• Home
  • Pendidikan
  • Samakan Persepsi, Kwarcab Pramuka 04/06 Pekanbaru Taja Kursus Majelis Pembimbing

Samakan Persepsi, Kwarcab Pramuka 04/06 Pekanbaru Taja Kursus Majelis Pembimbing

Oleh: Ben
Selasa, 10 Okt 2017 11:51
Dibaca: 131 kali
BAGIKAN:
Quinchy
PEKANBARU - Untuk menyamakan persepsi dalam menjalankan organisasi kepramukaan, terutama dalam membentuk jati diri yang berkakhlak mulia, berbudi pekerti, memiliki semangat tinggi , serta berkepribadian mandiri, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 04/06 Kota Pekanbaru menaja Kursus Majelis Pembimbing bagi seluruh unsur pimpinan kecamatan, Kepala Sekolah Dasar (SD)/MI, SMP, MTS dan Kepala SMA/SMK/MA se Kota Pekanbaru. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Amera Jalan Ahmad Yani, Selasa (10/10/2017), diikuti lebih kurang 300 Kepala Majelis Pembina (Kamabi) se Kota Pekanbaru.

Ketua Kwarcab Pramuka 04/06 Kota Pekanbaru, Drs H Azharisman Rozie M.Si ketika di wawancara usai memberikan kata sambutan menjelaskan, dalam organisasi kepramukaan, ada struktur organisasi, mulai dari tingkat pusat hingga daerah.
 
"Saya ingin mengatakan bahwa di dalam organisasi kepramukaan itu, ada namanya Majelis Pembimbing. Kalau ditingkat nasional presiden ketuanya, anggotanya mentri-mentri, kemudian ditingkat provinsi itu gubernur,  di tingkat kota ada walikota, kecamatan ada camat. Pada operasional kebawah Gugus Depan (Gudep,red) itu Kepala Sekolah, Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan,red) namanya. Jadi Kamabigus ini memberikan bimbingan, arahan, bantuan moril dan materil kepada Pramuka. Artinya kwartir tidak bisa jalan, Gugus Depan tidak bisa jalan, kalau Majelis Pembimbing ini tidak dbekali," jelas Haris, panggilan Ketua Kwarcab Pramuka 04/06 Kota Pekanbaru. 
 
Oleh sebab itu, dalam menyamakan prespsi, terutama dalam menjalankan organisasi kepramukaan, Kwarcab Pramuka Kota Pekanbaru mengumpulkan seluruh Kamabi se Kota Pekanbaru untuk diberikan pembekalan.
 
"Nah, untuk menyamakan presepsi ini, maka kita kumpulkan seluruh Kamabi (Kepala Majelis Pembina) se Kota Pekanbaru ini, untuk menyamankan presepsi dan kembali mengulang-ngulang kaji, bahwa keberadaan mereka itu penting. Saya melihat kegiatan ini sungguh ditanggapi antusias oleh Kamabi. Kami semula memperkirakan sekitar 200 orang, tapi sampai 300 orang yang hadir, ini luar biasa. Kita plot dua hari, penutupannya nanti oleh pak wali. Ini sudah angkatan yang kedua," ungkap pria yang pernah menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Pekanbaru ini.
 
"Seperti yang saya sampaikan tadi, kita menyamakan presepsi. Artinya.., kita kembali mereview gerakan Pramuka kita ini, karena kita masih meyakini bahwa gerakan Pramuka membentuk jati diri yang berakhlak mulia, berbudi pekerti, kemudian mempunyai semangat heroik dan berkepribadian mandiri, serta mempunyai daya saing. Oleh sebab itu, kalau bukan kita siapa lagi. Inilah yang saya tekankan kepada kawan-kawan," tutupnya. (ben) 
Editor: Quinchy

  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.