Sempena HUT RI Kodim 0321 Rohil Gelar Doa Bersama

Oleh: Ulung
Kamis, 17 Agu 2017 21:07
Dibaca: 56 kali
BAGIKAN:
Suasana doa bersama di Makodim 0321 Rohil
Liputanriau.com,Rohil - Sesuai amanah dari Panglima besar TNI, Jendral Gatot Nurmantiyo, Markas Komando Militer (Makodim) 0321/Rokan Hilir (Rohil) menggelar doa bersama sempena memperingati HUT kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017. Kegiatan dipusatkan di Makodim 0321, Komplek perkantoran Batu Enam. Kamis (17/08/2017)  sore.

Turut hadir Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Bambang Sukisworo, Bupati Rokan Hilir H Suyatno  di wakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Fery Parya, Kapolres Rohil di wakili, Wakil Ketua DPRD Rohil, Abdul Kosim SE,  personel TNI/Polri, tokoh agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Budda, Konghucu dan Kakan Kemenag di wakili oleh ustad Zafikri SHi serta perwakilan Forkopimda lainya.

Dalam sambutannya, Letkol Arh Bambang Sukisworo mengatakan doa bersama ini digelar untuk keselamatan bangsa supaya bangsa Indonesia lebih kasih sayang lagi karena menurutnya saat ini bangsa Indonesia sedang di uji dari berbagai hal.


"Di media sosial bangsa Indonesia dikenal dengan orang yang ramah ramah. Tetapi di media sosial juga banyak orangnya  yang tidak ramah, katanya kasih sayang, tetapi nyatanya tidak kasih sayang," katanya.

Dandim menuturkan, acara ini digelar berdasarkan gagasan dari panglima TNI Gatot Nurmantiyo dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan republik Indonesia ke 72 demi kebaikan bangsa dan negara.

Mencegah berita Hoax dan paham radikal, saling menyalahkan dan Menurutnya  itu dapat dijadikan bahan perenungan dan kembali kepada fitrahnya masing masing. Bahkan pada jaman dirinya sewaktu kecil jarang ada kedengaran kejadian aksi pembakaran dan main hakim sendiri. 

"Untuk itu kita bermunajat sesuai dengan keyakinan kita masing masing. Kita berharap kegiatan ini saling  mempererat tali hubungan silaturahmi kita agar bisah lebih kasih sayang, kalau di agama Islam itu kita mengedepankan Islam yang rahmatan lil alamin, rasul sendiri juga mengedepankan ajaran seperti itu," ujar Dandim.

Masih kata Dandim, seperti halnya di ajaran Kristen itu adalah cinta kasih, Budda mengajarkan agar kita lebih welas asih agar  bisa mencapai nirwana (sorga) sesuai dengan doktrin dan kepercayaan.

Dandim menambahkan, kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari instansi militer, di seluruh masjid, rumah rumah ibadah lain, seluruh polsek dan Polres.

Saat pelaksanaan doa bersama, pihak kodim juga menyediakan tempat khusus bagi masing masing agama untuk menggelar doa bersama. Acara berlangsung khidmad.

Usai menggelar doa bersama acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, ramah tamah dan bersantap bersama personel TNI/Polri, para tokoh agama, tokoh masyarakat membaur menjadi satu. Uniknya, makan bersama bukan menggunakan piring melainkan menggunakan daun pisang.

Sekitar pukul 18.00 WIB acara di tutup dengan melakukan penurunan bendera merah putih oleh prajurit TNI Makodim 0321/Rohil. Acara berjalan tertib aman dan lancar. ***
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.