• Home
  • Politik
  • Mendagri Tunda Pelantikan Bupati Rokan Hulu

Mendagri Tunda Pelantikan Bupati Rokan Hulu

Rabu, 27 Apr 2016 00:00
Dibaca: 162 kali
BAGIKAN:
Liputanriau- JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memutuskan untuk menunda pelantikan Bupati Rokan Hulu terpilih pada pilkada 2015 kemarin, yakni Suparman. Penundaan ini dilakukan sampai dilantiknya Gubernur Riau depenitif oleh Presiden.

"Menunggu pelantikan Gubernur Riau defenitif dulu oleh Bp Presiden," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, hingga saat ini masih terus melakukan koordinasi sehingga putusan finalnya pada Senin depan.

"Sebagai tersangka harus berkonsentrasi pada pembelaan kasusnya. Jadi Senin depan akan ada putusan Kemendagri (Dilantik tidaknya Suparman)," kata Tjahjo kepada riauterkinicom, Jumat (15/4/16) di Jakarta.

Meskipun demikian, Politisi PDIP itu mengatakan pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah sebelum ada keputusan hukum yang berkekuatan tetap. Namun, lanjutnya, dari segi moral dan kepatutan tentu menjadi polemik di masyarakat.

"Walau sebagai tersangka kita tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah, sebelum keputusan hukum tetap. Tapi dari segi kepatutan pasti dipertanyakan masyarakat luas," tuturnya.

Mantan Sekjen PDIP itu juga menyarankan Suparman berkonsentrasi menghadapi kasus hukum yang menjeratnya sebagai tersangka kasus suap APBD Riau.

"Sebagai tersangka sebaiknya (Suparman) konsentrasi dalam pembelaan di pengadilan saja daripada memimpin daerah tapi tidak fokus karena statusnya," ungkapnya.***(Rtc)
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.