Dinkes Pekanbaru Bagikan Masker ke Sekolah

Rabu, 19 Feb 2014 00:00
Dibaca: 153 kali
BAGIKAN:
Liputanriau-PEKANBARU-Menyikapi makin memburuknya kondisi cuaca di Kota Pekanbaru yang diselumuti kabut asap dan membahayakan kesehatan masyarakat luas, Dinas kesehatan Kota Pekanbaru Selasa (18/02/2024) turun ke sejumlah sekolah-sekolah untuk membagikan masker kepada para pelajar dan siswa sekaligus menyampaikan pesan-pesan sehat kepada pihak sekolah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg Herlda Munir yang turun langsung ke MAN Model dan MTs Andalan di Jalan Diponegoro selain membagikan masker kepada para siswa juga menyampaikan himbauan Walikota Pekanbaru Firdaus MT agar pihak sekolah mengurangi aktifitas siswa di luar ruangan.

“Kalau ada kegiatan yang mengharuskan diluar ruangan dan tidak bisa ditunda, maka hendaklah menggunakan masker,’’ ujar drg Helda.

Di sekolah MAN Model, rombongan Diskes diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Norer Linda, sedangkan di MTs Andalan tim Diskes diterima oleh Kepala MTs Juli Aris. Di kedua sekolah tersebut dilakukan pemasangan masker kepada siswa secara simbolis.

Drg Helda mewakil Kadiskes menyapaikan kepada para siswa bahwa saat ini berdasarkan alat Instalasi Sistim Pemantau Udara , diketahui bahwa kondisi udara di Kota Pekanbaru berada pada level tidak sehat, maka untuk itu kepada seluruh pihak diajak untuk mengurangi aktifitas di luar rungan.

“Kondisi kabut asap sekarang ini selain menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Penapasan Akut (ISPA) juga akan bisa merusak kulit dan mata. Dan dalam beberapa hari ini Pak Walikota sudah menyatakan bahwa khusus untuk PAUD,TK dan SD kelas I da III diliburkan sampai kondisi udara ini membaik dan sehat,’’ tutur Helda.

Helda juga menjelaskan bahwa pembagian masker tersebut dilakukan Dinas kesehatan secara berantai melalui Puskesmas, yang sampai saat ini sudah terbagi 30 ribu masker melalui Puskesmas.

“Dan hari ini kita turun ke sekolah-sekolah karena ada sejumlah kepala sekolah yang menghubungi dinas kesehatan untuk meminta bantuan masker ini. Namun karena persediaan terbatas diharapkan masker ini diberikan kepada siswa atau guru-guru yang rumahnya jauh dari sekolah atau yang lama beraktifitas di luar ruangan’’ ujar Helda lagi.

Sementara itu Waka MAN Mode Norer Linda dan Kepala MTS Andalan Juli Aris menyampakan ucapan terimakasih yang teramat dalam kepada Walikota melalui Dinas Kesehatan atas respon Pemko terhadap keluhan pihak sekolah atas kondisi kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru.***(rtc)
  komentar Pembaca
Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.