SMAN 14 Pekanbaru Terapkan Gerakan Menabung Sampah

Selasa, 08 Mar 2016 00:00
Dibaca: 253 kali
BAGIKAN:
LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai sekolah Adiwiyata yang berwawasan lingkungan, SMAN 14 Pekanbaru mensukseskan gerakan menabung sampah.

"Untuk itu dibuatlah bank sampah di sekolah," kata Kepala SMAN 14 Pekanbaru Selamet SPd, melalui Waka Kesisiwaan Zahar MPd, di sekolahnya, Selasa (8/3/2016).

Dikatakan, dengan dibuatnya bank sampah para siswa dapat menabung sampah organik dan anorganik. "Selain menabung sampah di sekolah, siswa dianjurkan untuk membawa sampah dari rumah. Dengan demikian seluruh warga sekolah akan membudayakan hidup bersih," jelas Zahar.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Adiwiyata sekolah Dra Aprilis Sri Handayani menyebutkan, pihaknya telah membuat tong sampah yang sesuai dengan standart kesehatan.

"Sehingga peserta didik dengan mudah memilah sampah daunan, kertas, kardus, plastik dan koran. Gerakan bank sampah ini sangat kita galakkan agar terciptanya budaya hidup bersih," tuturnya.

Menurut Aprilis, gerakan bank sampah ini merupakan bagian dari sekolah berwawasan lingkungan yang lebih dikenal sekolah adiwiyata.

"Dengan adanya bank sampah diharapkan dapat membiasakan hidup bersih dan sehat. Sehingga warga sekolah akan sehat dan nyaman berada di sekolah. Dengan demikian apa yang menjadi target sebagai sekolah adiwiyata tingkat provinsi Riau tahun 2016 dapat tercapai," tutur Aprilis optimis.

(jun)
  komentar Pembaca
Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.