• Home
  • Pendidikan
  • Bahas Tax Amnesti, Kemensospol Undang Pakar Ekonomi UR

Bahas Tax Amnesti, Kemensospol Undang Pakar Ekonomi UR

Rabu, 12 Okt 2016 21:59
Dibaca: 156 kali
BAGIKAN:
Liputanriau.com-PEKANBARU-Rabu (12/10/2016), Kementerian Sosial dan Politik (Kemensospol) Badan Eksekutif Mahasiswa Univeristas Riau (BEM UR), adakan mejelis reboan yang membahas tentang Tax Amnesti dengan mengundang pakar ekonomi sekaligus dosen di Fakultas Ekonomi UR DR. Dahlan Tampubolon S.E M.Si. 

Diskusi yang diadakan di Sekretariat Bem UR ini dimulai pada pukul 16.15 WIB.  Dalam diskusi ini dihadiri oleh pengurus BEM UR,Perwakilan BEM Fakultas, Perwakilan Himpunan selingkungan UR beserta Mahasiswa Universitas Riau.

Dahlan Tampubolon menjelaskan tentang kebijakan yang diambil pemerintah dalam mengatasi tingkat rasio pajak di indonesia yang terlalu rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

Indonesia akhirnya mengambil sikap dengan menerapkan Tax Amnesti dengan dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa sebenarnya terdapat begitu banyak harta milik warga negara Indonesia  baik di dalam maupun di luar negeri, belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan.

Tax Amnesty bertujuan meningkatkan penerimaan negara dan pertumbuhan perekonomian serta kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan sehingga  perlu menerbitkan kebijakan Pengampunan Pajak.

Berkaca dari kasus Panama Pappers  maka presiden republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 1 Juli 2016 mengesahkan Undang Undang Tax Amnesty Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak.

 "Sepertinya sistem hukum di Indonesia masih terlalu lemah terhadap hal - hal seperti ini. Sehingga masyarakat enggan untuk menjalankan kewajibannya dalam membayar pajak. Oleh sebab itu perlu adanya sanksi tegas mengenai perpajakan ini", Tegas Dahlan Tampubolon.

Selain itu, masalah perizinan yang terlalu rumit juga membuat masyarakat banyak yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuat surat izin usaha.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat oleh Abdul khair selaku Presiden Mahasiswa Universitas Riau kepada pemateri.
  BacaJuga
  • Menurut DPRD Inhil, Ini Penyebab Maraknya Konflik Lahan Antara Masyarakat dan Perusahaan

    Rabu, 29 Mar 2017 07:27

    LIPUTANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Maraknya konflik lahan antara masyarakat dengan perusahaan merupakan dampak buruknya Penyelenggaraan Urusan Penataan Ruang di masa lalu. Hal tersebut disampaikan Anggota

  • DPRD Minta Sekolah Cegah Siswa Bermain Skip Challenge

    Senin, 13 Mar 2017 17:58

    LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga meminta guru ataupun wali kelas untuk mengawasi siswa atau peserta didiknya bermain sebuah permainan baru yang saat ini sud

  • Sudah Disetujui Pemprov Riau, Gaji Guru Bantu Segera Dibayarkan

    Kamis, 09 Mar 2017 17:11

    LIPUTANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Para guru bantu yang bertugas di Kabupaten Indragiri Hilir diminta tidak resah mengenai pembayaran gaji mereka. Karena usulan pembayaran gaji mereka kepada Pemprov Riau s

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.