• Home
  • Pendidikan
  • Bahas Tax Amnesti, Kemensospol Undang Pakar Ekonomi UR

Bahas Tax Amnesti, Kemensospol Undang Pakar Ekonomi UR

Rabu, 12 Okt 2016 21:59
Dibaca: 248 kali
BAGIKAN:
Liputanriau.com-PEKANBARU-Rabu (12/10/2016), Kementerian Sosial dan Politik (Kemensospol) Badan Eksekutif Mahasiswa Univeristas Riau (BEM UR), adakan mejelis reboan yang membahas tentang Tax Amnesti dengan mengundang pakar ekonomi sekaligus dosen di Fakultas Ekonomi UR DR. Dahlan Tampubolon S.E M.Si. 

Diskusi yang diadakan di Sekretariat Bem UR ini dimulai pada pukul 16.15 WIB.  Dalam diskusi ini dihadiri oleh pengurus BEM UR,Perwakilan BEM Fakultas, Perwakilan Himpunan selingkungan UR beserta Mahasiswa Universitas Riau.

Dahlan Tampubolon menjelaskan tentang kebijakan yang diambil pemerintah dalam mengatasi tingkat rasio pajak di indonesia yang terlalu rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

Indonesia akhirnya mengambil sikap dengan menerapkan Tax Amnesti dengan dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa sebenarnya terdapat begitu banyak harta milik warga negara Indonesia  baik di dalam maupun di luar negeri, belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan.

Tax Amnesty bertujuan meningkatkan penerimaan negara dan pertumbuhan perekonomian serta kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan sehingga  perlu menerbitkan kebijakan Pengampunan Pajak.

Berkaca dari kasus Panama Pappers  maka presiden republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 1 Juli 2016 mengesahkan Undang Undang Tax Amnesty Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak.

 "Sepertinya sistem hukum di Indonesia masih terlalu lemah terhadap hal - hal seperti ini. Sehingga masyarakat enggan untuk menjalankan kewajibannya dalam membayar pajak. Oleh sebab itu perlu adanya sanksi tegas mengenai perpajakan ini", Tegas Dahlan Tampubolon.

Selain itu, masalah perizinan yang terlalu rumit juga membuat masyarakat banyak yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuat surat izin usaha.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat oleh Abdul khair selaku Presiden Mahasiswa Universitas Riau kepada pemateri.
  BacaJuga
  • Komisi IV Ingatkan Pemko Pekanbaru Serius Tanggapi Keluhan Warga Soal Jalan Rusak

    Kamis, 27 Apr 2017 06:08

    PEKANBARU - Persoalan pembangunan dan kerusakan infrastruktur memang bukan persoalan baru lagi, namun Pemerintah Kota Pekanbaru diminta tetap memprioritaskan dan agar mendengar keluhan dari masyarakat

  • Dermaga Apung yang Dibangun Pemko Dikritik DPRD Pekanbaru

    Kamis, 27 Apr 2017 05:47

    PEKANBARU - Kalangan legislatif di DPRD Kota Pekanbaru, mengkritisi kabar telah dibangunnya 6 unit dermaga apung oleh Pemerintah Kota Pekanbaru yang menelan anggaran yang cukup besar.Saat ini proses p

  • DPRD Pekanbaru Revisi Perda Nomor 06 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar

    Selasa, 11 Apr 2017 07:22

    PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, Senin (10/4/2017) pagi menggelar paripurna ke-8 masa sidang pertama terkait laporan panita khusus terhadap pembahasan Raperda DPRD

  • DPRD Harapkan Adanya Peremajaan Angkot Tua di Pekanbaru

    Minggu, 09 Apr 2017 15:59

    LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Sejumlah angkutan kota (angkot) atau oplet yang ada di Kota Pekanbaru saat ini kondisinya sudah banyak yang telah dimakan usia dan tidak layak lagi digunakan sebagai a

  • Pj Walikota Pekanbaru Sampaikan LKPj Tahun 2016 dalam Paripurna DPRD

    Selasa, 04 Apr 2017 17:10

    LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru berjanji akan segera menindaklanjuti penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah 2016 yang disampaikan oleh Pejabat Walikota

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.