• Home
  • Pendidikan
  • Bahas Tax Amnesti, Kemensospol Undang Pakar Ekonomi UR
Rabu, 12 Okt 2016 21:59

Bahas Tax Amnesti, Kemensospol Undang Pakar Ekonomi UR

BAGIKAN:
Liputanriau.com-PEKANBARU-Rabu (12/10/2016), Kementerian Sosial dan Politik (Kemensospol) Badan Eksekutif Mahasiswa Univeristas Riau (BEM UR), adakan mejelis reboan yang membahas tentang Tax Amnesti dengan mengundang pakar ekonomi sekaligus dosen di Fakultas Ekonomi UR DR. Dahlan Tampubolon S.E M.Si. 

Diskusi yang diadakan di Sekretariat Bem UR ini dimulai pada pukul 16.15 WIB.  Dalam diskusi ini dihadiri oleh pengurus BEM UR,Perwakilan BEM Fakultas, Perwakilan Himpunan selingkungan UR beserta Mahasiswa Universitas Riau.

Dahlan Tampubolon menjelaskan tentang kebijakan yang diambil pemerintah dalam mengatasi tingkat rasio pajak di indonesia yang terlalu rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

Indonesia akhirnya mengambil sikap dengan menerapkan Tax Amnesti dengan dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa sebenarnya terdapat begitu banyak harta milik warga negara Indonesia  baik di dalam maupun di luar negeri, belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan.

Tax Amnesty bertujuan meningkatkan penerimaan negara dan pertumbuhan perekonomian serta kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan sehingga  perlu menerbitkan kebijakan Pengampunan Pajak.

Berkaca dari kasus Panama Pappers  maka presiden republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 1 Juli 2016 mengesahkan Undang Undang Tax Amnesty Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak.

 "Sepertinya sistem hukum di Indonesia masih terlalu lemah terhadap hal - hal seperti ini. Sehingga masyarakat enggan untuk menjalankan kewajibannya dalam membayar pajak. Oleh sebab itu perlu adanya sanksi tegas mengenai perpajakan ini", Tegas Dahlan Tampubolon.

Selain itu, masalah perizinan yang terlalu rumit juga membuat masyarakat banyak yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuat surat izin usaha.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat oleh Abdul khair selaku Presiden Mahasiswa Universitas Riau kepada pemateri.
  BeritaTerkait
  • BEM KM UNAND Kunjungi BEM UR

    Sabtu, 31 Des 2016 07:27

    Liputanriau.com - Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau pada Jum'at (30/12) pukul 15.00 WIB ramai dipenuhi oleh para mahasiswa karena kedatangan salah satu kerabat dari Uni

  • Dua Tahun pemerintahan Jokowi-JK, Dari Riau menuntut Indonesia

    Kamis, 20 Okt 2016 11:48

    Liputanriau.com-PEKANBARU-Kebakaran hutan dan lahan serta polusi asap, sejak 18 tahun lalu hingga saat ini masih menjadi polemic yang nyata bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manu

  • BEM UR Lakukan Penggalangan Dana Untuk Korban Banjir Garut

    Kamis, 29 Sep 2016 11:53

    Liputanriau.com-PEKANBARU-BEM UR melalui Kementerian Pengabdian Masyarakat kembali melakukan aksi sosial. Aksi penggalangan dana hari ini adalah aksi pertama untuk banjir bandang di Garut, Jawa Barat

  • BEM UR Adakan Majelis Reboan Mengenai Permasalahan Proses Hukum Karlahut

    Kamis, 29 Sep 2016 08:40

    Liputanriau.com-PEKANBARU- Majelis Reboan merupakan acara mingguan dari Kementrian Sosial dan Politik BEM UR dimana dalam kegiatan ini dibahas berbagai permasalahan yang terjadi di Indonesia dan khusu

  • BEM UR SerahkanKoin danLakukan Audiensi Bersama BNN

    Jumat, 23 Sep 2016 18:36

    Liputanriau.com,PEKANBARU- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau melalui Kementrian Sosial Politik mendatangi BNN Provinsi Riau untuk menyerahkan uang koin hasil penggalangan Rabu lalu dan memint

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.