• Home
  • Pendidikan
  • Dinas Pendidikan Pekanbaru Mengaku Sudah Siap Laksanakan UNBK

Dinas Pendidikan Pekanbaru Mengaku Sudah Siap Laksanakan UNBK

Kamis, 10 Mar 2016 00:00
Dibaca: 199 kali
BAGIKAN:
LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, bahwa tahun 2016 ini ada sekitar 25 sekolah baik Negeri maupun Swasta yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK). Pihaknya sudah siap untuk melaksanakannya.

"Kemarin kita sudah coba UNBK yang offline ini, hasilnya bagus karena siswa bisa mengerjakan lebih cepat dan tak payah membulat-bulatkan lagi," ujar Jamal, Kamis (10/3/2016).

Dari 25 sekolah yang akan melaksanakan UNBK itu diantaranya 8 SMA, 15 SMK dan 2 SMP. Guna memperlancar penerapkan UNBK, Disdik telah menyiapkan semua fasilitas pendukung bahkan hingga tekhnisi pun sudah dilatih.

"Untuk mengantisipasi pemadaman listrik saat UNBK, kita telah melakukan koordinasi dengan pihak PLN Pekanbaru agar tidak memadamkan listrik di area sekitar sekolah yang melaksanakan UNBK," jelasnya.

Saat disinggung mengenai UNBK offline rawan kebocoran soal, Disdik memastikan tidak akan terjadi. "Tidak mungkin soal bocor, login UNBK melalui pin dan kode. Setiap siswa bersebelahan soal berbeda. Jika tidak pakai pasword, tentu soalnya tidak akan muncul. Sehingga kemungkinan bocor sangat minim," sebutnya.

Untuk mencegah kecurangan siswa dalam menggunakan aplikasi yang ada di perangkat komputer seperti kalkulator, Disdik sendiri mengatakan bahwa komputer untuk UNBK sudah dikunci.

"Siswa yang ikut UNBK hanya bisa membuka soal, karena semua aplikasi lain di komputer tersebut telah dikunci. Namun dalam soal matematika kita juga siapkan kertas buram bagi peserta UNBK," tutupnya.***(mad)
  komentar Pembaca
Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.