• Home
  • Pendidikan
  • Alhamdulillah, Sekolah Agama Swasta Dapat Alokasi Dana Rp16 Miliar

Alhamdulillah, Sekolah Agama Swasta Dapat Alokasi Dana Rp16 Miliar

Minggu, 06 Mar 2016 00:00
Dibaca: 212 kali
BAGIKAN:
LIPUTANRIAU.COM, DUMAI - Alokasi anggaran sebesar Rp16 Miliar disiapkan Kementerian Agama (Kemenag) untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan agama di 33 sekolah swasta yang ada di Kota Dumai pada tahun 2016 ini.

"Anggaran sebesar Rp16 Miliar ini kita siapakan untuk pembinaan dan penyelenggaran pendidikan agama di sekolah swasta di bawah naungan Kemenag Dumai," beber Kepala Kemenag Dumai Drs Darawi, belum lama ini.

Ia menyebutkan, alokasi dana Rp16 miliar ini bersumber dari total penerimaan daftar isian pengguna anggaran (DIPA) Kemenag Dumai tahun 2016 sebesar Rp25 miliar.

"Anggaran pendidikan agama tersebut akan dipergunakan untuk program sertifikasi guru, pembinaan kurikulum pembelajaran, bantuan operasional sekolah dan bantuan siswa miskin," terangnya.

Kemenag Dumai, kata Darawi, hanya menyediakan anggaran pendidikan agama sekolah swasta, sementara untuk negeri seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) sudah memiliki sumber pembiayaan tersendiri.

"Dana ini juga untuk pembinaan kompetensi para tenaga pendidik di enam MI, 18 MTs dan 9 MA swasta," ujarnya.

Sedangkan sisa DIPA Rp9 miliar lagi dipergunakan untuk dana operasional kantor dan pelaksanaan kegiatan sejumlah seksi di Kemenag serta pembinaan kepegawaian dan guru agama, baik muslim maupun non.

Menurutnya, besaran DIPA yang diterima Kemenag Dumai mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, yakni hanya Rp22 miliar di tahun 2015 dan Rp25 miliar di tahun 2016.

"Karena DIPA sudah ditetapkan, saya meminta seluruh jajaran di Kemenag Dumai agar bekerja sesuai dengan Tupoksi nya, seperti melaksanakan kegiatan dan program kerja serta penyerapan anggaran dengan optimal sesuai rencana ditetapkan," tukas Darawi.

Sumber: Datariau.com
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.