• Home
  • Politik
  • Di hari Jadi ke -59 Riau Beri Pelayanan Berbasis IT Untuk Masyarakat

Di hari Jadi ke -59 Riau Beri Pelayanan Berbasis IT Untuk Masyarakat

Oleh: Uwak
Selasa, 09 Agu 2016 15:18
Dibaca: 284 kali
BAGIKAN:
Anin Tanjung
Peringati hari jadi ke-59 Provinsi Riau, Legislator DPRD Riau menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD Riau Memperingati Hari Jadi ke-59 Provinsi Riau tahun 2016 di Gedung DPRD Riau.

LIPUTANRIAU, PEKANBARU - Dalam rangka memperingati hari jadi ke-59 Provinsi Riau, Legislator DPRD Riau menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD Riau Memperingati Hari Jadi ke-59 Provinsi Riau tahun 2016 di Gedung DPRD Riau.

Di Hari jadi Provinsi Riau tersebut, Mengankat mengangkat tema "Kita tingkatkan kinerja pemerintah daerah terhadap pelayanan publik melalui penerapan sistem pemerintah berbasis teknologi".

Pimpinan rapat paripurna Noviwaldi Jusman, dalam pidatonya mengatakan, pembentukan Provinsi 59 tahun yang lalu ini pada hakikatnya merupakan rangkaian yang tak dapat dipisahkan dengan cita-cita kekinian dan masa depan seluruh masyarakat.

" kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bidang-bidang strategi pengentasan kemiskinan kepariwisataan dan lingkungan hidup, menjadi titik berat program pembangunan desa dan kota provinsi,"

Ia berharap dengan didukung  semangat kebersamaan doa dan langkah yang sejalan antara pemerinta insi Riau dengan DPRD Provinsi Riau, pihaknya optimisme dapat mewujudkan cita-cita provinsi yang gemilang Sejahtera.

" Riau yang memiliki sumber daya alam dan letaknya yang strategis, dan potensi sumber daya manusia yang semakin berkualitas dengan melakukan berbenah diri hari jadi provinsi Riau. kita tingkatkan kinerja
pemerintah daerah terhadap pelayanan publik melalui penerapan system pemerintahan berbasis dan teknologi ,"

Karna lebih lanjut dikatakan politisi Demokrat Riau ini, teknologi dalam setiap aspek pembangunan terutama dalam rangka peningkatan pelayanan publik sangat diperlukan untuk pembangunan Provinsi Riau kedepannya.

Disela-sela paripurna tersebut juga, Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman, menyampaikan bahwa tokoh masyarakat yang memperjuangkan Bumi Lancang Kuning patut dihargai pada paripurna istimewa Hari Ulang Tahun yang ke-59 tahun, sehingga layak para pejuang tersebut untuk mendapatkan penghargaan dari pemerintah provinsi.

" untuk mengenang dan memberikan penghargaan dan rasa terimakasih generasi penerus terhadap jasa pejuang pembentukan provinsi Riau yang kini masih hidup ataupun telah tiada. Sungguh sangat wajar jika ada suatu pengukuhan atas ketokohan mereka oleh lembaga yang memiliki legitimasi,"

Pihaknya juga mengucapkan trimakasih serta bersyukur kepada pihak-pihak terkait, karna ditahun ini Riau bisa bebas dari bencana karhutla dan kabut asap,seperti tahun-tahun sebelumnya.

" Peringatan hari jadi Riau yang ke 59 merupakan momentum yang tepat  sebagai bahan renungan bahwa sesungguhnya sejarah mendirikan bumi lancang kuning dengan segala kisah sedih didalamnya yang patut diketahui oleh generasi penerus. Hanya dengan perjuangan yang keras dan tak kenal lelah menyerah segala sesuatu menjadi mimpi bersama dapat terwujud,"

Sementara itu Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dalam kesempatan itu, didamping unsur Pimpinan  DPRD Riau , Gubri Arsyad Yuliandi Rahman menyerahkan 15 Penghargaan Gelar Pahlawan  Pejuang kemerdekaan, Pahlawan Pejuang Agama Islam, Dua Pahlawan Bidang Politik dan Pemerintahan,  Pejuang Bidang Budaya  Provinsi Riau yang yang sudah berjasa dalam terbentuknya Provinsi Riau.

" nilai perjuangan mereka lah provinsi terdapat terus maju dan berkembang indah saat ini kepada mereka para tokoh yang sudah menulis kita semoga diberikan tempat yang layak dan semua perjuangan yang telah mereka persembahkan kepada negeri ini semoga menjadi amal sholeh dan mendapatkan imbalan,"

Lebih lanjut dikatakannya, provinsi Riau akan terus berusaha dan berkarya untukmu kemakmuran provinsi Riau sesuai dengan visi Riau 2020, yaitu wujudnya provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan lain dalam lingkungan masyarakat yang damai sejahtera lahir dan batin di Asia Tenggara tahun 2020.

"  kami telah berusaha menurunkan dan meningkatkan apa yang menjadi tujuan kita bersama, termasuk penyesuaian visi Riau 2020,"

Terkait rencana pemerintah provinsi Riau yang ingin memberikan pelayanan berbasis teknologi informasi untuk masyarakat, anggota legislator Provinsi Riau memberikan masukan kepada pemerintah provinsi Riau dalam pelaksanaannya.

Anggota komisi D DPRD Riau Yulianti mengatakan, rencana pemerintah provinsi Riau tersebut sangat diperlukan dizaman Globalisasi seperti saat ini. Namun ia meminta sebelum ini diterapkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada dilingkungan Provinsi
Riau, Pemerintah harus mempersiapkan Sumber daya manusianya terlebih dahulu.

" Pengelolaan pemerintahan berbasis IT ini sangat diperlukan, namun harusnya juga dibarengi dengan SDM nya. Karna kita takutkan jika hal ini tidak terpenuhi, rencana pemerintah tersebut tidak akan berjalan lancar sesuai harapan,"ujar Yulianti

Untuk itu Politisi Demokrat ini berharap, Pemerintah provinsi Riau harus lebih serius lagi menjalankan program kerja mereka, agar serapan anggaran dapat berjalan dengan maksimal.

" Sumberdaya manusia harus dimantapkan, kalu sudah mantap , apa saja program yang di buat pasti akan berjalan dengan baik,"imbuhnya.

Hal senda juga disampaikan wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, ia menuturkan bebebrapa waktu lalu pihaknya telah berkunjung ke Provinsi Palangkaaya, yang mana di daerah tersebut pengelolaaan pemerintahannya telah menggunakan sistem IT, sehingga seluruh kinerja SKPDnya dapat
dipantau oleh masyarakat.

" kita melihat disana IT mereka sudah cukup bagus termasuk serapan anggaran mereka dapat terlihat secara detail. Semua kerjaan dilakukan berbasis teknologi, dan pengelolaan keuangan dilakukan secara transparan,"tuturnya. (ADV).


 

Editor: Anin

  komentar Pembaca
Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.