daftar pemilih sementara (DPS). Jadi, untuk desa yang belum memiliki kode wilayah bisa bergabung dengan kecamatan induk atau berjalan sendiri. Sedangkan untuk biaya Pilpeng termasuk biaya kemanan, Pemkab Rohil telah menyediakan dananya. Diminta kepada PMD segera diproses dananya, supaya panitia cepat bekerja.

Sementara itu, Jasrianto, selaku Kabag Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dalam sambutannya mengungkapkan sebanyak 64 kepenghuluan/desa tahun 2016 lalu telah sukses melaksanakan tahapan Pilpeng serentak. Sementara tahun 2017 masih ada 101 Kepenghuluan lagi yang telah habis masa jabatannya dan saat ini telah diisi oleh pejabat sementara.
 
Untuk itu, perlunya dilakukan persiapan pembentukan panitia Pilpeng agar kedepan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Maka dari itu dia sangat mengharapkan adanya arahan Bupati. "Seyogyanya pelaksanaan Pilpeng ini sudah diprogramkan April lalu, karena adanya kendala anggaran baru ini bisa dilaksanakan," ungkap Jasrianto dalam laporan singkatnya.***
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.